Jenis Pohon Cemara dan Manfaatnya

Siapa bilang pohon cemara hanya dikenal sebagai pohon untuk Natal saja, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari jenis pohon ini.

Tapi memang tak banyak yang mengetahuinya, karena tanaman dengan nama latin Casuarina equisetifolia jarang ditemui di Indonesia dan masuk kategori pohon mewah. Anda penasaran dengan manfaat hebatnya?

Sedikit berbagi sejarah, Casuarina berasal dari kawasan Amerika Selatan dan Samudra Pasifik yang kemudian menyebar hingga Australia dan Indonesia. Sedikit sulit membedakannya dengan pinus, tusam, atau fir.

Karena fisiologinya cenderung sama mulai dari tinggi hingga bentuk daun, jadi butuh ketelitian ekstra untuk memastikan apakah sebuah pohon itu masuk kategori cemara atau jenis lain.

Mengenal Morfologi Pohon Cemara

Yang membedakan cemara dengan pohon lain adalah bentuk pohon yang tinggi dan kerucut dengan maksimal ketinggian hingga 30 meter tergantung kondisi lingkungannya.

Pada umumnya daun memiliki bentuk ramping pada batang daun sementara ujung daun berbentuk runcing yang berfungsi meminimalisir penguapan saat udara panas.

Selanjutnya adalah bentuk kayu pada tanaman muda masih mulus tanpa retakan, dengan warna coklat bercampur hijau.

Sedangkan kayu pada pohon dewasa memiliki warna coklat gelap dan sudah banyak bagian retak pada sekujur pohon. Sedangkan buah, cemara ternyata tidak memiliki buah melainkan runjung yang dikenal dengan istilah pinecone.

Jenis Pohon Cemara dan Harganya

Pohon yang masuk kategori pinus ini memiliki lebih dari 70 jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia. Delapan diantaranya adalah yang paling banyak dicari dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia.

1. Cemara Perak

Pohon cemara perak
Gambar: pxhere.com

Warna perak pada bagian daunnya yang menjadi pembeda jenis ini dari yang lain. Sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Cemara perak ini berasal dari Himalaya dan Asia Tengah dan sering juga disebut dengan nama blue pine.

Anda dapat mendapatkan cemara ini di toko online dengan kisaran harga antara Rp30.000-Rp50.000.

2. Cemara Embun

Pohon cemara embun
Gambar: pixabay.com

Dapat tumbuh di ketinggian minimal 100 meter dari permukaan laut, pohon dengan daun yang mungil ini sangat bermanfaat untuk dijadikan tempat berteduh jika sudah berumur lima tahun ke atas. Karena sangat tahan terhadap angin kencang hingga kekeringan.

Cemara jenis ini harganya Rp15.000-Rp50.000.

3. Cemara Norfolk

Pohon Cemara Norfolk
Gambar: medium.com

Manfaatnya adalah untuk pembuatan kosmetik, karena mampu menghasilkan zat resin yang penting dalam pengolahan produk kecantikan wanita tersebut.

Pembudidayaannya merupakan yang terbanyak ketimbang jenis lain karena mudah dalam perawatan dan tidak gampang terkena hama. Jenis ini berasal dari Pulau Norfolk Samudra Pasifik.

Harga pohon cemara ini Rp30.000-Rp.60.000

4. Cemara Lilin

Pohon cemara lilin
Gambar: id.nic08.biz.id

Dikenal juga dengan nama drama tree karena kemampuannya membungkuk ketika terkena angin kencang.

Cemara lilin memiliki ciri khas pada warna daun yang hijau tua dan berbau wangi. Sering juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan penangkal abrasi di kawasan pantai.

Harga cemara lilin kisaran Rp100.000an.

5. Cemara Pua Pua

Merupakan jenis asli Papua dengan ciri khas daun seperti tanduk rusa. Pemanfaatannya adalah sebagai pohon natal dan tanaman hias. Akar juga bisa dipakai untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Harga cemara papua Rp20.000-Rp.50.000.

6. Cemara Laut

Paling sering ditemui di kawasan pesisir pantai yang merupakan habitat terbaiknya. Manfaat pohon cemara ini adalah untuk penangkal abrasi sekaligus penghilang stress bagi Anda yang sedang mengalaminya.

Harga cemara laut cukup murah, Anda bisa mendapatkan hanya dengan Rp10.000-Rp20.000 saja.

7. Cemara Kipas

Pohon cemara kipas
Gambar: bibittanamanunggul.com

Dipercaya sejumlah suku masyarakat sebagai obat mencret, kudis dan batuk, dengan cara membuat ramuan khusus menggunakan daun dan akarnya. Habitat cemara ini adalah hutan basah serta rawa. Pada pohon dewasa tingginya bisa mencapai 20 meter.

Harga cemara kipas antara Rp35.000-Rp.50.000.

8. Cemara Angin

Pohon cemara angin
Gambar: tukangtaman-pesonaalam.com

Sangat rentan layu jika tidak mendapat asupan air yang cukup. Memang jarang yang mau membudidayakan cemara angin tapi dari segi manfaat tetap ada yaitu bagian akar yang juga bisa dijadikan obat cacingan.

Harga cemara angin Rp30.00-Rp45.000.

Daftar harga pohon cemara yang tertera di atas merupakan harga bibit alias pohon yang belum jadi, jika Anda membutuhkan pohon yang sudah jadi harganya bisa mahal hingga jutaan rupiah.

10 Manfaat Pohon Cemara

Dari akar hingga buahnya memiliki manfaat bagi manusia, karena tanaman ini memiliki komposisi yang cukup sempurna. mulai dari vitamin, mineral hingga zat-zat esensial yang dibutuhkan baik untuk tubuh manusia maupun untuk industri.

1. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C, bioflavonoid dan flavanidl yang terdapat di dalam daun dan buahnya menjadikan cemara sebagai bagian penting untuk mencerahkan kulit.

Ekstrak cemara sering dipakai untuk berbagai kosmetik pemutih kulit. Secara alami pun dengan menggunakan daun cemara bisa langsung terasa khasiatnya.

2. Penghilang Stres

Saat Anda sedang stress cobalah untuk berteduh di bawah pohon cemara, zat rileks yang dikeluarkan oleh pohon ini dapat meredakan stress dan membuat tubuh menjadi jauh lebih santai.

3. Penyubur Tanah

Daun pohon yang sudah layu dan dan jatuh ketanah menjadi humus merupakan pupuk alami yang dapat menyuburkan tanah. Tak jarang petani mencari humus dari daun cemara untuk membudidayakan berbagai tanaman.

4. Bumbu Masakan

Bukan daun atau akarnya, tapi bagian kambium dari cemara bisa dijadikan tambahan bumbu pada berbagai masakan.

Mungkin bagi sebagian orang terdengar aneh tapi bagi masyarakat di kawasan dataran tinggi tempat cemara tumbuh sudah sangat familiar dengan bumbu kambium tersebut. Aromanya yang khas menambah kenikmatan masakan.

5. Obat Batuk Dan Sesak

Ekstrak cemara dipakai untuk membuat minyak yang bermanfaat bagi pengobatan batuk hingga radang paru-paru. Minyak tersebut diteteskan ke dalam air panas untuk dihirup uapnya.

Kesegaran dari uap yang mengandung zat penting itulah yang penting untuk kesehatan.

6. Mencegah Abrasi

Akarnya yang sangat kuat dan daunnya yang rimbun menjadikan pohon cemara sebagai alternatif mencegah abrasi di kawasan pantai, terutama di kawasan yang rawan tsunami.

Ketika ombak besar datang, pohon ini menjadi tameng utama sebelum mencapai kawasan penduduk, sehingga kekuatan air bisa jadi berkurang.

7. Membantu Petani

Di kawasan pertanian sangat rentan gagal panen jika terjadi angin kencang atau puting beliung. Dengan ditanamnya cemara di sekitar kawasan pertanian bisa menjadi penangkal angin kencang tersebut.

8. Hiasan

Runjung dan daun dari pohon cemara sering digunakan untuk berbagai jenis hiasan. Contohnya saja runjung cemara yang dikeringkan kemudian di cat dengan berbagai warna akan menjadi karya seni yang menyempurnakan estetika sebuah ruangan.

Begitu juga dengan daun yang bisa dijadikan daun kering untuk hiasan bertema vintage.

9. Obat Cacing

Bagian yang bisa dijadikan obat untuk cacingan adalah akarnya, cukup dengan merebus akar cemara kemudian air rebusan disaring dan diminum secara rutin.

Pengobatan tradisional ini sudah terbukti khasiatnya secara turun temurun.

10. Obat Otot

Bagi penderita nyeri otot dan sendi, minyak olahan cemara bisa jadi solusi. Karena kandungan zat anti radang yang dimilikinya mampu membantu kinerja otot kembali normal.

Cukup oleskan minyak tersebut pada bagian otot yang mengalami nyeri.

Kalau selama ini Anda mengenal pohon cemara sebagai pohon untuk hiasan natal, setelah mengetahui informasi tentang manfaat di atas setidaknya Anda jadi tahu bahwa tanaman asal Amerika tersebut sangat berguna bagi kehidupan.

Tak salah untuk memiliki dan membudidayakannya di rumah sebagai bagian dari upaya menjaga eksistensi tanaman mewah ini di Indonesia.

Tinggalkan komentar