Mengungkap Manfaat dan Cara Mengolah Beras Ketan

Siapa tak kenal dengan beras ketan, salah satu jenis beras yang teksturnya lebih lengket dari beras biasa, dan kebanyakan dipakai untuk membuat kue atau cemilan.

Di Indonesia beras jenis ini bisa ditemukan di berbagai daerah, karena penanaman yang tergolong mudah dan harga jualnya murah. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya beras ini punya segudang manfaat? Mau tau apa saja manfaatnya?

Ada dua jenis beras kategori ketan, yaitu yang berwarna hitam dan putih. Keduanya memiliki kandungan hampir sama, baik itu vitamin, mineral, protein dan sejumlah enzim penting untuk menunjang metabolisme tubuh manusia. Tak salah jika manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan, kecantikan, hingga untuk ibu hamil dan menyusui.

Manfaat Beras Ketan Untuk Kesehatan

Manfaat beras ketan untuk kesehatan memang terbukti dan sudah melalui proses pengujian oleh ahli. Diantaranya untuk mencegah radang tiroid, menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung, menjaga sistem pencernaan, memperbaiki hati, mencegah anemia.

1. Mencegah Radang Tiroid

Jenis beras ini mengandung zat Selenium 9,7 mg yang berfungsi untuk menjaga kestabilan hormon tiroid. Makanya orang yang rajin mengkonsumsi beras jenis ini memiliki resiko lebih kecil untuk terkena radang kelenjar tiroid.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang punya masalah berat badan berlebih, bisa menjadikannya sebagai salah satu menu diet. Karena kandungan vitamin B6 di dalamnya membantu pembentukan serotonin yang penting untuk mengatur nafsu makan.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan mineral dalam beras ketan dapat membantu kinerja jantung selalu normal. Baik aliran darah dari dan menuju jantung, maupun kondisi salah satu organ vital manusia itu sendiri. Biasanya bagi yang punya riwayat keturunan sakit jantung disarankan melakukan diet serat, dan beras ini merupakan salah satu yang bisa menjadi menu diet tersebut.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Dalam 100 gramnya terdapat kandungan serat 1,7 gram, yang sangat penting untuk membantu agar proses pencernaan berjalan lancar. Karena serat berfungsi membersihkan lambung dan usus serta menjaga kestabilan enzim kedua organ tersebut. Dengan mengkonsumsi produk olahannya dengan rutin, masalah sembelit, diare hingga masalah usus akan teratasi alami.

5. Memperbaiki Masalah Hati

Sebagai organ yang berfungsi menyaring racun, hati sangat rentan mengalami kerusakan, terutama jika pola hidup Anda tidak sehat. Jika hati sudah rusak, akan butuh asupan khusus agar kerusakannya tidak bertambah parah. Beras dengan kandungan mineral, enzim dan vitamin lengkap dapat membantu meminimalisir kerusakan hati dengan membentuk sel-sel baru.

6. Mencegah Anemia

Zat besi di dalam beras ini membantu pembentukan sel darah merah. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah kurang darah dapat mengkonsumsinya secara rutin, agar semakin banyak trombosit baru muncul untuk mengembalikan kondisi darah menjadi normal.

Manfaat Beras Ketan Untuk Kecantikan

Di dunia kecantikan, sejumlah treatment memanfaatkan beras yang berwarna putih susu ini sebagai bahan baku. Karena memiliki manfaat signifikan untuk membuat seseorang tampil lebih cantik. Mulai dari manfaat mencegah keriput dan semua penyebab penuaan, karena kandungan Vitamin E dan C cukup tinggi dapat meregenerasi kulit lebih cepat.

Selanjutnya adalah membuat kulit tampak lebih putih bersinar, karena di dalam 100 gram beras ketan terdapat zat yang membantu meregenerasi sel dengan lebih cepat, sehingga kemungkinan kulit kusam jadi berkurang. Di China, beras ketan sudah terbukti membuat para wanita tampil lebih putih tanpa harus ke salon.

Untuk kesehatan rambut, beras ini juga bermanfaat terutama bagi yang memiliki rambut rusak, rontok, dan bercabang. Sebab beras asli Indonesia ini mengandung zat yang membuat rambut untuk tumbuh lebih kuat. Dengan menggunakannya sebagai masker rambut, dapat membantu mengurangi masalah rambut tersebut.

Cara Mengolah Beras Ketan

Kue olahan dari beras ketan

Pengolahan yang benar dari beras ketan tentu akan menghasilkan produk makanan yang berkualitas dan enak. Maka diperlukan teknik yang tepat, agar beras masak sempurna dan siap disajikan sebagai menu utama atau cemilan. Lantas bagaimana cara mengolahnya yang tepat?

1. Untuk dijadikan Nasi Lemak

Pengolahan yang benar adalah dengan memastikan beras ketan memiliki kualitas yang bagus. Terlihat dari butirannya yang putih bersih dan masing-masing butiran masih utuh atau tidak patah-patah. Kemudian cuci bersih rendam dalam air suhu ruangan 30 menit. Kemudian masak setengah matang dengan dicampur air secukupnya.

Selanjutnya adalah mengukus nasi lemak setengah matang di dalam dandang, hingga nasi benar-benar empuk, gurih, dan mengenyangkan. Jangan lupa tambahkan garam agar rasa nasi semakin enak.

2. Untuk Dijadikan Bahan Baku Camilan

Hampir sama dengan pengolahan nasi lemak, proses pertama adalah memastikan kualitas beras, lalu cuci bersih hingga semua kotoran hilang. Setelah itu beras sudah bisa diolah, tapi jangan lupa untuk memastikan takaran beras tepat, karena masing-masing resep camilan punya takarannya masing-masing.

3. Untuk Dijadikan Masker

Sama dengan proses pembuatan masker beras biasa, caranya dengan mencuci bersih beras menggunakan air mengalir. Lalu saring air cucian dalam mangkuk yang bersih. Langkah selanjutnya adalah menunggu hingga saripati beras mengendap. Jika endapan sudah banyak, Anda bisa menggunakan endapan tersebut sebagai masker alami untuk wajah.

4. Untuk Dijadikan tepung

Kalau Anda mau menjadikan beras ketan sebagai tepung maka cara pengolahannya adalah dengan menggiling halus beras secara manual atau menggunakan blender. Kemudian ayak hingga gumpalan besar tersisih. Setelah itu bubuk beras bisa dijemur hingga benar-benar kering dan tepungpun siap untuk digunakan.

Resep Terbaik Dari Beras Ketan

Resep lemper ketan

Dari banyaknya resep masakan berbahan ketan. Satu diantaranya merupakan yang paling digemari, yaitu lemper. Apa saja bahan dan cara membuatnya?

Bahan yang dibutuhkan adalah 0,5 kg beras ketan yang sudah dicuci bersih, satu bungkus santan dicampur air 400 ml. Daun serai dua buah yang sudah digeprek, dua lembar daun salam, garam dan gula secukupnya, 0,5 kg ayam kukus disuwir, lima suing bawang putih, 4 butir kemiri, 7 siung bawang merah, daun jeruk dan ketumbar bubuk secukupnya, serta daun pisang untuk membungkus.

Cara membuatnya yaitu dengan merebus beras bersama air santan sampai setengah matang, lalu kukus hingga matang sempurna. Untuk isian, ayam suir diberi bumbu berupa bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kemiri yang sudah dihaluskan, uleni hingga tercampur rata. Jangan lupa beri irisan daun jeruk. Selanjutnya tumis ayam hingga matang dan wangi.

Langkah terakhir adalah mengambil nasi lemak yang sudah matang, bentuk persegi lalu isi bagian dalamnya dengan tumisan ayam dan tutup kembali. Jangan lupa membungkusnya dengan daun pisang. Dan lemper pun siap untuk dimakan hangat-hangat.

Semoga informasi seputar beras ketan di atas bisa memberi tambahan pengetahuan bagi Anda para penggemar makanan dari olahan beras tersebut. Karena ternyata selain enak dikonsumsi, manfaat yang terkandung di dalamnya juga sangat banyak dan pastinya membuat tubuh sehat dan para wanita tampil lebih cantik.

Tinggalkan komentar