Pohon Damar

Pernahkah kamu melihat pohon damar. Jika sebagian dari kalian membayangkan pohon ini ada di hutan atau area perkebunan yang luas mungkin ada benarnya juga.

Namun tahukah kamu bahwa pohon ini juga bisa hidup di pekarangan. Budidayanya cukup mudah, hanya modal halaman yang sempit dan kegigihan dapat sukses membudidayakan tanaman damar.

Lalu apa manfaat dari pohon damar? Selain sebagai penghijauan, pohon ini juga bermanfaat bagi dunia industri. Apa sajakah itu, simak ulasan berikut.

1. Pembibitan dan Penanaman Pohon Damar

Gambar pohon damar
© WikiPedia

Semua pohon, bahkan pohon yang dalam ukuran besarpun semua bermula dari biji-biji kecil yang masih rentang dengan dunia luar. Begitu juga dengan kayu ini.

Biji pohon yang digunakan untuk budidaya bukan bibit sembarangan melainkan bibit pohon yang telah berusia tua dan melalui uji inspeksi dalam bentuk apapun sehingga dapat dikatakan sebagai bibit tua yang sempurna.

  1. Agar dapat menghasilkan pohon yang bagus dan kokoh, ketika proses penanaman harus dilakukan pada tanah yang subur serta diberikan pupuk yang berkualitas. Anda dapat membuat pupuk ini secara mandiri atau home made dengan memanfaatkan kompos serta beberapa campuran pupuk yang ditaruh di polibag.
  2. Waktu yang tepat untuk proses penanaman adalah ketika musim hujan, karena kebutuhan air untuk tanaman ini cukup banyak agar bisa hidup dengan baik.
  3. Pohon yang masih belia akan membutuhkan ruang untuk bernaung yang bisa didapat dari tumbuhan lainnya. Contohnya pohon akasia yang dapat anda manfaatkan untuk melindungi bibit selama kurang lebih satu tahun.
  4. Selalu bersihkan area sekitar pohon dari hama gulma yang dapat menyerang dan tumbuh kapan saja. Memang diperlukan ketelatenan untuk melakukan perawatan. Pastikan juga bahwa tanaman tidak diserang oleh hama codot dan jenis hama lainnya.
  5. Jika pohon sudah mulai tumbuh menjadi pohon yang kokoh dan kuat, anda tidak perlu lagi terlalu banyak memberikan pupuk. Pohon yang sudah mulai besar dapat anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

2. Lokasi yang Tepat untuk Menanam Pohon Damar

pohon damar
© WikiWand.com

Walaupun sebenarnya pohon ini dapat tumbuh dimana saja dan kapan saja, namun untuk mendapatkan hasil terbaik ada beberapa lokasi yang tepat untuk dijadikan tempat budidaya pohon ini. Sebelum anda melakukan penanaman perlu untuk memilah lokasi yang akan gunakan serta mempertimbangkan beberapa faktor yang ada disekitarnya.

  1. Pilihlah tempat dengan curah hujan yang tinggi. Dengan curah hujan yang tinggi maka kebutuhan akan air juga akan terpenuhi, karena pada saat awal penanaman pohon ini akan memerlukan banyak air.
  2. Tanah yang subur dan juga gembur. Hal ini tentunya berkaitan dengan unsur hara yang terkandung dalam tanah sehingga membantu bibit pohon untuk tumbuh subur dengan baik dan menghasilkan pohon yang sesuai dengan harapan anda.
  3. Ketinggian tanah tempat pohon ditanam. Pohon ini akan memiliki pertumbuhan yang baik dan subur jika anda budidayakan pada lokasi yang mempunyai ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan air laut.

3. Manfaat dan Kegunaan Pohon Damar

Daun pohon damar
© WikiWand.com

Damar atau bahasa latinnya adalah Agathis dammara merupakan salah satu tanaman yang dikenal sebagai tanaman khas Indonesia dan telah dibudidayakan hingga ke Filipina.

Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk diambil getahnya. Pohon ini mempunyai batang yang tinggi menjulang hingga sekitar empat puluh meter, dan batangnya lurus memajang berwarna abu-abu.

Pohon damar termasuk pohon yang berdaun tunggal dan bentuknya saling berhadapan. Ciri-cirinya berbentuk lonjong dan tebal dengan bunga majemuk serta menyirip. Damar memiliki banyak fungsi, bukan hanya kayu dan getahnya namun daunya juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pohon damar asli besar banget
© Khoahoc.tv

Beberapa manfaat yang dapat diambil antara lain:

1. Bahan Pewarna Alami

Getah damar ini dapat diambil dan dimanfaatkan sebagai zat pewarna dalam dunia industri. Biasanya pewarna yang dihasilkan adalah untuk warna kuning dan putih.

Keunggulan dari pewarna ini adalah merupakan pewarna dari bahan alami sehingga jarang memberikan efek negatif bagi bangunan dan dapat membantu memperkokoh bangunan.

2. Pembuatan Cat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa cat adalah pewarna dinding agar terlihat cerah dan hidup. Getah damar ini mempunyai fungsi sebagai bahan baku pembuatan cat yang banyak dijual di pasar atau toko penjual cat.

3. Pembuatan Kopal

Kopal adalah sejenis hiasan seperti berlian yang biasnya dibuat untuk pajangan dan penghias ruang tamu. Kopal ini bahkan telah diekspor ke luar negeri karena harganya yang cukup tinggi.

4. Pembuatan Tinta

Fungsi dari getah pohon damar lainnya adalah sebagai bahan pembuatan tinta, seperti tinta spidol atau tinta pena.

Tinta yang terbuat dari getah damar ini banyak dimanfaatkan dalam bidang industri dibandingkan dengan tinta lainnya karena lebih awet dan lebih bagus kualitasnya.

5. Bahan Baku Kosmetik

Apakah Anda suka berbagai macam kosmetik! Tahukah Anda jika beberapa macam kosmetik yang Anda gunakan berasal dari getah damar. Selain sebagai bahan baku dalam bidang industri, getah damar ini juga dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan kosmetik.

Tentu saja kosmetik ini adalah kosmetik alami sehingga dapat menekan biaya bahan baku bagi produsen.

6. Bahan Membuat Korek Api

Bagi Anda yang sering merokok pasti tidak lepas dari korek api. Tahukah Anda jika korek api yang kerap Anda gunakan itu terbuat dari getah damar. Beberapa industri korek api tidak hanya menggunakan batang pohon sebagai bahan baku pembuatan korek api, namun juga getahnya.

Korek api ini berfungsi sebagai penghasil alami api untuk berbagai keperluan.

7. Bahan Pembuatan Plastik

Plastik yang Anda gunakan ternyata juga terbuat dari getah tanaman damar. Walaupun plastik merupakan salah satu sampah yang sulit untuk diurai namun masih banyak yang menggunakan plastik sebagai tempat untuk membawa barang dalam jumlah banyak.

8. Bahan Pembuatan Lilin

Lilin yang anda gunakan untuk penerangan ketika listrik mati ternyata juga dibuat dengan bahan baku getah damar. Getah yang telah dikumpulkan akan dicampur dengan beberapa bahan lainnya untuk dijadikan lilin.

9. Sarana Penghijauan

Kota-kota besar yang memiliki tingkat polusi tinggi dapat memanfaatkan pohon ini sebagai tumbuhan penghijauan dan sebagai penyerap polusi sehingga dapat menghasilkan udara bersih dan segar.

10. Obat untuk Penderita Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang berhubungan dengan ingatan. Jika Anda atau kerabat ada yang menderita penyakit ini maka disarankan untuk mencoba getah damar, karena sifatnya yang dapat memperbaiki kerusakan ingatan pada penderita penyakit tersebut.

Pohon damar yang mempunyai segudang manfaat ini banyak tumbuh subur di tanah Indonesia. Iklim tropis yang ada membuat tanaman ini dapat hidup dengan baik dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik di bidang industri maupun bidang lainnya.

Bagi Anda yang ingin budidaya tanaman ini juga tidak begitu sulit karena sifatnya yang dapat tumbuh dengan mudah di berbagai tempat.

About Me

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus curae malesuada dignissim lacus convallis massa mauris.

2 thoughts on “Pohon Damar”

Leave a Comment