Jenis Bunga Cocor Bebek dan Manfaatnya

Alam menyimpan banyak kekayaan yang sangat bermanfaat bagi manusia, terutama tanaman yang sejak dahulu merupakan bagian penting dalam kehidupan.

Salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan dan dibudidayakan adalah cocor bebek karena memiliki banyak kandungan bermanfaat sekaligus memiliki bentuk unik yang beda dari tanaman sejenisnya.

Tanaman yang dikenal dengan nama lain suru bebek merupakan tanaman yang sangat banyak mengandung air. Berdasarkan literatur sejarah ia berasal dari Madagaskar dan mulai dikembang biakkan di Indonesia sejak abad ke-18.

Cara reproduksinya cukup unik yaitu dengan tunas yang lahir pada daun. Apa saja jenis dan khasiatnya bagi manusia?

Kandungan Penting Cocor Bebek

Sebelum mengulas jenis dan khasiat dari suru bebek, Anda perlu tahu kandungan di dalam tanaman ini.

Zat kimia yang ada di dalamnya antara lain Asam Formiat, Quertecin, Magnesium, Malat, Asam Amino, Kalsium Oksalat, Glucoside, Vitamin C, Asam Apel,Tannin, dan Kaemferol.

1. Asam Formiat

Disebut juga dengan asam semut, yang biasanya digunakan untuk membasmi hama, membuat kosmetik jika dikolaborasikan dengan zat lain. Bagi manusia zat ini berguna untuk beberapa jenis penyakit, tapi memang kadarnya harus rendah.

2. Quertecin

Fungsi zat ini sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan antioksidannya yang banyak, quertecin banyak digunakan untuk membuat obat anti radang dan infeksi.

3. Magnesium

Zat ini membantu tubuh manusia dalam menyerap sejumlah zat penting seperti Kalsium dan Vitamin D. Karena keduanya sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh agar tetap baik, terutama untuk pembentukan tulang dan gigi.

4. Malat

Fungsinya bagi manusia adalah untuk mempercepat proses pembentukan sel baru. Cara kerjanya dengan mendorong berbagai enzim dan mineral meluruhkan sel mati, lalu mendampingi tubuh membentuk sel yang lebih baik.

5. Asam Amino

Membantu proses pertumbuhan pada janin dan anak, mempertahankan ketersediaan cairan di dalam tubuh serta membantu terbentuknya sejumlah hormon penting adalah tugas Asam Amino.

6. Kalsium Oksalat

Jenis Kalsium ini sangat berperan bagi penderita batu ginjal untuk memecah dan melancarkan kembali sistem sirkulasi pada organ tersebut.

7. Glucoside

Beberapa jenis Glucoside membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh serta membantu memaksimalkan kondisi sel kulit manusia.

8. Vitamin C

Sangat banyak fungsi Vitamin C diantaranya untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan ketajaman otak, hingga mempercepat penyembuhan penyakit dan luka.

9. Asam Apel

Para penderita obesitas membutuhkan asam ini untuk menurunkan berat badan, selain itu fungsinya juga untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh, dan menjaga kinerja jantung agar tetap normal.

10. Tanin

Membuat kulit kencang dan awet muda merupakan fungsi utama Tanin bagi tubuh manusia. Di dunia industri, zat ini juga penting untuk membuat zat warna dan lem.

11. Kaemferol

Membantu penyembuhan radang adalah fungsi dari zat ini. Terutama bisul, jerawat dan sejenisnya.

Selain kandungan yang sangat banyak dari cocor bebek perlu diketahui juga sifatnya yang berdasarkan penelitian ahli adalah asam, dingin, dan bau yang bercampur dengan aroma tanah.

Mengenal Jenis Cocor Bebek

Cocor bebek mempunyai beberapa jenis yang banyak ditemukan di alam dan dibudidayakan sebagai tanaman kesehatan dan tanaman hias.

1. Cocor Bebek Panda

Cocor Bebek Panda
Gambar: JumPic.com

Ciri-cirinya terlihat pada fisiknya dengan bagian bunga seperti telinga binatang tersebut yang berbentuk oval serta diselimuti bulu putih yang sangat halus. Tingginya maksimal hingga 30cm dan bukan jenis yang menghasilkan bunga.

2. Kalanchoe Daigremontianum

Cocor bebek / Kalanchoe Daigremontianum
Gambar: flickr.com

Kalanchoe daigremontianum atau jenis besar, dengan daun berbentuk ujung tombak warna hijau pekat. Beda dengan jenis Panda, suru bebek ini tidak memiliki bulu halus sehingga permukaan daun licin mengkilap.

Pada masa perkembang biakan tanaman tersebut akan tumbuh tunas pada bagian pinggir daun, yang akan menjadi tumbuhan baru jika dipindahkan ke tanah.

Jenis ini memiliki tinggi hingga 40cm dengan batang tunggal yang bisa berbunga indah warna merah muda atau hijau.

3. Kalanchoe Blossfeldiana

Cocor bebek / Kalanchoe Blossfeldiana
Gambar” pixabay.com

Jenis berbunga atau dikenal dengan nama latin Kalanchoe blossfeldiana. Merupakan jenis yang paling sering dijadikan tanaman hias karena warna bunganya yang menarik dan cerah seperti merah, oranye dan kuning.

Manfaat Cocor Bebek Untuk Kesehatan

Beberapa pemanfaatan cocor bebek untuk kesehatan adalah sebagai obat maag, amandel, rematik, bisul, asma, dan wasir.

1. Obat Maag

Dengan menyiapkan lima helai daunnya yang sudah dicuci bersih, lalu diblender dengan air secukupnya. Jangan lupa menambahkan sedikit garam sebagai perasa agar tidak pahit. Setelah itu saring hasil blender ke dalam gelas dan minum secara rutin dua kali sehari setelah makan.

2. Obat Amandel

Amandel memang sangat mengganggu apalagi jika sudang meradang, dengan Suru Bebek Anda bisa mengobatinya secara alami. Caranya ambil 10 daun, lalu giling halus hingga keluar airnya dan saring hingga benar-benar bersih. Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur setiap pagi dan malam hari sampai radang amandel sembuh.

3. Obat Rematik

Cukup dengan merebus 30 gram daun suru bebek, lalu saring dan minum air rebusan tersebut ¾ gelas setiap hari hingga gejala rematik Anda hilang. Cara ini sudah terbukti berhasil dan sudah teruji di dunia medis.

4. Obat Bisul

Untuk obat bisul giling halus 60 gram daun setelah itu ambil satu sendok teh dan campur dengan madu untuk diminum langsung. Sisanya tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul. Proses penyembuhan akan lebih cepat, karena daun tersebut dapat mengeringkan bisul lebih cepat dari obat kimia.

5. Obat Asma

Potong kecil daun cocor bebek kemudian keringkan. Setelah kering seduhlah daun tersebut dengan campuran madu secukupnya lalu minum teratur. Dengan rutin meminum ramuan ini, resiko asma kambuh akan semakin kecil.

6. Obat Wasir

Untuk mengobati wasir yang mengganggu, giling halus beberapa helai daunnya, lalu keringkan hingga menjadi serbuk seperti bubuk teh. Seduh dengan menggunakan air panas satu sendok teh bubuk suru bebek dicampur dengan madu dengan takaran sama, dan minum satu kali sehari.

7. Obat Luka Dan Memar

Luka tergores atau luka kena gigitan nyamuk juga bisa diobati dengan melumatkan daun suru bebek menggunakan ulekan hingga halus, lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka. Lakukan berkala hingga luka sembuh. Untuk memaksimalkan hasilnya Anda bisa memeras air lumatan daun dicampur madu dan sedikit garam dan minum dua kali sehari.

8. Obat Demam

Karena sifatnya yang dingin, daun tanaman ini juga bisa dijadikan kompres demam. Caranya belah dua daun, kemudian tempel pada kening dan leher. Lakukan berulang hingga demam turun.

Sangat banyak khasiat dari cocor bebek yang bisa Anda rasakan sendiri, ketimbang membeli obat kimia yang pastinya akan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Untuk mendapatkan manfaat setiap saat, Andapun bisa membudidayakan sebagai tanaman hias di rumah, karena cara perkembangbiakan relatif mudah.

Gambar Bunga Cocor Bebek Cantik

Tinggalkan komentar