Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk Nipis – Siapa yang menyangka jika buah dengan bentuk mungil dan rasanya masam memiliki segudang manfaat? Bahkan manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan saja lho! Anda juga bisa menjaga kecantikan dengan menggunakan buah ini. Yap, jeruk nipis lah buah yang dimaksud. Si kecil berwarna hijau ini mengandung berbagai zat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat jeruk nipis tidak terbatas hanya pada kesehatan organ penting di tubuh saja. Ternyata jeruk nipis juga bisa membuat kesehatan rambut Anda lebih terjaga. Mengapa manfaat jeruk nipis bisa begitu banyak? Nah, jawabannya ada pada kandungan zat-zat di dalamnya.

Salah satu kandungan yang paling berpengaruh pada jeruk nipis adalah vitamin C. Jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, jeruk nipis merupakan yang paling kaya vitamin C. Manfaatnya bagi kekebalan tubuh tentu sudah sangat familiar.

Tak hanya itu, dalam jeruk nipis juga terkandung vitamin B yang meliputi vitamin B1, B2, B3 dan B5. Ada juga serat, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, kalium dan juga gula.

Sedangkan rasa masam pada jeruk nipis didapat dari kandungan asam sitrat di dalamnya. Setelah tahu kandungannya, apakah Anda penasaran dengan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan? Untuk mengetahui detailnya, simak terus informasi dalam artikel ini ya.

Segudang Manfaat Jeruk Nipis

Berikut adalah 17 khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

1. Meningkatkan Imunitas

Sistem imun dalam tubuh sangat penting untuk dimiliki. Sebab, sistem imun ibarat benteng yang menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Sebagai sumber vitamin C alami, jeruk nipis mampu meningkatkan sistem imun.

Seperti yang telah banyak diketahui, kandungan antioksidannya mampu menjaga tubuh selalu bugar. Nah, mengonsumsi perasan jeruk nipis akan membuat Anda lebih sulit terserang penyakit.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat jeruk nipis untuk menurunkan kadar kolesterol berhubungan dengan zat flavonoid yang dikandungnya. zat tersebut berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Terlebih molekul tak stabil yang merusak sel tubuh yang sehat.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis tersebut lakukan cara berikut ini:

  • Potonglah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya
  • Tambahkan segelas air yang hangat lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis tersebut
  • Aduk rata, lalu minum selagi hangat dua kali sehari, pagi dan malam hari

3. Membantu Kinerja Otak Lebih Optimal

Jika Anda mengalami masalah kesulitan fokus mungkin segelas jus jeruk nipis akan membantu. Kandungan potassium dan magnesium yang tinggi akan membantu sistem otak bekerja lebih optimal. Selain itu, manfaat jeruk nipis juga bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi sehingga Anda bisa lebih fokus karena energi terpenuhi kembali.

4. Melancarkan Sistem Diuretic

Meminum segelas perasan jeruk nipis hangat di pagi hari secara rutin akan membantu Anda buang air kecil lebih lancar. Sistem diuretic akan kembali berfungsi dengan normal dengan kandungan zat detoksifikasi dalam jeruk nipis. Zat tersebut akan mengeluarkan racun dari hati Anda.

5. Jeruk Nipis Untuk Mengurangi Stress

Stress bisa berasal dari kelelahan yang Anda alami dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga membantu Anda memulihkan energi dan rasa lelah pun tersingkirkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengurangi stress yang berlebihan.

6. Menyehatkan Organ Ginjal

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat mencegah pengikatan mineral lain oleh kalsium. Dengan begitu, organ ginjal Anda akan lebih sehat. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari penyakit batu ginjal.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk membantu agar program diet Anda berhasil, maka lakukan cara berikut ini:

  • Siapkan teh, boleh teh celup ataupun teh biasa
  • Seduh teh dengan air hangat
  • Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam seduhan teh
  • Minumlah secara rutin pagi dan malam hari.

Teh jeruk nipis tersebut akan membantu metabolisme sehingga lebih lancar. Selain itu, jeruk nipis juga memperlancar metabolisme lemak. Antioksidannya dalam teh juga akan membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, Anda juga harus melakukan serangkaian olahraga dan menjaga pola makan agar diet dapat berhasil.

8. Mengobati Sakit Gigi

Kalau ada lagu dengan lirik “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” pastinya sang pencipta belum pernah merasakan betapa menyiksanya sakit gigi itu. Apalagi jika disertai dengan gusi yang bengkak.

Namun tak perlu khawatir, ada cara alami yang ampuh untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan jeruk nipis. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur.

Zat anti bakteri dalam jeruk nipis dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Nah, lebih baik lagi jika Anda selalu menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari sakit gigi.

9. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Memutihkan Gigi

Memiliki gigi yang putih tentu akan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Selain dapat membuat penampilan lebih menarik, gigi yang putih juga mengindikasikan bahwa kesehatan mulut Anda terjaga dengan baik.

Cara yang mudah dan alami untuk membuat gigi lebih putih adalah menggunakan jeruk nipis. Campurkan satu sendok makan jeruk nipis dengan sejumput garam. Campur hingga terbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi.

10. Meredakan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang umum diderita oleh masyarakat di era millennial. Hal ini disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Seperti terlalu pedas dan berminyak.

Salah satu obat herbal untuk meredakan gejala radang tenggorokan adalah menggunakan jeruk nipis. Khasiat jeruk nipis untuk meredakan radang tenggorokan bisa didapatkan dengan cara mencampur perasan jeruk nipis dengan madu.

11. Mengurangi Bau Badan

Bau badan yang berasal dari keringat di ketiak akan mudah dibasmi dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis dalam mengurangi bau badan hampir sama seperti pemakaian deodorant. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikannya pada ketiak sehabis mandi.

12. Jeruk Nipis Untuk Wajah

Selanjutnya yaitu manfaat jeruk nipis untuk wajah. Menggunakan produk kecantikan yang beredar di pasaran untuk mencerahkan wajah seringkali menimbulkan efek samping. Bahkan ada juga produk pencerah kulit yang justru membuat kulit wajah menjadi rusak.

Untuk itu, penggunaan bahan alami untuk mencerahkan kulit dirasa lebih aman. salah satu bahan yang bisa digunakan adalah jeruk nipis. Caranya adalah dengan mengoleskan perasan jeruk nipis pada wajah.

Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Jika Anda rutin melakukan perawatan tersebut, pastinya tone kulit akan naik beberapa tingkat dibanding sebelumnya.

13. Mengencangkan Kulit, Mengobati Jerawat, Menyamarkan Bekas Jerawat dan Menghilangkan Komedo

Berbagai masalah kulit wajah bisa diatasi dengan mudah menggunakan jeruk nipis. Kandungan anti bakteri pada jeruk nipis dapat mengobati jerawat. Manfaat jeruk nipis untuk wajah juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan mudah.

14. Menebalkan Rambut dan Menghilangkan Ketombe

Pertumbuhan akar rambut bisa didorong dengan kandungan zat dalam jeruk nipis. Sehingga masalah kebotakan dapat teratasi. Manfaat jeruk nipis untuk rambut yang lain adalah dapat menghilangkan ketombe membandel. Oleskan perasan jeruk nipis pada kulit kepala untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut.

Sudah tahu manfaat jeruk nipis untuk menjaga kesehatan dan kecantikan? Nah, mulai sekarang beralihlah ke bahan alam agar Anda semakin sehat dan cantik tanpa efek samping dan kantong kebobolan. Mudah, murah, dan pastinya lebih aman.

Leave a Reply