Jeruk Sunkist

Jeruk Sunkist, Si Orange Kaya Manfaat dan Mudah Dibudidayakan

Jeruk Sunkist adalah jenis buah jeruk yang banyak dikenal oleh masyarakat sebagai buah jeruk impor yang mempunyai harga mahal. Buah ini hanya dapat dijumpai di supermarket atau toko buah yang besar.

Memiliki kandungan tinggi vitamin C sehingga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan memulihkan kondisi saat pasca sakit.

Harganya yang mahal mungkin karena memang di Indonesia masih sedikit yang membudidayakan Sunkist, padahal tanaman ini dapat tumbuh di wilayah beriklim tropis.

Karakteristik Tanaman Jeruk Sunkist

Pohon jeruk sunkist
@hansbrx

Tanaman ini dapat hidup dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Namun memang ada beberapa jenis jeruk yang hanya cocok di tanam pada ketinggian tertentu.

Sebelum Anda memulai untuk menanamnya, perlu kenali terlebih dahulu karakteristik sunkist ini untuk meminimalisir kegagalan. Sunkist dapat hidup pada daerah dengan curah hujannya hanya 5 bulan dalam satu tahun.

Untuk penanaman di Indonesia yang mempunyai iklim tropis, sunkist mempunyai toleransi pada suhu terendah 15 derajat celcius dan suhu tertinggi sekitar 25-30 derajat celcius.

Jenis tanah yang baik untuk tanaman ini adalah tanah lempung berpasir dengan kadar pH antara 5-6. Tingkat keasaman dibawah angka tersebut dapat menyebabkan tanaman sulit untuk menyerap unsur hara dari tanah.

Pemilihan Bibit Sunkist

Untuk hasil budidaya yang baik, Anda perlu memilik bibit tanaman yang baik juga yaitu bibit yang dihasilkan dari proses okulasi. Bibit jenis ini mempunyai tingkat produktivitas lebih tinggi sekitar 4-5 tahun sudah dapat berbuah.

Karena belum banyaknya orang yang melakukan budidaya sunkist ini maka Anda harus mencari bibit ini pada tempat penjualan bibit yang menyediakan bibit sunkist.

Pada saat pemilihan bibit, pastikan bibit yang Anda pilih adalah bibit yang sehat dan bebas dari hama penyakit, memiliki daun hijau yang segar dan tidak layu dan kuning, mempunyai batang yang kokoh dan cabang yang rindang. Tinggi bibit sekitar 30-45 cm dan usahakan berumur anatar 4-5 bulan. Jangan membeli bibit yang sudah berbuah.

Cara Menanam Jeruk Sunkist di Kebun

1. Tentukan terlebih dahulu lokasi yang akan digunakan untuk penanaman. Pastikan lokasinya mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak tertutup oleh pohon lainnya. Bersihkan lahan dari gulma agar nutrisi yang ada dalam tanah tidak berebut dengan tanaman utama. Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara mengcangkul sedalam 25 cm seluas area yang digunakan.

2. Buatlah lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam antar lubang sebesar 8 x 8 meter. Pisahkan tanah galian menjadi dua bagian, bagian atas yang berwarna kehitaman dan tanah bagian bawah.

3. Biarkan lubang tersebut agar terkena sinar matahari selama 2-4 minggu yang fungsinya untuk mematikan bakteri jahat yang ada dalam tanah. Setelah 4 minggu masukkan kembali tanah bagian bawah kedalam lubang, sementara untuk tanah bagian atas dapat Anda campurkan dengan 1-1,5 kg kompos atau pupuk kandang yang telah di fermentasikan serta fosfat hingga merata.

4. Ambil bibit yang telah disediakan, lepaskan dari polybagnya secara hati-hati. Urai akar tanaman agar tidak menggumpal dan masukkan bibit tegak lurus di dalam lubang tanam. Tutup lubang dengan menggunakan tanah bagian atas yang telah dicampur dengan pupuk kemudian padatkan.

5. Beri air secukupnya pada lubang tanam agar bibit tidak mudah roboh dan mendapatkan asupan air yang cukup.

6. Buat parit disekitar dan menyilang melewati tengah kebun. Hal ini berguna untuk menghindari genangan air yang dapat merusak tanaman.

Perawatan Lanjutan

jeruk sunkist
@Hansbrx

Tanaman sunkist membutuhkan kondisi tanah yang lembap, sehingga Anda perlu melakukan penyiraman secara rutin paling sedikit 1-2 kali sehari tergantung dari tingkat kelembapan tanah dan kondisi cuaca.

Selalu rajinlah untuk membersihkan lahan dari gulma dan pangkas cabang yang kering. Agar tanaman sunkist cepat berbuah, Anda perlu memberikan pemupukan secara teratur.

1. Satu bulan setelah proses penanaman, beri pupuk Urea sebanyak 5 gr atau gunakan pupuk ZA sebanyak 10 gr tiap pohon. Ulangi pemupukan ini sebanyak 3 kali. Pemukupan dilakukan ketika tanaman sedang tidak muncul tunas baru dan kondisi tanah masih basah.

2. Tanam pupuk sedalam 15-30 cm pada empat lubang dengan jarak 15-20 cm dari pusat batang pohon. Pemupukan ini akan berlangsung hingga tanaman mencapai usia 3 tahun dengan komposisi sebagai berikut:

• Umur satu tahun tanaman membutuhkan pupuk kAndang atau kompos sebanyak 3 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200-300 gr ZA, 200 gr ZK, dan 50 gr DS.
• Usia dua tahun tanaman akan membutuhkan pupuk kAndang atau kompos sebanyak 4 kaleng minyak berukuran 20 loter, 200-300 gr ZA, 200 gr ZK, dan 50 gr DS.
• Usia tiga tahun tanaman akan membutuhkan pupuk kAndang atau kompos sebanyak 6 kaleng minyak berukuran 20 liter, 200 – 450 gr ZA, 250 gr ZK, dan 75 gr DS.

3. Komposisi tersebut adalah dosis untuk satu tahun yang dibagi menjadi 3 atau 4 kali pemupukan. Jika tanaman sudah mulai dewasa dan sudah waktunya berbuah, Anda cukup memberikan hormone perangsang buah sebanyak 1 bulan sekali agar proses pembuahan dapat lebih baik, lebih cepat, lebih padat, dan menghasilkan buah yang manis segar.

Cara Menanam Jeruk Sunkist di Dalam Pot

tanaman hias dalam pot
Bukalapak.com

Pohon sunkist juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias, karena pohonnya yang tidak terlalu besar hanya sekitar 100-200 cm saja sehingga dapat ditanam di pot.

Jika Anda ingin menanam tanaman ini dalam pot, pastikan saja bahwa letak pot tersebut berada di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pilihlah pot yang materialnya kuat dengan diameter 60 cm.

Media tanam yang biasa digunakan antara lain tanah, pupuk kandang, dan pupuk kimia. Sirami tanaman 1 kali sehari atau sesuai dengan kondisi tanah.

Anda harus melakukan perawatan khusus yaitu dengan melakukan rotasi tanah setiap 6 bulan sekali yang bertujuan untuk menjaga kesuburan tanaman. Penanaman jeruk dalam pot ini selain menghemat tempat juga bisa membuat rimbum taman di rumah Anda.

Penanganan Hama dan Penyakit

Hama yang paling sering menyerang tanaman ini adalah kutu loncat, ulat peliang daun, kutu daun,tungau, serta penggerek buah. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengatasi keluhan hama ini dengan menggunakan insektisida hayati sebanyak 4-5 hari sekali atau sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Sering-sering mengecek kondisi tanaman agar segera bisa melakukan deteksi dini terhadap hama yang muncul.

Jeruk sunkist memang merupakan jeruk yang banyak digemari oleh masyarakat sebagai bahan membuat jus, campuran cake, atau jenis makanan dan minuman lainnya.

Selain rasanya yang manis segar, jeruk ini juga mengandung vitamin C dosis tinggi yang sangat berguna bagi kesehatan terutama untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu proses penyembuhan pasca sakit.

Tinggalkan komentar