Buah Anggur

Buah anggur salah satu buah favorit untuk masyarakat Indonesia karena warnanya yang menarik serta rasanya yang lezat. Tidak heran anggur menjadi salah satu buah yang sering dibudidayakan.

Buah anggur termasuk tanaman yang mudah untuk dibudidayakan kerap kali masyarakat menanamnya di pekarangan rumah ataupun di beranda rumah.

Buah anggur termasuk dalam tanaman rambat keberadaannya juga bisa dijadikan tanaman hias oleh karena itu banyak ditanam di rumah warga.

Klasifikasi dan morfologi

Kebun anggur

Buah anggur menjadi buah yang sangat digemari masyarakat karena ukurannya yang pas untuk dimakan serta tidak perlu susah payah mengupas buah untuk memakannya. Buah anggur selain dapat dikonsumsi langsung juga dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan menjadi kismis.

Selain itu buah anggur merupakan buah yang menjadi bahan dasar pembuatan beberapa minuman beralkohol. Buah anggur merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropis maupun sub tropis.

Buah anggur disinyalir berasal dari kawasan selatan lebih tepatnya antara laut hitam dan laut kaspia lalu tanaman anggur menyebar ke benua Amerika, Eropa, dan Asia. Namun, buah anggur lebih baik ditanam pada daerah tropis yang bersifat tahunan dan beiklim kering.

Buah Anggur masuk ke dalam tanaman yang lebih banyak membutuhkan musim kemarau daripada musim penghujan oleh karena itu buah anggur kerap kali disebut sebagai Long Day Plant (Tanaman dengan hari panjang). Untuk mengenal lebih jauh berikut merupakan klasifikasi dan morfologi dari buah anggur

Klasifikasi

  • KINGDOM : Plantae (Tumbuhan)
  • SUBKINGDOM : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • DEVISI : Magnoliphyta (Tumbuhan berbunga)
  • SUPER DEVISI : Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
  • SUB KELAS : Rosidae
  • KELAS : Magnoliopsida (Tumbuhan dikotil)
  • FAMILI : Vitaceae
  • ORDO : Rhamnales
  • SPESIES : Vitis Vinifera L.
  • GENUS : Vitis L.

Morfologi

Morfologi buah anggur terbagi menjadi lima yaitu morfologi buah, bunga, daun, batang, dan akar. Untuk lebih lengkapnya berikut penjelasan tentang morfologi buah anggur.

1. Morfologi Buah

Buah anggur memiliki ciri khas berbentuk bulat kecil menyerupai bentuk telur puyuh dengan diameter lingkaran 2-4 cm. Buah anggur memiliki beberapa jenis warna seperti ungu, merah, hijau, hitam, dan tergantung pada jenis varietasnya.

Buah anggur dilapisi kulit tipis dimana di dalamnya terdapat daging buah yang berair dan kenyal berisi serat. Daging anggur kebanyakan berwarna hijau atau putih keabu-abuan. Di dalam daging buah terdapat biji dengan ukuran kecil berjumlah berkisar 2 hingga 4 biji. Rasa dari buah berupa manis.

2. Morfologi Bunga

Pada ranting yang berbentuk malai tumbuhlah bunga tanaman anggur. Jumlah malai yang muncul pada satu ranting tanaman anggur tidak menentu bisa banyak ataupun sedikit.

Berdasarkan tipenya sendiri anggur memiliki dua tipe yaitu bunga jantan dan betina yang terdapat pada pohon yang terpisah ataupun berbeda serta bunga sempurna dimana putik dan benang sarinya terdapat dalam pohon yang sama atau tidak berbeda. Bunga dari tanaman anggur berwarna merah muda hingga kekuningan .

3. Morfologi Daun

Daun tanaman anggur berbentuk mirip seperti jantung dengan bagian tepi yang bergerigi dan juga terdapat lekukan serta tekstur yang kasar. Daun tanaman anggur berwarna hijau dengan panjang sekitar 10-14 cm dan lebar mencapai 8-14cm.

4. Morfolofi Batang

Batang tanaman anggur berukuran kecil dengan bercabang, panjang, dan diameter rata-rata 2-5 cm namun dapat mencapai lebih dari 10 cm. Batang tanaman berwarna hijau dan kecokelatan dengan tumbuh secara menJalar dengan panjang hingga 8m.

5. Morfologi akar

Tanaman anggur berjenis akar tunggang dan memiliki akar samping yang dalam serta kuat sehingga tahan pada kekeringan. Akar tanaman dapat tumbuh dengan kedalaman mencapai 60 cm lebih.

Beberapa dari buah anggur dibedakan berdasarkan warnanya berikut merupakan beberapa jenis warna anggur.

Jenis-jenis Anggur

1. Anggur Merah

Buah anggur merah

Anggur dalam warna merah kerap kali kita temukan anggur dengan warna merah termasuk ke dalam beberapa jenis yaitu Crimsom Seedless, Flame Seedle, Red Globe, Ruby Seedless, dan Scarlet Royal.

2. Anggur Hijau

Buah anggur hijau

Anggur berwarna hijau merupakan salah satu jenis anggur yang paling sering kita temui untuk anggur berwarna hijau berikut merupakan beberapa jenis di dalamnya yaitu Autumn King, Blanc Seedless, dan Princess.

3. Anggur Hitam

Buah anggur hitam

Jenis anggur yang paling sering kita konsumsi adalah anggur dengan warna hitam. Anggur warna hitam merupakan anggur dengan jenis Autumn Royal.

Kandungan Nutrisi dan Karakteristik

Buah anggur sangatlah berguna untuk kesehatan hal ini dikarenakan di dalam anggur terdapat berbagai nutrisi atau fito-nutrisi yang berguna seperti mineral, antioksidan, asam organik, serat, pektin, asamfolat dan vitamin.

Tanaman anggur memiliki beberapa karakteristik yaitu buah menyerupai bentuk telur puyuh bulat agak lonjong, daging lunak , memiliki biji, tanaman tumbuh merambat, dan memiliki daun yang lebar dengan tekstur kasar.

Kondisi Tumbuh

Untuk proses budidaya buah anggur merupakan tanaman yang gampang-gampang susah untuk dibudidayakan karena meskipun tahan terhadap kekeringan beberapa hal harus tetap diperhatikan sebagai syarat tumbuh anggur agar menghasilkan buah anggur berkualitas. Berikut merupakan beberapa syarat agar buah anggur dapat tumbuh dengan baik.

Iklim

Tanaman anggur akan lebih baik bila ditanam di daerah dataran rendah dengan lama musim kemarau sekitar 4 hingga 7 bulan. Dalam proses pertumbuhannya usahakan agar anggur tidak ditanam di daerah dengan angin yang kencang agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Suhu udara yang baik untuk pertumbuhan adalah 310C pada siang hari dan 230C pada malam hari dengan memastikan tanaman mendapat paparan cahaya matahari dengan baik.

Media Tanam

Untuk media tanam pada waktu penyemaian dapat menggunakan polybag dengan tanah berisi campuran pupuk kandang dan pasir komposisi 1:1:1. Setelah itu untuk lahan tanam menggunakan lahan tanah langsung atau polybag dan juga bisa menggunakan karung.

Tanah untuk media tanam harus digemburkan dulu dan pastikan pH tanah sesuai yaitu tidak asam apabila pH tanah dibawah 5 maka lakukan pengapuran. Biarkan lahan tanam terpapar sinar matahari selama 2 minggu lalu setiap lubang tanam diberi campuran pupuk kandang, tanah, dan pasir dengan komposisi 2:1:1.

Manfaat Buah Anggur

Untuk Ibu Hamil

Anggur mengandung beberapa nutrisi penting yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan. Buah anggur mengandung antioksidan, asam organik, serat, pektin, dan asam folat.

Mengkonsumsi anggur untuk ibu hamil dapat membantu ibu hamil mencukupi kebutuhan sel bagi janin yang sedang tumbuh berkembang karena kandungan mineral dan anggur di dalamnya.

Buah anggur juga memiliki beberapa manfaat lain untuk dikonsumsi ibu hamil seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko asma, dan meredakan kram pada otot. Perlu diperhatikan takaran konsumsi dalam batas sewajarnya saja.

Untuk Kecantikan

Buah anggur tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Buah anggur mengandung vitamin c yang sangat baik untuk pembentukan kolagen kulit agar kulit awet muda dan terawat. Selain itu antioksidan dalam anggur juga sangat baik untuk kulit untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kondisi kulit tetap prima.

Efek Samping

Dikenal dengan berbagai manfaatnya mengkonsumsi anggur tetap harus dalam batas wajar saja karena apabila dikonsumsi berlebih kandungan anggur yang bermanfaat bagi tubuh dapat berbalik menjadi racun. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi anggur secara berlebih yaitu:a. Kembung, mual, bahkan muntah karena anggur yang terlalu asam.

  • Diare dapat disebabkan karena mengkonsumsi anggur
  • Keracunan karena kandungan resveratol yang tinggi dalam buah anggur
  • Meningkatkan berat badan karena konsumsi anggur berlebih menghasilkan kalori berkali-kali lipat.

Mahasiswi teknik pertanian yang suka berkebun di belakang rumah.

Leave a Comment