Tanaman Talas

Tanaman Talas banyak di temukan di daerah tropis, perlu diketahui semua bagian tanaman ini dapat Anda makan. Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini mengandung nutrisi yang sangat besar terutama pada bagian daunnya.

Nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan tubuh. Terdapat beberapa cara untuk mengonsumsinya, dapat dinikmati dengan cara di tumis atau dibuat buntil.

Berbagai Manfaat Daun Talas

daun talas
Gambar daun talas – Pinterest.com

Walaupun talas mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan, tapi talas juga mengandung protein, asam askorbat, serat makanan, riboflavin, mangan, tembaga, zat besi, dan beberapa zat penting lainnya.

Tentunya zat-zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai manfaat seperti berikut ini:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun yang telah dimasak akan sangat mudah untuk dicerna karena kandungan serat pangan yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Serat pangan ini akan mempertahankan curah tinja serta menormalkan gerakan usus sehingga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti konstipasi dan iritasi usus. Selain itu juga dapat melemahkan perkembangan sel kanker usus besar.

2. Menurunkan Kolesterol

Fakta menunjukkan bahwa daun ini sama sekali tidak memiliki kolesterol atau kadar kolesterolnya 0%, sedangkan kandungan lemak hanya 1%. Kandungan metionin serta serta yang tinggi mampu memecah kolesterol sehingga kadarnya dalam tubuh akan berkurang. Makanan ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mempunyai keluhan kolesterol tinggi.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung sering dikaitkan dengan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Daun ini di klaim sebagai makanan sehat yang mampu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium didalamnya mampu menjaga tekanan darah agar terkendali, sedangkan seratnya mampu mengurangi penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini juga dapat mencegah stroke dan penyakit jantung.

4. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh orang-orang. Banyak cara untuk mencegah penyakit ini salah satunya dengan mengkonsumsi daun dari pohon talas. Daun ini mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.

5. Memberikan Mineral Untuk Tubuh

Manfaat lainnya berasal dari kandungan kalium pada daunnya. Kalium adalah mineral penting yang fungsinya untuk menyerap dan memecah karbohidrat, membangun otot, mengontrol kerja jantung, meningkatkan perkembangan tubuh, serta menjaga keseimbangan asam basa.

Selain itu kandungan potassium juga penting untuk menyeimbangkan elektrolit dan cairan tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan Vitamin E dalam daun ini mampu untuk melindungi kulit dari kerusakan seperti kulit kusam, kering, dan kehilangan kecerahannya. Selain vitamin, daun ini juga mengandung asam amino tinggi yang disebut threonine.

Zat ini akan membantu dalam membentuk elastin dan kolagen sehingga akan didapatkan kulit yang sehat dan cerah.

7. Mengobati Anemia

Zat besi yang terkandung pada daun pohon talas ini mempunyai peran penting untuk membantu mengembangkan sel darah merah serta membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan kandungan beberapa zat ini akan membuat kadar sel darah merah naik dan keluhan akan anemia mulai berkurang.

8. Menyembuhkan Hipertensi

Kandungan lemak dan natrium yang dimiliki daun ini tergolong sangat rendah hanya sekitar 20mg natrium per satu cangkir daun. Hal ini dapat membantu Anda untuk mempertahankan retensi cairan dan juga mengatasi permasalahan pada ginjal.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk mendapatkan mata yang sehat, Anda membutuhkan asupan vitamin A yang cukup. Kadar vitamin A pada daun ini dapat diandalkan sebagai pendukung kesehatan mata, menjaga ketajaman penglihatan, serta dapat mencegah berbagai gangguan mata seperti myopia, kebutaan, dan juga katarak.

10. Memberikan Perlindungan Sel

Dalam daun pohon talas ini terdapat senyawa fenolik dan karetenoid yang dapat melepaskan antioksidan yang berguna untuk melindungi sel. Kedua senyawa ini baik untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dan tetap menjaga sel-sel vital dari ancaman stres oksidatif serta beberapa kerusakan lanjutan.

Langkah ini juga bisa sebagai pencegah sel kanker dan penyakit jantung.

11. Sumber Vitamin B6

Vitamin B6 ini bermanfaat untuk menjalankan aktivitas metabolisme juga mempunyai peran dalam transportasi oksigen dan pencegahan anemia.

Selain itu keberadaan vitamin B6 ini juga sangat dibutuhkan sebagai neurotransmitter yang dapat melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi kandungan asam amino sehingga dapat mencegah terjadinya stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

12. Memperkuat Tulang

Senyawa mangan yang terkandung didalam daun walaupun hanya dalam jumlah kecil namun dibutuhkan untuk menjaga organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Mangan ini dapat mempengaruhi pembentukan tulang dan jaringan ikat.

Selain itu juga mempunyai peran dalam penyerapan kalsium, menjaga metabolism karbohidrat dan lemak, menjaga fungsi saraf dan otak, serta mengontrol kadar gula darah.

13. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat terpenting yang didapat dari daun talas ini adalah untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin C yang tinggi akan mampu merangsang pembentukan sel darah merah dalam jumlah banyak yang akan memberikan perlawanan terhadap serangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh sehingga akan terhindar dari beberapa penyakit penyertannya.

14. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apabila Anda mempunyai keluhan dengan berat badan yang berlebih, cobalah untuk mengkonsumsi daun ini secara rutin karena makanan ini rendah kalori dan lemak jenuh yang membuat berat badan Anda meningkat. Talas juga mampu menghasilkan serat dalam jumlah banyak sehingga dapat membantu diet selama program penurunan berat badan

15. Memperkuat Perkembangan Janin

Bagi Anda yang sedang hamil, tentu membutuhkan asupan asam folat yang tinggi untuk perkembangan janin. Daun ini merupakan sumber asam folat yang tepat sehingga perlu dihadirkan pada menu makan Anda. Folat juga dapat mencegah kecacatan saat lahir serta membantu proses sintesis DNA.

Cara Mengolah Daun Talas

Sebelum Anda memasak daun ini, perlu di ketahui bahwa di dalam talas mengandung zat kalsium oksalat yang dapat mengakibatkan rasa gatal pada tenggorokan ketika Anda memakannya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka daun yang telah dipersiapkan hendaknya di rendam dahulu selama satu malam sebelum diolah menjadi aneka masakan seusai selera.

Setelah daun terendam selama satu malam, cuci bersih kembali dengan air yang mengalir agar lendir pada daun juga menghilang. Tiriskan daun tersebut dan Anda dapat mengolahnya seperti daun pada umumnya.

Biasanya olahan yang sering dibuat adalah tumis, buntil, atau juga daun bumbu kuning. Anda tidak perlu takut jika akan merasakan gatal jika mengikuti langkah tersebut.

Talas adalah tanaman yang banyak ditemukan di kebun-kebun, pinggir sungai, bahkan di beberapa tempat yang teduh. Banyak yang tidak memperhatikan pohon ini karena sering dianggap sebagai gulma.

Namun semua bagian pohon ini dapat dimanfaatkan baik daun talas, batang pohon, hingga umbi talas yang bisa kita makan. Dengan segudang manfaat yang ada tentunya sayang jika melewatkan makanan yang satu ini.

Bagikan:

Leave a Comment