Kegunaan dan Manfaat Buah Sukun

Siapa tak kenal buah sukun, buah yang dari luar mirip nangka namun bagian dalamnya tak berbiji dengan daging buahnya yang empuk. Buah bernama latin Artocarpus altilis memang banyak dicari oleh masyarakat, bukan saja karena kelezatannya setelah diolah, tapi juga karena sejuta manfaat yang dimilikinya.

Buah dari family Moraceae ini berasal dari kawasan Oceania yang terbentang dari Indonesia bagian Timur hingga Amerika. Saat ini pembudidayaannya sudah dilakukan di 145 negara, baik yang beriklim tropis maupun yang memiliki 5 musim setiap tahunnya. Di Indonesia, buah ini diperkenalkan sekitar abad ke-17 dan terus berkembang hingga saat ini.

Kenapa Buah Sukun Digemari Masyarakat?

Buah sukun segar
Sumber: femaleradio.co.id

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat sangat suka dengan buah yang juga dikenal dengan sebutan Kalawi atau Bakara tersebut.

  1. Karena pengolahan sukun sangat mudah. Bahkan di Eropa disebut dengan nama breadfruit karena keempukannya yang sempurna apalagi setelah dipanggang menjadi roti.
  2. Karena dalam proses budidaya juga sangat mudah. Cara yang sering digunakan adalah cangkok, dengan lama waktu pencangkokan hanya berkisar 2 bulan sebelum dipindahkan ke media lain untuk berkembang sebagai pohon mandiri.
  3. Karena banyak penganan yang bisa diciptakan dari buah sukun mulai dari kripik, tepung, hingga minyak yang sangat berkhasiat.
  4. Masih mudah dicari dimana saja. Karena masyarakat masih menjadikannya salah satu tanaman penting yang menghasilkan, sehingga di berbagai daerah tanaman sukun masih ada.

Bagian Pohon Sukun Mempunyai Banyak Fungsi

Pohon sukun
Sumber: daleysfruit.com.au

Siapa bilang sukun hanya berguna bagian buahnya saja. Jika dilihat dari pengalaman masyarakat semua komponen yang ada pada tanaman sukun memiliki fungsinya masing-masing yang sangat membantu manusia lho. Apa saja kegunaannya itu?

1. Kayu

Jangan remehkan kayu sukun, walaupun terbilang kecil dan ringan, tapi cukup kokoh untuk membuat berbagai furniture rumah tangga. Contohnya saja meja, kursi tamu, lemari hias untuk ruang tamu, lemari pakaian hingga lemari dapur banyak menggunakan pohon sukun. Soal ketahanannya juga tak perlu diragukan lagi.

Cara pemanfaatannya adalah dengan memangkas kayu sukun yang sudah tua, lalu diamkan beberapa hari agar kekuatan kayu maksimal. Setelah itu baru bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Untuk hasil lebih maksimal bisa dipoles dengan pernis berkualitas agar mebel dari kayu sukun lebih indah dan membuat ruangan tampak lebih sempurna.

2. Daun

Bagi peternak unggas, kambing, domba, sapi, ataupun kerbau pasti sangat familiar dengan daun sukun. Karena hewan ternak sangat suka dengan daun sukun, makanya sering dijadikan pakan ternak dengan dicampur air dan beberapa vitamin. Mungkin Anda bisa coba mendatangi peternakan di kawasan tempat tinggal, pasti di sekitarnya tumbuh banyak pohon sukun untuk dimanfaatkan daunnya oleh para peternak.

3. Getah

Getah dari pohon sukun digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari bahan baku pembuatan permen karet, lem pada kayu untuk membuatan kapal serta untuk menjerat burung di lahan persawahan agar tidak mengganggu pertumbuhan padi atau jagung. Getah sukun terkenal sangat kuat jadi wajar jika banyak yang memanfaatkannya.

Untuk aplikasi sebagai lem, cukup lukai bagian batangnya dan tamping getah sukun sesuai kebutuhan. Lalu diamkan beberapa saat hingga mengental, setelah itu lem sukun bisa digunakan. Yang perlu diingat gunakan pelindung tangan agar getahnya tidak lengket, sebab proses membersihkannya terbilang sulit.

4. Buah

Mengkonsumsi buah sukun apalagi setelah digoreng memang sangat enak dan gurih. Karena rasa manis alaminya tidak membuat eneg. Selain itu daging buahnya juga sering diolah menjadi tepung untuk membuat roti dan berbagai penganan lainnya. Biasanya tepung sukun dipadukan dengan tepung terigu atau tepung roti untuk hasil makanan yang lebih empuk dan lezat.

Sukun goreng bisa dibuat dengan mengupas buah ini sampai bersih, lalu potong sesuai selera, kemudian rendam dalam air garam selama 10 menit dan goreng dengan minyak panas. Hasilnya sangat gurih dan bikin kenyang. Untuk dijadikan roti Anda bisa memblender buah sukun hingga halus lalu campurkan dengan tepung terigu dan ragi, tunggu hingga kembang dan panggang.

Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah sukun
Sumber: foodnavigator-latam.com

Selain fungsinya yang sangat hebat mulai dari kayu hingga daging buah, manfaat mengkonsumsi buah sukun juga memberi efek positif bagi tubuh diantaranya untuk mengatasi susah tidur, menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah, mengontrol gula darah, menjaga kesehatan rambut dan menjaga daya tahan tubuh.

1. Susah Tidur

Anda mengalami masalah susah tidur? Sukun bisa jadi solusinya. Cukup dengan makan olahan berbahan dasar sukun seperti gorengan beberapa jam sebelum tidur, akan membuat tidur lebih nyenyak dan pulas. Karena kandungan mineral dan enzimnya mampu membuat tubuh rileks sehingga tidur bisa jadi lebih mudah.

2. Kolesterol

Buat yang punya masalah dengan kadar kolesterol tinggi, mengkonsumsi sukun sangat disarankan. Karena mampu menurunkan kolesterol dan menjaga kadar kolesterol dalam darah menjadi stabil. Sebab kandungan sejumlah vitamin dan mineralnya membantu penyerapan kolesterol dan membuang lemak jenuh dalam tubuh dengan sempurna.

3. Tekanan Darah

Penderita tekanan darah tinggi maupun rendah membutuhkan asupan gizi untuk menstabilkan tekanan darah tersebut. Dengan mengkonsumsi sukun yang dijadikan jus bersama beberapa buah lainnya bisa menjadi solusi. Konsumsi rutin hingga tekanan darah kembali normal, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan dan pikiran agar tetap sehat.

4. Gula Darah

Gula darah tinggi dapat membahayakan kesehatan. Seringkali penderita gula darah beralih pada gula yang terbuat dari jagung dan tidak mengandung glukosa tinggi. Buah sukun juga memiliki kadar glukosa rendah dan bisa jadi pengganti gula jagung yang selama ini dikonsumsi.

5. Kesehatan Rambut

Kandungan omega di dalam buah sukun menjadi alasan mengapa ia bisa membuat rambut jadi sehat dan terhindar dari berbagai masalah baik itu ketombe, rambut rontok, atau rambut kering akibat sering melakukan treatment secara berlebihan.

6. Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitaminnya yang super lengkap membuat sukun jadi salah satu alternatif untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena dengan asupan vitamin yang lengkap, tubuh akan mampu menangkal berbagai biang penyakit secara alami. Konsumsi saja buah sukun yang telah diolah secara higienis sebagai sarapan atau menu cemilan rutin Anda.

7. Membuat kulit awet muda

Anda pastinya ingin memiliki kulit awet muda, selain menggunakan masker dari bahan alami, mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga kelembaban kulit seperti buah sukun juga sangat dianjurkan.

Sudah puas dengan penjelasan seputar buah sukun di atas? Pastinya banyak ilmu yang didapatkan terutama bagaimana pentingnya buah yang satu ini dalam kehidupan. Bukan saja sebagai bahan makanan tapi dapat membantu banyak aktivitas sehari-hari. Sekarang saatnya Anda beli buah sukun di pasar terdekat, olah dan konsumsi secara rutin agar manfaat hebatnya juga dirasakan.

Tinggalkan komentar