Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung adalah salah satu elemen yang bisa Anda gunakan sebagai pemanis di rumah. Letaknya pun bisa diatur sedemikian rupa sesuai selera. Bisa Anda letakkan di teras, halaman belakang hingga dalam rumah.

Karena kondisinya yang menggantung dan juga minim tempat . Anda bisa menanam tanaman jenis ini di luar atau di dalam ruangan..

Selain berfungsi sebagai penyegar di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman hias ternyata bisa menjadi alternatif dekorasi serta ornament yang cukup unik dan juga menarik untuk mempercantik rumah Anda.

Kelebihan Tanaman Hias Gantung

Kelebihan tanaman hias gantung
© flowersense.nl

Meski kebanyakan orang lebih menyukai tanaman konvensional yang ditanam di dalam tanah karena cenderung tidak ribet dan tidak banyak perawatan. Namun ternyata banyak sekali kelebihan yang dimiliki tanaman hias jenis ini dibandingkan tanaman hias lainnya.

Tanaman hias gantung bisa di letakkan hampir di seluruh ruangan yang Anda inginkan. Bahkan beberapa jenis dari tanaman gantung banyak yang di letakkan di ruang perkantoran untuk menjadi dekorasi serta mempermanis ruangan .

Karena tidak memakan banyak tempat serta minim penggunaan lahan. Tanaman hias gantung selalu jadi pilihan untuk mereka yang menyukai tanaman dengan perawatan minim, jenis yang beraneka ragam namun tidak banyak tempat yang bisa dimanfaatkan.

Contoh jenis tanaman hias yang sering dijadikan dekorasi gantung adalah bunga begonia, bunga portulaca, dan  bunga petunia. Meski bunga-bunga tersebut lebih sering ditanam sebagai tanaman gantung outdoor. Namun bukan berarti bunga-bunga tersebut tidak dapat di tanam di dalam ruangan.

Karena memiliki warna yang cantik dan colorful. Bunga-bunga diatas dapat diletakkan di dalam ruangan minimalis untuk menambah dekorasi pada ruangan rumah gaya minimalis yang cenderung sederhana dan minim detail.

Jenis Tanaman Hias Gantung

Jenis tanaman hias gantung sebetulnya banyak sekali. Namun hanya beberapa saja yang benar-benar dikenal oleh banyak orang. Karena terkadang banyak orang yang salah mengartikan tanaman hias biasa dengan tanaman yang dapat digantung. Padahal perawatan dan jenisnya sudah berbeda.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang jenis tanaman hias gantung, berikut jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai dekorasi gantung di rumah.

1. Sirih Gading atau Blaster Heart

Tanaman hias sirih gading
© bungaku.co.id

Tanaman hias pertama yang bisa anda coba tanam dirumah untuk dekorasi gantung adalah sirih blaster heart. Tanaman hias gantung daun yang berbentuk hati dan hampir menyerupai sirih ini lebih akrab disebut dengan Sirih Belanda .

Sirih blaster heart ini adalah jenis tumbuhan yang tidak berbunga melainkan hanya berdaun saja. Sehingga Anda hanya akan menemukan daun saja yang akan tumbuh dari tanaman yang satu ini.

Memiliki daya tarik utama berupa warnanya yang bercorak putih dan hijau. Tanaman ini sangat cocok bila dijadikan ornamen di dalam ruangan. Tanaman hias yang satu ini tidak memerlukan banyak perawatan khusus. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai tanaman hias yang simpel dan juga anti ribet

2. Bunga Lili Paris

Tanaman lili paris
© ListeList.com

Selanjutnya yang bisa Anda coba tanam adalah Bunga Lili Paris. Tanaman yang memiliki nama lain Spider plants ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang paling mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Bahkan termasuk yang paling mudah ditanam di berbagai kondisi tanah yang berbeda-beda.

Lili paris sendiri adalah jenis tanaman hias gantung minimalis yang sangat cocok di jadikan dekorasi ruangan indoor. Karena memiliki corak khas yang cantik yaitu putih dan hijau. Tanaman ini juga cenderung berbentuk rapi dan semakin cantik bila di letakan di dalam pot-pot kecil.

Untuk Anda yang memiliki konsep rumah minimalis dan minim dekorasi. Lili paris adalah salah satu jenis tanaman hias yang cocok dijadikan dekorasi pelengkap rumah Anda. Karena tanaman ini terkesan simpel,cantik dan tidak berlebihan.

3. Bambu Rejeki

Gambar bambu rejeki
© flowerdekho.com

Tanaman hias dengan media air yang dapat dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang mencari tanaman hias dengan kesan berbeda. Lucky bamboo atau biasa disebut dengan bambu rejeki adalah jenis tanaman yang cukup terkenal di kawasan Asia Timur. Terutama Cina, Taiwan, Korea dan Jepang.

Bambu rejeki sering dijadikan tanaman hias karena termasuk tanaman yang dapat tumbuh di beberapa media tanam termasuk air. Tanaman hias ini juga cukup mudah dibentuk serta dapat dijadikan alternative sebagai salah satu hiasan meja dirumah.

Meski lebih banyak diletakkan sebagai dekorasi ruangan bambu rejeki juga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan tanaman hias gantung yang minim perawatan. Untuk menanam bambu ini Anda bisa menggunakan media tanah maupun air.

Cukup jaga kadar air pada tanah dan juga air yang digunakan. Tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Kemudian letakkan bambu rejeki tersebut di tempat yang memiliki cukup sinar matahari tapi tidak terlalu panas atau terlalu redup. Agar tanaman bambu dapat tumbuh dengan baik.

4. Kaktus Anggur

Gambar kaktus anggur
© crocus.co.uk

Jenis tanaman hias gantung yang selanjutnya adalah tanaman hias jenis Sedum morganianum. Tanaman hias yang masih masuk kedalam kategori jenis tanaman kaktus ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain bentuknya yang menyerupai kaktus namun memanjang, Keunikan tanaman ini adalah pada warna hijau pucatnya yang terkesan cantik dan juga unik. Karena termasuk jenis kaktus yang mudah dirawat.

Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai salah satu jenis tanaman hias gantung outdoor di rumah. Karena minim perawatan dan juga memiliki bentuk yang unik. Tanaman ini cukup menarik perhatian jika di letakkan di luar rumah Anda .

5. Pakis Boston

pakis boston
© homedepot.com

Tanaman hias yang terakhir adalah pakis boston. Meski termasuk salah satu jenis tanaman hias gantung daun. Nyatanya tanaman hias ini adalah salah satu jenis tanaman yang cukup digemari orang sebagai dekorasi luar ruangan.

Anda mungkin sering menemui tanaman hias ini namun kurang familiar dengan namanya. Sebagai tanaman yang sering diletakkan di luar ruangan. Pakis boston banyak juga disebut dengan tanaman gantung untuk depan teras. Karena warnanaya yang segar dan hijau mencolok.

Tanaman ini bisa jadi salah satu alternatif rumah gaya minimalis yang kebanyakan menggunakan warna alam sebagai warna utamanya. Warna hijau mencolok dari pakis boston bisa memberi aura segar tersendiri pada rumah minimalis yang kebanyakan minim detail dan juga dekorasi .

Daunnya yang menjuntai menjadi salah satu daya tariknya yang membuat tanaman ini sangat cocok ditanam dengan cara digantung. Merawat tanaman hias gantung memang tidak terlalu sulit. Karena tanaman ini tidak banyak memerlukan perawatan ekstra.

Namun bukan berarti Anda dapat menyepelekan perawatan tanaman ini. Anda bisa menjadikan tanaman ini menjadi salah satu alternatif dekorasi rumah yang unik dan juga berbeda dari yang lain.

2 pemikiran pada “Tanaman Hias Gantung”

Tinggalkan komentar