Bunga Lili

Bunga Lili adalah bunga yang cukup banyak digemari sebagai hiasan ruangan atau sebagai hadiah untuk orang tercinta. Bagi Anda yang hobi menanam bunga hias di rumah tentunya sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini.

Warnanya yang putih bersih dan cantik membuat orang yang melihatnya merasa bahagia dan tenang. Bunga ini banyak digunakan untuk mempercantik tampilan pada buket bunga ataupun dekorasi pesta pernikahan yang dipadukan dengan beberapa bunga lainnya.

1. Sejarah Bunga Lili

Gambar bunga lily putih
© Pxhere

Masyarakat Indonesia banyak yang mengenal bunga ini dengan sebutan bunga Bakung. Bunga ini merupakan bunga yang berasal dari Eropa namun banyak juga ditemukan di beberapa kawasan di Asia.

Bunga ini memiliki tampilan tinggi kurang lebih 60-180 cm yang dilengkapi dengan batang daun yang ramping namun kokoh. Bunga Bakung merupakan jenis bunga hias. Walaupun pada umumya bunga ini terkenal dengan warna putih, namun sebenarnya memiliki banyak warna lainnya yang tidak kalah indah.

Warna bunga ini antara lain putih, merah, ungu, jingga, kuning, dan ada juga yang berwarna kehitaman dengan corak bintik-bintik pada kelopaknya. Bunga ini cukup laris bagi para penggemar dan penikmat bunga hias.

2. Cara Menanam Bunga Lili di Rumah

Cara Menanam Bunga Lily di Rumah
© Kristin1951

Pernahkah Anda berpikir untuk mencoba menanam bunga ini di area rumah. Daripada Anda selalu membeli di toko bunga, mungkin Anda bisa menanam sendiri. Bunga ini termasuk bunga yang mudah tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Beberapa contoh habitat bunga ini adalah hutan, pegunungan, rerumbut, dan juga dapat hidup di rawa-rawa.

Apabila Anda ingin menanam bunga ini di rumah, pastikan bahwa tanah yang akan Anda gunakan untuk media tanam memiliki kandungan pH yang seimbang agar bunga yang dihasilkan dapat berkembang dengan baik.

Daerah yang cocok untuk pertumbuhan bunga ini adalah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000-1200 mdpl. Walaupun begitu bunga ini masih bisa tumbuh di area lingkungan rumah.

Begini Caranya:

1. Tentukan posisi yang tepat untuk menanam Bunga Lili. Lokasi terbaik adalah tempat yang memiliki drainase dan mendapat asupan sinar matahari secara cukup, paling tidak sepanjang setengah hari. Jika Anda salah menentukan posisi dalam menanam bunga ini bisa menyebabkan daun bunga ditumbuhi oleh jamur.

2. Apabila Anda sudah membeli umbinya, maka Anda harus segera menanamnya. Jika Anda belum sempat untuk menanamnya, sebaiknya umbi tersebut disimpan di tempat yang dingin dan gelap seperti almari pendingin atau sejenisnya. Tujuannya adalah untuk mencegah umbi tidak tumbuh tunas, karean jika umbi sudah tumbuh tunas maka harus segera Anda tanam.

3. Untuk cara menanam umbi cukup mudah. galilah lubang dengan kedalaman 10-15 cm dan lebar menyesuaikan dengan jumlah umbi yang akan ditanam. Beri jarak dari sekitar 15 cm untuk setiap lubang yang Anda buat. Setelah umbi ditanam, berilah pupuk sebelum Anda menutup lubang dengan tanah dan segera siramlah dengan air agar tanah menjadi lembab.

4. Apabila suhu diluar diprediksi akan mengalami penurunan sehingga menjadi lebih dingin, Anda dapat memberi jerami di atas tanah tempat Anda menanam umbi sehingga akan menghindarkan bunga dari suhu yang rendah.

5. Berilah pupuk dan siram dnegan air secara rutin agar pertumbuhan bunga menjadi baik sepanjang tahun.

6. Tanaman bunga yang sudah tumbuh dan mulai berbunga, Anda dapat memangkas tanaman tersebut paling sedikit 1/3 bagian dari batangnya agar bunga tersebut tetap terangsang pertumbuhannya hingga tahun-tahun berikutnya.

3. Tips Merawat Bunga Lili Sebagai Tanaman Hias

Merawat Bunga Lily Sebagai Tanaman Hias

Bagi Anda yang gemar menggunakan Lili sebagai bunga potong dan hiasan di atas meja kantor atau di rumah, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bunga dalam vas Anda tetap terlihat segar untuk waktu yang lama. Simak beberapa tips berikut ini.

1. Sebelum Anda meletakkan bunga potong dalam vas bunga, sebaiknya Anda membersihkan vas terlebih dahulu menggunakan pemutih yang tujuannya agar bakteri yang ada di dalamnya mati.

2. Air yang akan Anda gunakan untuk menaruh bunga dalam vas adalah air khusus yang dibuat dengan mencampurkan 1 liter air dengan 2 tetes pemutih yang fungsinya untuk membunuh bakteri dan tambahkan perasan setengah jeruk lemon sebagai penurun kadar pH air. Campuran air ini dapat membuat bunga potong ini terlihat segar sepanjang hari.

3. Potonglah bagian bawah bunga dengan posisi miring sekitar 45 dearajat.

4. Gantilah air yang ada dalam vas bunga paling tidak 3-4 hari sekali secara rutin dan potonglah bagian batang yang mulai membusuk sepanjang 1 cm dan semprotlah bunga dengan air secara rutin setiap harinya.

5. Letakkan bunga dalam vas ditempat yang atau ruangan yang tidak terlalu dingin dan jangan tempatkan bunga pada ruangan yang terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat bunga cepat layu dan kering.

6. Bunga potong ini dapat bertahan hinga 7 hari di vas bunga.

4. Fakta Unik tentang Bunga Lili

Bunga lily
© Twitter

Bentuk bunga yang bernama latin Lilium ini selain indah dipandang juga memiliki wangi yang semerbak. Tidak heran jika banya orang yang memilih bunga ini untuk dipersembahkan pada orang yang spesial saat momen-momen tertentu. Ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang bunga Lilium ini.

1. Terdiri Lebih Dari 100 Jenis

Lilium ini ternyata memiliki sekitar 108 jenis di seluruh dunia dan pantas dinobatkan sebagai bunga paling populer dengan aneka jenisnya. Bunga ini lebih banyak di temukan di Jepang, dimana varietas bunga ini tersebar luas disana.

2. Sebuah Simbol Kepolosan

Simbol kepolosan ini identik dengan “keagungan”. Hal ini dikarenakan bentuk bunga yang indah dan kaitannya dengan sebuah istilah era Victoria yaitu “Virgin Mary”

3. Dijadikan Sebagai Parfum

Ekstrak bunga ini banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat parfum. Bahkan ada juga hingga parfum premium yang menggunakan bunga ini.

4. Ada Juga Bunga Yang Beracun

Selain terkenal dengan keindahannya, bunga ini juga ada yang mengandung racun. Ada salah satu varian bunga yang berbahaya bagi manusia dan hewan. Bunga dengan jenis Valley Lili ini merupakan bunga yang paling mengandung racun dan bisa menyebabkan mual, gagal ginjal, disfungsi jantung, hingga kematian.

5. Keunikan di Beberapa Jenis Bunga

Lilium ini mempunyai empat jenis yang mempunyai corak unik, yaitu berbintik pada kelopaknya. Jenis ini adalah Kanoko Yuri, Yama Yuri, Kuruka Yuri, dan Oni Yuri. Keempat jenis ini memang berasal dari Jepang dimana jenis Oni Yuri dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk penyakit tertentu.

Bunga Lili adalah salah satu jenis bunga yang banyak dikagumi oleh para penggemar bunga hias. Warnanya yang cantik ukurannya yang besar dan wangi yang segar menjadikan bunga ini banyak dipergunakan untuk mempercantik ruangan.

Selain sebagai bunga hias, Anda juga bisa membuat taman bunga di area rumah, karena bunga ini dapat tumbuh dengan mudah dengan penanaman yang benar.

Tinggalkan komentar