Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam memang terkenal dengan harumnya yang semerbak, ditambah pula bentuknya yang indah dan bisa bertahan cukup lama usai dipetik. Sehingga banyak digunakan untuk dekorasi rumah dan acara.

Namun ternyata dibalik itu semua terdapat mitos yang cukup mengejutkan tentang bunga yang juga dikenal dengan nama sundal malam tersebut.

Bunga yang konon katanya ditemukan pertama kali di Mexico punya 12 spesies. Dalam bahasa latin biasa disebut Polianthes tuberose sedangkan di India dikenal dengan sebutan ratkirani.

Bukan saja di Indonesia, pemanfaatan sundal malam untuk dekorasi juga menyebar di seluruh dunia. Bahkan merupakan idola para desainer interior dalam merealisasikan ide kreatif mereka.

Kondisi Terbaik Bunga Sedap Malam Untuk Jadi Dekorasi

Untuk mendapatkan hasil dekorasi yang indah memukau harus dipilih yang sempurna, baik dari batang, daun apalagi bunga. Sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu kalau kondisi lingkungan tempat tumbuhnya benar-benar sesuai.

Mulai dari ketinggian tanah maksimal 1500 meter dari permukaan laut, pH tanah maksimal 5,7 dan tanah harus gembur serta berisikan banyak humus alami.

Batang pada ketinggian 45 cm merupakan batang ideal untuk dipanen, biasanya adalah pada bunga yang sudah berusia 7-8 bulan. Kemudian pastikan bahwa dia sudah memiliki beberapa kuntum bunga siap atau sudah mekar.

Untuk kondisi daun haruslah masih segar dan tidak ada yang layu. Sedangkan tangkai bunga juga wajib masih tersambung pada bunga dengan baik.

Jika bunga sudah pada semua kondisi di atas, maka Anda sudah bisa memanennya untuk dijadikan bahan dekorasi. Dengan memisahkan dahulu tangkai bunga yang akan dipanen dengan rumpun bagian lainnya, lalu potong dengan hati-hati agar rumpun yang tertinggal tetap tumbuh.

Kemudian ikatlah tangkai bunga yang sudah dipotong menjadi satu untuk kemudian dipakai sebagai dekorasi.

Cara Dekorasi Bunga Sedap Malam

Dejorasi bunga sedap malam
© flamboyantgg.blogspot.com

Dekorasi dengan menggunakan bunga sedap malam sangat mudah dilakukan jika sudah melakukan tahapan yang benar. Dari penentuan konsep dekorasi, kombinasi bunga, pilih vas, pemotongan tepat, penataan, dan tambahan aksesoris.

1. Konsep Dekorasi

Yang harus dilakukan pertama adalah menentukan konsep dekorasi. Contohnya untuk pernikahan di dalam ruangan dengan konsep adat Jawa, atau dekorasi acara ulang tahun dengan konsep taman bunga. Berawal dari konsep yang jelas, barulah dapat dilakukan langkah selanjutnya.

2. Kombinasi Bunga

Sundal malam memiliki warna yang putih bersih Anda bisa menjadikannya satu-satunya jenis bunga untuk dekorasi, atau bisa dipadukan dengan bunga jenis lain. Jangan lupa untuk tetap berpegang pada konsep agar hasilnya benar-benar memuaskan. Sebagai tips biasanya bunga ini dikombinasikan dengan anggrek bulan, tulips, atau bunga mawar.

3. Pilih Vas Atau Tempat Bunga

Bunga yang sudah dikombinasikan harus memiliki tempat yang jelas, bisa menggunakan vas atau tempat khusus yang dibuat untuk dekorasi tersebut. Sehingga lebih enak dipandang dan tertata rapi.

4. Potong Tangkai dan Rapikan

Setelah dimasukkan ke dalam tempatnya, jangan lupa untuk memotong tangkai bunga sedap malam dan bunga kombinasi agar terlihat lebih rapi dan simetris. Kalau tidak maka seindah dan sewangi apapun bunga tersebut akan terlihat berantakan saat ditata.

5. Penataan

Anda harus menata bunga sesuai dengan tema dekorasi. Apakah itu di atas meja, di atas tempat tidur, di tempel pada dinding, atau berada di lantai. Penataan harus memperhatikan estetika ruangan, atau tempat dimana bunga tersebut diletakkan.

6. Tambahan Aksesoris

Untuk mempermanis penampilan dekorasi, Anda juga bisa menambahkan aksesoris tambahan pada rangkaian bunga tersebut. Misalnya diberi untaian manik-manik, dedaunan kering, batang untuk menyempurnakan tampilannya.

Cara Memberi Warna Pada Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam
© pixabay.com

Sebagai salah satu bunga dekorasi, sundal malam bisa dikreasikan dengan memberi varian warna yang lebih banyak. Karena tak sedikit orang yang kurang suka dengan warna putih alami dari bunga tersebut. Caranya bisa dengan memberikan sentuhan pewarna makanan. Bagaimana prosesnya?

Pertama Anda harus siapkan empat kuntum sundal malam yang dipotong hingga tangkainya. Lalu pada bagian tangkai belah dua hingga pangkalnya lalu sisihkan.

Kemudian buat larutan warna yang diinginkan dengan mencampur pewarna makanan satu botol, gula satu sendok makan, air satu liter, dan perasan jeruk nipis dari setengah buah jeruk tersebut aduk hingga tercampur sempurna.

Selanjutnya celupkan bunga ke dalam larutan tersebut hingga semua bagian terkena larutan. Diamkan hingga 90 menit sampai warna benar-benar meresap pada bunga.

Langkah terakhir adalah mengangkat bunga dari larutan dan keringkan hingga benar-benar kering. Baru potong sesuai kebutuhan dan tata di tempat yang diinginkan.

Mitos Seputar Bunga Sedap Malam

Mitos bunga sedap malam
© pixabay.com

Selain indah untuk dijadikan dekorasi, banyak orang memanfaatkan sundal malam karena percaya pada berbagai mitos, padahal kebenarannya belum bisa dipastikan. Berikut ini beberapa mitos yang masih dipercayai sebagian masyarakat.

1. Nyaman Dan Tenang

Anda mungkin pernah melihat pemakaman seseorang yang dihiasi oleh bunga sedap malam, hal itu biasanya dilakukan untuk memberikan aura ketenangan bagi keluarga yang ditinggalkan. Sebab mitosnya sundal malam punya energi gaib yang bisa menciptakan rasa nyaman dan tenang.

2. Penangkal Santet

Di dunia perdukunan nama sundal malam sangat dikenal, terutama untuk menangkal santet atau ilmu hitam. Dari informasi yang beredar disebutkan dengan menanamnya di halaman depan atau belakang rumah, maka santet tak akan berani memasuki rumah tersebut, alasannya karena bunga itu merupakan penangkal semua yang sifatnya tidak baik.

3. Tanda Adanya Makhluk Astral

Mitos kalau di malam hari Anda mencium bau bunga sundal malam, tandanya ada makhluk astral yang melintas atau sedang di dekat Anda. Padahal sebenarnya jika dikaji secara botani bau wangi bunga itu menandakan bahwa ia sedang berfotosintesis sehingga mengeluarkan aroma minyak atsiri alami yang semerbak.

4. Membawa Rezeki

Mitos selanjutnya yang juga banyak dipercaya adalah ketika Anda melihat bunga sedap malam mekar maka tandanya akan ada rezeki yang menghampiri. Apalagi jika melihat langsung proses bunga tersebut dari kuncup menjadi mekar sempurna.

5. Panjang Umur

Siapa yang menanam sundal malam di rumahnya, maka umurnya akan panjang. Mitos ini bagi sebagian orang sangat dipercaya, sebab konon katanya bunga ini dapat menghalau malaikat pencabut nyawa mendekat. Serta memberikan aura positif untuk hidup lebih lama dan selalu sehat.

6. Bisa Memanggil Makhluk Astral

Dalam dunia magic, mitos yang beredar menyebutkan kalau aroma bunga ini dapat memanggil roh orang yang sudah meninggal. Makanya banyak praktek paranormal menggunakannya sebagai media komunikasi dengan makhluk astral, walaupun secara real hal itu tidak bisa dibuktikan.

Mengetahui serba serbi tentang bunga sedap malam pastinya membuat Anda semakin mengaguminya. Walaupun ada aura mistis yang kadang masih dipercaya sebagian orang. Yang pasti, bunga ini memang sangat indah dan memiliki wangi luar biasa, jadi sangat tepat kalau akan dijadikan tanaman penghias di dalam atau luar rumah Anda.

Tinggalkan komentar