Ubi Cilembu

Siapa sih yang tidak mengenal ubi Cilembu. Saking banyaknya penjual yang menjajakan dagangan ubi ini di berbagai kios bahkan di pinggir jalan, membuatnya dikenal oleh banyak orang.

Ubi Cilembu terkenal dengan rasa manis seperti madu, Anda dapat mengolahnya dengan cara di oven atau dibakar. Namun ubi ini tidak cocok jika dimasak dengan cara digoreng atau direbus karena kandungan madunya akan berkurang dan hilang cita rasa aslinya.

Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan

Ubi cilembu asli
©merdeka.com

Disamping rasa manis yang dihasilkan oleh ubi ini, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi Ubi Cilembu. Manfaat yang bisa Anda rasakan terutama untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Ubi Cilembu Antara lain:

1. Merupakan Sumber Energi

Memiliki kandungan lemak, karbohidrat, lemak, dan protein yang dapat membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan energi harian.

2. Dapat Menghangatkan Tubuh

Ubi yang diolah dengan cara dibakar atau dioven, akan sangat nikmat jika dinikmati saat kondisi hangat karena dapat membantu A  nda untuk menghangatkan tubuh terutama ketika malam hari yang dingin.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ubi madu mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan Anda. Vitamin C berperan penting sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam mengoptimalkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat penting lainnya dari Ubi Cilembu adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya mampu membantu untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit sehingga kulit Anda akan terlihat lebih sehat.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kandungan vitamin C, ubi ini juga memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu kesehatan organ mata.

Fakta Unik Ubi Cilembu

Gambar ubi madu / cilembu
©kompasiana.com

Tahukah Anda ternyata si manis ini mempunyai beberapa fakta unik. Ubi yang juga disebut sebagai ubi madu ini merupakan kultivar ubi jalar yang masuk dalam kategori ras lokal yang berasal dari Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat.

Ubi ini sudah di kenal sejak tahun 1990. Fakta uniknya adalah mempunyai rasa yang manis alami seperti manis madu yang tidak dimiliki oleh ubi lainnya.

1. Merupakan Kekayaan Alam Indonesia

Ubi dari Cilembu ini adalah sejenis ubi jalar yang termasuk dalam ras lokal yang hanya ada di Indonesia saja. Keunikan dari ubi ini dapat Anda temukan pada tekstur, rasa, dan manfaatnya.

Tidak heran jika ubi ini banyak digemari oleh orang-orang. Kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah dan memiliki banyak sumber daya alama yang beraneka ragam.

Salah satu kekayaan alamnya adalah ubi madu. Walaupun bagi sebagian orang menganggap ubi ini hanya sebagai makanan tradisional, namun Anda perlu berbangga diri karena ubi
madu tidak dapat ditemukan di negara lain.

Rasanya yang unik dan teksturnya yang lembut membuat ubi ini tidak ada tandingannya dengan ubi yang lainnya.

2. Rasa Manis Seperti Madu

Banyak yang menamakan Ubi Cilembu dengan Ubi Madu, tentu ada alasanya. Rasa manis yang dihasilkan dari ubi ini karena adanya kandungan cairan seperti madu yang ada di dalam ubi tersebut.

Hal ini tentu menjadi keunikan tersendiri dari ubi ini, cairan seperti madu ini tidak akan Anda temukan di ubi lainnya.

Rasa manis alami, tekstur ubi yang lembut, serta aroma yang harum merupakan ciri khas dari ubi madu dan menjadi keunggulannya.

Mungkin ada yang bertanya kenapa hanya ubi ini yang mempunyai cairan seperti madu, karena ubi madu ditanam dengan komposisi tanah dengan unsur hara yang unik sehingga akan memunculkan manis khas cairan madu.

3. Hanya Akan Mempunyai Rasa Manis Jika Ditanam di Tanah Sumedang

Yang membuat ubi ini benar-benar unik adalah hanya akan terasa manis seperti madu jika di tanam hanya di tanah Sumedang, khususnya di Kecamatan Pamulihan Desa Cilembu.

Selain di tanah itu, dijamin ubi ini tidak akan mengeluarkan rasa manis madunya. Walaupun muncul rasa manis, tapi tidak bisa semanis yang dari Desa Cilmebu.

Kenapa hal itu bisa terjadi, keunikan ini dikarenakan dengan keberlimpahan dan juga keanekaragaman bakteri dalam tanah Desa Cilembu sehingga mampu menghasilkan ubi madu dengan rasa yang yang unik yaitu manis alami seperti madu.

4. Kaya Akan Nutrisi

Selain rasa manis yang berbeda dengan jenis ubi lainnya, ternyata ubi madu mempunyai banyak kelebihan lainnya. Ubi Cilembu ini kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan dan daya tubuh Anda.

Ubi ini juga rendah kalori, tinggi serat, dan cocok dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet karena dapat menekan nafsu makan.

Selain itu ubi ini walaupun mengandung rasa yang manis namun mempunyai kadar gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Ubi ini juga mempunyai beberapa vitamin yang sangat bagus untuk tubuh, antara lain :

  • Vitamin A dan betakaroten untuk mencegah kanker mulut dan paru-paru
  • Vitamin C untuk kesehatan dan kecerahan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Vitamin B6 yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan juga memperlancar peredaran
    darah.
  • Betakaroten juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dikenal mampu menangkal radikal
    bebas. Hasilnya Anda akan terbebas dari penuaan dini dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.
  • Mineral potasium di dalamnya juga mampu mencegah serta meredakan stres agar tubuh Anda
    sehat sepanjang hari.

5. Cara Memasak yang Khas

Seperti yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum bahwa ubi ini memiliki cara untuk memasaknya yang khas dan berbeda dengan jenis ubi lainnya.

Ubi madu ini kan terasa nikmat dan manis maksimal jika Anda memasaknya dengan cara di oven, dibakar, ataupun dipanggang. Cita rasa ubi yang legit dan unik akan membuat Anda ketagihan dengan ubi ini.

Jika beberapa ubi lainnya dapat Anda masak dengan cara digoreng atau direbus, maka berbeda dengan ubi madu ini. Jika Anda menggoreng atau merebusnya maka rasnya justru menjadi tidak nikmat.

Kadar gula yang tinggi akan membuat ubi ini cepat gosong jika digoreng dan akan mengurangi cita rasa khasnya apabila direbus.

6. Cocok untuk Hidangan Kelas Internasional

Dengan memiliki cita rasa yang unik dan khas Indonesia, ubi madu ini cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu hidangan internasional. Rasa manis alami serta tekstur lembut seperti tanpa ada serat membuat ubi madu ini bisa diolah menjadi bentuk modern seperti cake, dessert, selai roti, dan berbagai olahan lainnya.

Tanaman asli Indonesia ini mampu membuat lidah para penggemarnya merasa ketagihan untuk selalu menikmati hidangan ini. Ubi Cilembu ini memang menjadi primadona dari jenis ubi yang ada, selain bisa menaikkan nama hidangan ubi, juga cara menikmatinya yang sederhana, hanya perlu di oven atau dipanggang saja Anda sudah dapat menikmati ubi manis yang lembut.

Bagikan:

Leave a Comment