Bunga Rosella

Bunga Rosella saat ini sedang menjadi primadona di kalangan penikmat obat herbal.

Bunga yang berasal dari wilayah Afrika ini mempunyai warna asli yaitu merah, selain mempunyai bentuk dan warna yang cantik, bunga ini juga ternyata memiliki segudang manfaat didalamnya. Banyak sekali ditemukan teh kesehatan yang berasal dari tanaman bunga ini.

Seperti tanaman herbal lainnya, bunga rosella mampu memberikan manfaat positif bagi orang yang mengonsumsinya dalam bentuk teh.

1. Manfaat Teh Bunga Rosella

Manfaat bunga rosella

sumber: medicalnewstoday.com

Bagi sebagian orang yang belum mengetahui manfaat yang didapatkan dari bunga ini mungkin menganggap bunga ini hanya sekedar tanaman hias yang biasa ditanam di halaman rumah untuk mempercantik area rumah.

Ternyata manfaat yang terkandung pada kelopak bunga ini cukup banyak dan menyehatkan Anda.

Beberapa zat dan manfaat dari teh rosella ini antara lain:

1.1. Sumber Antioksidan

Seperti pada minuman teh pada umumnya, zat antioksidan banyak ditemukan dalam teh ini. Begitu juga teh dari rosella ini. Kelopak bunganya mengandung senyawa felonik dan antosianin yang akan memberikan perlingdungan dari efek penuaan dini serta beberapa penyakit penyertannya seperti gejala jantung, diabetes, bahkan hingga kanker.

1.2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Rosella membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh Anda. Kekebalan tubuh diperlukan untuk mencegah dari serangan beberapa penyakit berbahaya yang merugikan tubuh. Dengan minum teh rosella ini setiap pagi hari, maka Anda akan mendapatkan manfaat meningkatnya daya tahan tubuh.

1.3. Mencegah Sel Kanker

Kandungan zat dalam bunga rosella ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang dapat merusak tubuh. Salah satu jenis kanker yang dapat dicegah dengan teh ini adalah leukemia.

1.4. Diet Alami

Kelebihan berat badan memang membuat tidak nyaman dan mengurangi ruang gerak ativitas Anda. Vitamin C yang terkandung didalam bunga ini mampu membantu tubuh Anda untuk melepaskan lemak dan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Metabolisme tubuh Anda juga akan semakin meningkat sehingga berat badan akan perlahan mulai turun.

1.5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi tentunya berbahaya bagi kesehatan. Teh rosella ini mampu mengontrol tekanan darah yang meningkat sehingga metabolisme dalam tubuh yang tadinya terganggu menjadi normal kembali. Anda cukup mengkonsumsi selama 12 hari dan bisa menggantikan captopril untuk menurunkan tekanan darah sistolik hingga 11,2%.

2. Cara Mengolah Bunga Rosella

Bunga Rosella

sumber: luki2blog.wordpress.com

Minuman teh rosella ini memang sedang banyak diminati oleh penggemar obat herbal. Dengan beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas tentunya banyak yang penasaran dan ingin mencoba mengonsumsinya.

Anda bisa membeli teh rosella dalam bentuk kering yang sudah dijual di pasaran, atau juga bisa membuat sendiri agar lebih mantap.

1. Membuat Teh Rosella Segar

  • Petiklah bunga rosella yang telah mekar sempurna
  • Cuci bunga dengan air bersih
  • Rebuslah bunga yang telah dibersihkan dengan air secukupnya hingga mendidih
  • Setelah air rebusan berubah warna menjadi kemerahan, angkat dan tuangkan ke dalam gelas.
  • Teh ini rasanya asam, bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa asam dapat menambahkan madu atau gula sesuai dengan selera.
  • Teh siap dinikmati
  • Teh ini juga dapat Anda minum dalam keadaan dingin. Anda dapat menaruh teh rosella ini dalam kulkas terlebih dahulu sebelum Anda minum.

2. Membuat Teh Rosella Kering

  • Petik bunga rosella yang telah mekar, kemudian cuci bersih
  • Jemur dibawah terik matahari hingga kering sempurna
  • Anda dapat menyimpan bunga kering ini dalam toples agar bisa diseduh di kemudian hari.
  • Jika Anda ingin menikmati teh ini ambillah beberpa helai teh yang telah kering
  • Masukkan pada gelas atau cangkir
  • Tuangkan air panas kurang lebiih 300 cc atau sesuai selera Anda
  • Tutup cangkir dan diamkan selama kurang lebih 5-15 menit.
  • Setelah berubah warna, aduh teh perlahan
  • Jika Anda menginginkan rasa yang manis, Anda bisa menambahkan madu atau gula secukupnya.
  • The rosella siap dinikmati.

3. Cara Menanam Bunga Rosella

Cara menanam bunga rosella

sumber: luki2blog.wordpress.com

Banyaknya permintaan akan teh rosella yang bermanfaat tersebut, membuat banyak sekali orang yang ingin menanam bunga ini di rumah. Anda juga bisa menanam di area rumah.

Selain untuk bunga hias juga dapat dimanfaatkan bagi kesehatan. Bunga ini cukup mudah cara penanamannya, karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Simak tips menanam rosella berikut ini.

1. Siapkan terlebih dahulu lahan tanam yang akan Anda gunakan. Gemburkan tanah dengan memberikan pupuk dan lakukan pengapuran apabila tingka keasaman tanah di sekitarnya kurang seimbang. Bersihkan juga gulma yang muncul di area lahan agar nutrisi tanah tidak diserap oleh gulma tersebut.

2. Siapkan benih rosella yang akan Anda tanam. Benih ini dapat dibeli di toko pertanian, atau dengan mengambil langsung dari tanaman induk yang telah dewasa.

3. Apabila lahan telah siap maka tanamlah benih rosella dengan cara memasukkan 2-3 benih pada setiap lubang tanam yang telah di buat. Jika Anda melakukan pembibitan sendiri maka Anda bisa memindahkan bibit tersebut ketika tanaman telah berbentuk kecambah. Masukkan sekitar 1-2 kecambah pada setiap lubangnya.

4. Agar proses pertumbuhan bunga ini maksimal, berikan pemupukan awal begitu proses penanaman selesai dilakukan.

5. Siramlah secara rutin agar tanaman rosella ini dapat tumbuh subur. Lakukan perawatan dengan memberikan pupuk tambahan serta jangan lupa untuk selalu melakukan penyiangan pada gulma disekitar tanaman agar terbebas dari serangan hama penyakit.

6. Untuk pemupukan lanjutan, Anda dapat menggunakan pupuk Urea ketika tanaman berumur 3-8 minggu. Saat tanaman telah memasuki usia 1-2 bulan Anda dapat melakukan pemupukan lanjutan dengan memberikan pupuk NPK dan Urea dengan perbandingan 3:4 dan dosis 10-25 gram untuk setiap pohonnya.

7. Hama yang sering menyerang tanaman ini antara lain belalang, ulat daun, dan juga kutu. Cara penanggulangannya antara lain dengan menggunakan pestisida organic yang dibuat dari campuran sambiloto serta daun mimba. Cara pembuatannya adalah dengan menumbuk campuran kedua daun tersebut hingga halus lalu menambahkan air dengan takaran sekitar 5 liter untuk setiap 100 gramnya.

8. Rosella ini dapat dipanen ketika bijinya telah tua. Ciri rosella yang siap panen adalah Anda dapat melihat dari kulit pembungkus biji majemuk yang terlihat membelah atau terbuka serta berwarna coklat.

9. Cara panen rosella ini adalah dengan memetik bunga menggunakan pisau atau gunting yang tajam. Biasanya panen dapat dilakukan sebanyak 3-4 kali dengan selang waktu 1-2 minggu dari hari panen sebelumnya.

Bunga rosella ini dapat tumbuh di lingkungan manapun yang mempunyai kadar unsur hara yang stabil. Tanaman ini juga termasuk tidak banyak membutuhkan perawatan khusus karena termasuk tanaman yang mudah hidup.

Anda dapat menanam tanaman ini di halaman rumah atau menggunakan pot-pot bunga. Tampilannya yang manarik akan memperindah halaman rumah Anda.

Leave a Reply