Pohon Durian

Mendengar istilah “raja buah” pasti langsung mengenalnya sebagai durian. Entah itu yang suka maupun yang tidak menyukai buah satu ini tidak dapat mengelak kalau buah satu ini merupakan primadona dalam dunia buah-buahan.

Bagi para penikmatnya durian merupakan candu yang sangat memabukkan karena rasa legitnya selalu membayangi apalagi bau buah satu ini sangatlah menyengat sehingga sangat mudah untuk mengenali dari kejauhan buah satu ini.

1. Jenis dan Varietas

Buah durian termasuk dalam jajaran buah lokal atau buah asli dari Asia Tenggara. Buah durian memiliki banyak ciri khas yang sangat mudah untuk kita kenali seperti memiliki duri buah yang tajam, bau buah yang sangat menyengat, serta terdapat biji besar dalam daging buah.

Asal muasal penamaan durian adalah karena penampakan luar buah ini yang memiliki duri tajam dan berlekuk-lekuk sehingga diberi nama durian.

Buah ini masuk ke dalam kategori buah kontroversial karena baunya yang sangat menyengat beberapa orang akan sangat antipati terhadap buah ini namun bagi penggemarnya buah ini merupakan candu yang sangat ekstrim.

Durian memiliki banyak penggemar karena rasa buah yang lezat. Harga buah durian juga terhitung mahal sehingga buah ini banyak dibudidayakan.

Berikut merupakan beberapa jenis-jenis buah durian yang populer di masyarakat.

Durian Montong

Jenis durian ini merupakan jenis durian yang paling populer di Indonesia. Karena jenis ini memiliki daging yang tebal serta rasa yang legit. Untuk satu biji durian montong beserta daginya dijual cukup mahal. Durian montong berasal dari daerah kalimantan memiliki ciri daging yang tebal, rasa yang manis, dan aromanya yang sangat khas dan semerbak.

Durian Musang King

Durian musang atau yang lebih dikenal dengan musang king merupakan jenis durian dari Malaysia yang terkenal akhir-akhir ini durian ini menjadi sangat populer di malaysia dan singapura. Ciri-ciri durian ini yaitu berdaging tebal, manis, tekstur lebih lembut serta creamy, tidak berserat, dan legit.

Durian Bawor

Durian bawor merupakan durian yang dari ciri fisik luarnya sangat mirip dengan durian montong oleh sebab itu banyak orang yang salah kaprah terhadap dua jenis durian ini. Durian bawor berasal dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Ciri fisiknya hampir sama dengan durian montong yaitu memiliki daging buah yang tebal dengan biji kecil dan buah yang manis.

Durian Merah

Jenis durian satu ini sangatlah menarik karena warna daging buahnya merah. Durian merah berasal dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Warna merah pada durian berasal dari perkawinan silang antara dua varietas yang berbeda. Perbedaan durian ini dari jenis lainnya yaitu ukurannya relatif lebih kecil, kada alkohol durian merah lebih rendah, rasa durian merah lebih manis, dan daging tebal dengan biji kecil.

Cara Menanam Pohon Durian

Menjadi tanaman dengan banyak penggemar membuat durian masuk ke dalam tanaman yang sering dibudidayakan. Berikut merupakan langkah-langkah budidaya tanaman durian.

Syarat Tumbuh dan Pemupukan

Dalam budidaya durian hal yang perlu diperhatikan adalah syarat tumbuh pohon durian. Syarat tumbuh durian seperti curah hujan minimal 1500 mm.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena apabila kapasitas air untuk tanaman kurang akan mengganggu proses pertumbuhan.

Tanah untuk pertumbuhan hendaknya ringan, dalam, dan berdrainase dengan baik.

Derajat keasaman tanah yang dianjurkan yaitu 6-6,5. Agar tanaman bisa kuat dari terpaan angin yang kuat maka perlu adanya lindungan alam.

Muka air untuk tanaman durian disarankan kurang lebih 150 cm karena air tanah yang rendah menyebabkan buah tidak terlalu manis.

Pemupukan pada pohon durian agak berbeda dari tanaman lainnya yaitu dengan pembuatan parit di sekeliling pohon yang akan ditaburi dengan pupuk kimia.

Penggunaan pupuk kandang diberikan pada saat penanaman bibit. Setelah musim berubah diberikan pupuk NPK dengan kadar yang sama.

Untuk pemupukan dengan kadar P yang lebih tinggi pada saat mempersiapkan proses pembungaan.

1. Penanaman dan Pemeliharaan

Penanaman durian biasanya dilakukan di perkebunan agar durian dapat berkembang secara luas terdapat jarak tanam yaitu 10m x 10m hingga 12m x 12m, bergantung pada ukuran tanaman. Pada keadaan tanaman masih kecil metode tumpang sari dapat dilakukan.

Selama proses pertumbuhan pemeliharaan perlu dilakukan yaitu meliputi pemupukan, pemangkasan, pengairan, dan pengendalian dari hama dan penyakit. Tajuk pohon durian yang bagus adalah dengan ciri bentuk kerucut membulat dan cabang utama mendatar menyamping.

2. Pertumbuhan dan Pengembangan

Pengembangan durian menggunakan bagian biji. Bagian biji digunakan untuk memperoleh batang bawah untuk pengembangan vegetatif. Biji durian dapat hidup dalam kadar air tinggi.

Biji harus segera disemaikan setelah pembukaan pada buah karena tanpa perlakuan hanya mampu bertahan selam satu minggu.

Pohon durian akan berbuah pada umur rata-rata 4-5 tahun. Namun dalam budidaya dapat dilakukan percepatan dengan bahan tanam hasil perbanyakan secara vegetatif.

Teknik-teknik yang paling banyak dilakukan adalah penyambungan mikro yang dilakukan pada saat pohon durian masih berusia muda.

3. Hama dan Penyakit Tanaman

Hama pada tanaman durian seperti hama penggerek batang yang dapat diatasi dengan menjaga sanitasi dengan cara penyiangan pohon dari tanaman pengganggu di sekitar pohon, dan memotong atau memisahkan bagian pohon durian yang sudah terjangkit hama penggerek.

Kutu loncat umumnya menyerang daun pohon durian. Gejalanya seperti daun berbintik kecokelatan. Pengendaliannya bisa menggunakan penyemprotan insektisida.

Kutu putih gejalanya berupa bunga dan buah rontok, dan pohon menjadi keriting dan merana.

Penyakit tanaman seperti kanker batang, busuk akar, bercak daun, jamur umpas, dan busuk buah dapat dikendalikan dengan pestisida tanaman.

Tips agar Pohon Durian Tidak Tumbuh Menjulang Tinggi

Agar tanaman durian tidak terlalu tinggi dan memudahkan waktu pemanenan berikut beberapa cara yang dapat dilakukan seperti pemangkasan pucuk durian.

Syarat untuk melakukan pemangkasan pucuk adalah memastikan bahwa bibit tersebut berasal dari samping pucuk, sambung susu, dan okulasi.

Tinggi pemangkasan berkisar 4-5 meter. Bagian yang mengalami pemangkasan hendaknya batangnya keras dan warna agak kecokelatan, dan setiap 1cm diatas tunas pada ketinggian yang diinginkan batang dipangkas. Tempat bekas pemangkasan segera ditutup dengan plastik hingga luka kering.

Tips agar Durian Cepat Berbuah

Beberapa hal yang sangat penting dilakukan agar buah durian cepat berbuah yaitu pemilihan bibit. Bibit harus berkualitas, bibit dari hasil perbanyakan seperti cangkok okulasi atau sambung pucuk, tanam bibit dengan ketinggian 60cm atau maksimal 2 meter, lakukan penggemburan tanah secara rutin, pemupukan dengan baik dengan penambahan unsur mikro tanaman selama 4 bulan sekali, dan penanggulangan hama.

Tabulampot Durian

Bibit durian yang sudah cukup umur yaitu sekitar 12 bulan dipindah dalam pot. Media tanam sendiri berupa tanah liat, jerami, dan pupuk kandang dengan takaran 1:1:1. Lalu letakkan dalam pot tersebut.

Harus dibuat lubang tanam sebagai tempat tanaman tumbuh. Lakukan penyiraman dengan perangsang pertumbuhan akar secara rutin tiap hari dengan dosisi 25ml/10l air.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Durian

Beberapa kandungan nutrisi buah durian yang baik untuk tubuh seperti lemak tak jenuh, asam amino, mineral, vitamin c, vitamin b kompleks, afrosidak alami, dan gel polsakarida.

Beberapa kandungan tersebut membuat durian bermanfaat untuk pertumbuhan kuku dan rambut, memperbaiki fungsi hati dan ginjal, membantu penyerapan kalsium, menjaga imunitas tubuh, mencegah rabun dini, mengurangi resiko kolesterol, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Tips Memilih Buah Durian

Beberapa tips agar kita tidak salah untuk mengkonsumsi durian sebagai berikut:

  1. Warna durian tidaklah berpengaruh.
  2. Pilih durian berbentuk bulat.
  3. Pilih durian dengan tangkai tebal dan pendek.
  4. Pilih durian dengan aroma yang harum.
  5. Pilih durian dengan duri pendek dan jarang.
  6. Pilih Buah durian yang ringan.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

Leave a Comment