Bayam Merah

Sayur bayam memang sangat akrab dengan kita, karena sering kita konsumsi dan memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Jenis tanaman bayam yang sangat familiar dengan kita adalah bayam hijau, namun apakah pernah kita menjumpai bayam merah? Walau tak sepopuler bayam hijau, manfaat bayam merah juga tak kalah lho.

Tanaman Bayam Merah

Tanaman bayam yang sering kita temui atau konsumsi merupakan bayam hijau untuk bayam merah merupakan varietas lain dari tanaman bayam.

Terdapat beberapa jenis varietas dari bayam yaitu bayam hijau biasa, bayam merah (Blitrum rubrum) batang dan daun berwarna merah, bayam putih (Blitum album) batang dan daunnya berwarna hijau keputih-putihan, bayam kakap, bayam kotok atau tahah, dan bayam duri.

Bayam merah memiliki keunggulan tersendiri  dibanding jenis bayam lainnya yaitu ketika dimakan bayam merah menimbulkan efek dingin untuk perut kita. Bayam merah memiliki nama latin Blitum rubrum dan masuk ke dalam varietas Amaranthus Tricolor.

Memiliki nama lain yaitu Red Spinach tanaman ini merupakan jenis tanaman berbunga tahunan yang memiliki bunga berwarna ungu gelap. Bayam merah berasal dari Amerika tropis. Bayam Merah tersebar di berbagai negara tropis dan sub tropis.

Di Indonesia bayam merah dapat tumbuh sepanjang tahun dengan hidup di daerah ketinggian 5 – 2.000 m dpl. Bayam merah dapat tumbuh di daerah bercuaca panas dan dingin. Bayam merah akan tumbuh lebih subur pada dataran rendah dengan lahan yang terbuka serta udara agak panas.

Warna merah yang terdapat pada bayam merah dikarenakan adanya kandungan antosiasin. Antosiasin sendiri merupakan sebuah pigmen merah keunguan yang membentuk warna merah pada bayam.

Ciri-ciri Bayam Merah

Ciri-ciri secara umum berupa tinggi batang mencapai 0,4 – 1 meter dan bercabang, batang yang agak lunak dan berair, berukuran kecil mungil, lemas, daun berbentuk bulat menyerupai bentuk telur, daun memiliki tangkai, pangkalnya runcing berwarna merah, dan ujungnya tumpul.

Beberapa kandungan zat-zat yang terdapat dalam bayam merah seperti vitamin a, vitamin b, vitamin c, zat besi, amarantin, rutin, purin, karbohidrat, kalium, lemak, dan protein. Pemanenan bayam merah dilakukan saat tanaman berumur masih cukup muda dengan ketinggian mencapai 20 cm.

Pemanenan dilakukan dengan mencabut tanaman bersama dengan akarnya. Waktu yang dibutuhkan untuk memanen bayam merah sekitar 20 hingga 25 hari semenjak bayam merah ditanam.

Manfaat Bayam Merah

Memiliki banyak manfaat untuk tubuh bayam merah menjadi salah satu sayuran yang sangat digemari masyarakat. Tidak hanya untuk kesehatan saja bayam merah juga berguna untuk kecantikan. Berikut merupakan beberapa manfaat bayam merah untuk manusia.

Untuk Kesehatan

Dibalik warna cantiknya bayam merah menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh manusia terutama untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan:

a. Meningkatkan Kinerja Tubuh Saat Berolahraga

Bayam merah menyediakan energi yang baik untuk tubuh ketika beolahraga. Energi ini didapat dari kandungan nitrat dalam bayam merah. Senyawa asam nitrat mengurangi penggunaan oksigen oleh sel shingga tubuh tidak mudah merasa lelah.

b. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah sistem pencernaan merupakan masalah yang kerap kali kita alami seperti susah BAB dan sebagainya. Mengkonsumsi bayam merah merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam bayam merah sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan.

c. Menyehatkan Ginjal

Salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi sangat penting yaitu ginjal. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah pada tubuh dari racun dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh agar selanjutnya diuraikan dalam bentuk urin.

Mengonsumsi bayam dan memadukannya dengan gaya hidup sehat akan membantu untuk memaksimalkan kerja ginjal karena dalam 1 ons bayam merah mengandung 82 gram air yang berfungsi untuk menyaring darah secara alami.

Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan bayam merah juga berguna untuk kecantikan. Penasaran dengan manfaat sayuran satu ini untuk kecantikan? Berikut merupakan beberapa contoh manfaat bayam merah bagi kecantikan.

a. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling mengganggu untuk kita. Ketika timbul jerawat kita tentu akan mengupayakan untuk menghilangkan jerawat dengan berbagai produk kecantikan yang kebanyakan mengandung bahan kimia yang menimbulkan efek samping bagi kulit.

Oleh karena itu mengkonsumsi bayam merah merupakan salah satu alternatif mengatasi jerawat secara alami. Bayam merah mengandung vitamin A, B, C, dan E yang berguna untuk mengatasi jerawat pada kulit.

Vitamin A berfungsi untuk mengatasi inflamasi pada jerawat. Vitamin B berfungsi untuk perawatan kulit rusak karena bekas jerawat. Vitamin C untuk melindungi kulit dari radikal bebas penyebab jerawat, dan vitamin E untuk pencegahan penyebaran bakteri pada kulit dan memastikan vitamin A bekerja dengan baik.

b. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Untuk meningkatkan kesehatan kulit salah satu komponen yang sangat penting yaitu kolagen. Kolagen berfungsi untuk antioksidan pelindung kulit. Vitamin c merupakan vitamin yang mendukung produksi kolagen dalam kulit. Dengan tersedianya kolagen sel kulit mati akan terangkat dan terjadi regenerasi kulit mati dengan kulit baru. Kandungan air yang tinggi pada bayam merah juga membantu mencegah dehidrasi pada kulit agar kulit tidak mengalami kekeringan.

c. Menghilangkan Noda Hitam

Noda hitam pada kulit sangatlah mengganggu karena menimbulkan bercak-bercak kehitaman yang menggangu di bagian wajah. Mengkonsumsi bayam merah meruapakan salah satu alternatif untuk menghilangkan bercak hitam pada kulit selain dengan menggunakan produk kecantikan berbahan kimia.

Cara Memasak Bayam Merah

Mengolah bayam merah harus dengan baik dan benar agar bayam merah dapat memberikan manfaat untuk tubuh bukan memberikan efek toxid bagi tubuh. Pertama-tama kita harus memperhatikan apakah bayam tersebut jenis cabut atau petik.

Bayam cabut cenderung bulat dan cekung. Batangnya yang lebih renyah dan kecil menjadikan bayam ini lebih cocok diolah menjadi sayur berkuah ataupun tumis. Lalu bayam petik memiliki ciri daun berbentuk lonjong dan bagian ujungnya sendiri lebih datar, lebar, dan ujung lebih kecil.

Bayam jenis ini lebih cocok untuk pecel ataupun keripik bayam. Sebelum diolah jangan lupa untuk selalu mencuci bersih bayam. Masaklah dengan tepat yaitu diolah sebentar saja agar kandungan gizi didalam bayam tidak rusak.

Sebelum merebus bayam pastikan air sudah mendidih terlebih dahulu dan masak dengan waktu sekitar rata-rata 1 menit. Untuk memasak bayam sebaiknya kita menggunakan panci stainless steel karena kandungan zat besi yang terdapat dalam bayam bisa bereaksi dengan alumunium maupun besi yang menyebabkan bayam bisa berubah warna menjadi kehitaman.

Bahaya Bayam Merah

Meskipun bermanfaat tentu saja mengkonsumsi bayam merah tetap harus dalam batas wajar agar tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh kita. Beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh bayam seperti penyerapan mineral memburuk, diare, gangguan pada perut, baatu ginjal, anemia, alergi, dan rematik.

Harga Bayam Merah

Bayam merah dijual di berbagai pasar tradisional, supermarket, maupun situs jual beli online. Kisaran harga bayam merah sebesar Rp.25.000,-/kg dengan keadaan bayam merah masih mentah.

Cukup terjangkau bukan sayuran satu ini untuk itu kita harus sering mengkonsumsinya selain banyak manfaat warnanya yang cantik menjadi salah satu alternatif kita untuk mencari variasi makanan agar tidak bosan untuk dikonsumsi.

Petani melon tulen, saya menjadi distributor pupuk & obat pertanian organik. Kalau mau pesan WA aja ke 0822-2920-6263.

Leave a Comment