Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Berbeda dengan kunyit umumnya yang berwarna kuning, tumbuhan ini tidak digunakan untuk memasak melainkan pengobatan tradisional. Manfaat kunyit putih diyakini dapat mengobati berbagai jenis penyakit karena sifatnya sebagai anti alergi, analgesik, anti inflamasi, dan anti racun.

Kunyit putih atau Curcuma Zedoaria dimanfaatkan untuk pengobatan dengan mengolah akar daunnya serta ekstraknya. Tak hanya Indonesia, negara seperti India, Tiongkok, Jepang, Nepal, dan Sri Lanka juga menggunakannya sebagai obat herbal. Kunyit putih telah digunakan sebagai obat gangguan menstruasi, kanker, dan dispepsia.

Rimpang kunyit putih lebih mirip dengan kencur daripada kunyit kuning. Bentuknya berupa bulir kecil dan tampak bersurai bagian luarnya. Meski begitu, kandungan senyawa dalam kunyit putih lebih dekat dengan kunyit kuning. Jika direbus, kunyit putih akan menghasilkan lendir yang menyebabkan air rebusan menjadi kental.

Kunyit putih mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin. Serta mineral seperti fosfor, kalsium, dan kalium. Dalam lendirnya terkandung antilipid peroksida.

Khasiat kunyit putih telah diteliti oleh American Institute of Cancer, yang menyatakan bahwa rimpang ini ampuh mencegah kerusakan DNA yang menjadi penyebab kanker. Kandungan Riboisme Inactivation Protein pada kunyit putih dapat melawan sel kanker dan menghambat perkembangannya.

Sementara itu, penelitian dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga menyatakan bahwa kunyit putih dapat meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, masuk angin, mual, maag, dan diare.

Manfaat Kunyit Putih untuk Mengobati Wasir

Kunyit putih mengandung curcumin yang merupakan zat anti inflamasi atau peradangan. Selain itu, kunyit putih di perkaya dengan ribosom inacting protein yang mampu menonaktifkan sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

Di dalamnya juga terdapat zat antilipid peroksida yang merupakan senyawa alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, asam urat, dan mengobati diabetes. Ditambah dengan flavonoid dan saponin untuk meningkatkan sistem imun.

Dengan senyawa yang ada padanya, kunyit putih efektif mengatasi wasir atau ambeien. Wasir atau yang dikenal dengan hemoroid merupakan pembengkakan berisi pembuluh darah yang membesar di dalam rektum atau anus.

Wasir yang masih pada tahap ringan biasanya tidak menunjukkan gejala. Sementara yang sudah pada tahap cukup berat, akan menunjukkanberbagai gejala.Dimulai dari pembengkakan, nyeri dan kemerahan di sekitar anus, pendarahan atau lendir setelah buang air besar, hingga benjolan di luar anus serta gatal-gatal.

Memanfaatkan kunyit putih untuk mengobati ambeien dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut:

1. Menggunakan Campuran Kunyit Putih dengan Minyak Zaitun

Ramuan untuk mengatasi wasir dapat dibuat dengan mencampurkan kunyit putih dan minyak zaitun. Panaskan satu sendok makan minyak zaitun dengan parutan kunyit putih dengan wajan. Lalu oleskan pada bagian anus yang membengkak. Lakukan langkah ini 3 kali sehari agar peradangan cepat mereda.

Untuk mencegah benjolan wasir keluar ketika buang air besar, Anda dapat mengoleskan ramuan 5 menit sebelum ke kamar kecil. Tindakan ini dapat mempermudah buang air besar bagi penderita wasir.

2. Membuat Ramuan Kunyit Putih dengan Lidah Buaya

Untuk mengatasi wasir, Anda pun dapat mencampurkan kunyit putih dengan isi lidah buaya. Caranya, campurkan 1/2 sendok teh kunyit putih parut dengan 1 sendok makan isi lidah buaya. Oleskan pada anus sebelum tidur untuk menyembuhkan peradangan.

3. Menggunakan Ramuan Kunyit Putih dan Minyak Samin

Mengatasi wasir dengan kunyit putih dan minyak samin, caranya hampir sama dengan minyak zaitun. Parutan kunyit putih dicampurkan dengan minyak samin, kemudian dipanaskan. Oleskan pada anus setelah buang air besar. Setelah 2 atau 3 jam, dibersihkan dan ulangi pada hari berikutnya hingga wasir hilang.

Manfaat Kunyit Putih untuk Atasi Masalah Kewanitaan

Untuk mengatasi masalah kewanitaan, manfaat kunyit putih sangat luar biasa. Dengan mengonsumsi kunyit putih, Anda akan terhindar dari keputihan, nyeri haid, dan siklus haid yang tidak lancar. Kunyit putih juga berkhasiat membersihkan darah dan memulihkan organ reproduksi setelah melahirkan.

Bagi ibu menyusui, kunyit putih dapat memperlancar keluarnya ASI. Akan tetapi, kunyit putih tidak dianjurkan bagi wanita hamil, karena senyawa di dalamnya dapat membahayakan janin dan menyebabkan keguguran.

Khasiat Kunyit Putih Untuk Wajah

1. Mengurangi Keriput

Anda cukup membuat masker dengan kombinasi tepung beras, susu mentah, dan tomat. Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut dengan bubuk kunyit putih.

Lalu pakailah masker tersebut sekitar 30 menit dan bersihkan menggunakan air hangat.

2. Mampu Menghilangkan Jerawat

Caranya yaitu mirip seperti di atas yaitu dengan membuat masker, siapkan bubuk cendana dan kunyit putih lalu campurkan bubuk tersebut dengan perasan air lemon. Oleskan pada wajah, biarkan 10 menit dan bilas.

3. Menghilankan Sel Kulit Mati

Caranya bubuk kunyit putih campurkan dengan tepung besan (kacang arab). Gunakan airnya sebagai scrub untuk membersihkan tubuh Anda.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Jika kulit Anda berminyak maka kunyit putih sangat tepat untuk dipilih, sebab kunyit putih mampu mengatur produksi zat berminyak yang dihasilkan dari produksi Sebaceous atau biasa dikenal dengan istilah Sebum.

Nah untuk mendapatkan hasil optimal campurkan bubuk minyak kayu putih bersama air tawar.

5. Memutihkan Kulit

Campurkan susu yougurt dan bubuk kunyit putih lalu dibuat masker untuk tubuh yang ingin Anda putihkan.

Berbagai Manfaat Kunyit Putih yang Lain

Selain mengobati wasir, kunyit putih juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi keputihan, kista atau miom, asam urat, dan menambah kesuburan. Di samping itu, juga membantu menyembuhkan asam lambung, batu empedu, dan sesak nafas serta menambah nafsu makan.

Khasiat kunyit putih lainnya yaitu mengobati diabetes mellitus karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan lemak darah. Kunyit putih juga memiliki sifat analgesik yang mampu menghilangkan rasa sakit.

Ekstrak kunyit putih berfungsi menghambat aktivitas jamur dalam tubuh manusia. Ekstrak tersebut dapat mengurangi jumlah mikroba pada mulut, setara dengan produk obat kumur yang ada di pasaran. Sementara itu, kunyit putih dalam bentuk tepung dapat mengurangi asam lambung sehingga mampu mengobati tukak.

Bagi kulit, kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi kudis dan eksim. Selain dapat menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat dan flek hitam, menangkal radikal bebas, dan menghambat proses penuaan dini.

Karena sifatnya sebagai anti inflamasi, kunyit putih dapat menyembuhkan luka bakar. Kunyit putih juga dapat merangsang produksi sel darah merah dan menghentikan pendarahan.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit putih, parut dan peras airnya untuk diminum. Bisa juga dengan merebus potongan kunyit putih dan meminum airnya secara teratur. Melihat begitu banyak manfaat di dalamnya, tidak ada salahnya menanam kunyit putih di sekitar rumah sebagai pelengkap apotek hidup Anda.

Leave a Reply