Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Daun binahong merupakan tanaman herbal yang sangat ampuh mengatasi segala penyakit. Tidak perlu diragukan lagi, daun binahong memiliki khasiat yang sangat banyak. Daun binahong juga bisa dikonsumsi dengan mudah karena bisa diolah sebagai bahan sayuran sehari-hari.

Di Indonesia daun binahong memang belum sepopuler daun kelor yang kaya akan manfaat. Bahkan banyak juga yang masih belum mengetahui tentang manfaat daun binahong ini. Misalnya khasiat utama daun binahong yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kronis.

Kandungan Daun Binahong yang Bermanfaat untuk Kesehatan

khasiat daun binahong
foto: khasiatdaun.com

Daun binahong atau dalam bahasa latinnya disebut Andredera cordifoliamerupakan tumbuhan merambar dari keluarga Basellaceae yang biasanya dengan mudah tumbuh liar. Tumbuhan binahong sendiri memiliki bentuk daun yang hampir mirip seperti daun suruh. Memiliki panjang daun 16 cm dengan lebar sekitar 13 cm.

Meskipun begitu, tumbuhan yang lebih dikenal dengan tumbuhan liar ini, nyatanya mempunyai beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan anda. Beberapa manfaat daun binahong yang bisa anda manfaatkan:

Kandungan Antioksidan

Kandungan pertama yang terdapat didalam daun binahong yaitu kandungan antioksidannya. Salah satu kandungan ini berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang cenderung menyebabkan karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

Kandungan Zat alkaloid

Manfaat daun binahong selanjutnya yaitu daun ini memiliki kandungan zat alkalodi yang bersifat hipoglikemik. Zat inilah yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah dalam tubuh.

Kandungan Saponin

Selain kedua kandungan di atas, daun binahong juga memiliki kandungan yang berfungsi menurunkan kolestrol pada tubuh. Senyawa tersebut yaitu senyawa saponin. Tidak hanya untuk menurunkan kolestrol saja.

Namun kandungan senyawa saponin juga bisa membantu menurunkan kadar kolestrol didalam tubuh anda. Hal itulah yang akhirnya membuat daun binahong menjadi obat yang sangat tepat jika digunakan untuk mengatasi penyakit jantung.

Senyawa saponin sendiri memiliki sifat anti eksudatif dan sifat anti inflamatori. Dan biasanya cenderung akan menimbulkan rasa pahit jika dikonsumsi.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

daun binahong untuk kesehatan
foto: bacadulu.news

Meskipun memiliki khasiat yang belum terlalu populer, namun daun binahong sebenarnya merupakan daun yang sejak lama telah digunakan sebagai pengobatan tradisional. Salah satu negara yang telah memanfaatkan daun binahong ini yaitu negara cina.

Di wilayah kita bahkan seluruh bagian tanaman binahong telah digunakan sebagai pengobatan, termasuk bagian umbi dan juga batang tanaman binahong.

Seiring perkembangan zaman, kini anda pun sudah bisa menemukan tanaman binahong ini di Indonesia. Bahkan sekarang, negara Indonesia juga telah menggunakan daun binahong sebagai salah satu pengobatan tradisional. Adapun beberapa khasiat daun binahong untuk kesehatan tubuh berikut, wajib anda ketahui:

Daun Binahong untuk Pencernaan

Terkadang, orang memang cenderung kurang memperhatikan apa yang mereka konsumsi didalam tubuhnya, baik dari segi makanan ataupun minuman. Tidak hanya itu, kebiasaan kecil seperti menunda-nunda sarapan juga terkadang sering dilakukan.

Akibatnya, gangguan kesehatan seperti sistem pencernaan, bahkan sampai penyakit yang lebih parah seperti terganggunya fungsi usus bisa saja menyerang anda.

Oleh karenanya, sebelum itu terjadi, anda bisa mengkonsumsi daun binahong ini sebagai tameng pencegahan pertama. Misalnya dengan membuatnya menjadi sebuah jamu atau dengan cara merebus daun binahong untuk kemudian meminum air rebusannya.

Mengatasi Kram Ketika Menstruasi

Kram saat datang bulan memang selau menjadi masalah yang setiap bulan harus dihadapi oleh sebagian wanita. Karena itulah, tidak heran banyak dari wanita yang akhirnya mengatasinya dengan meminum obat menstruasi untuk meredakannya. Namun disadari atau tidak, jika diteruskan tentu kebiasaan ini akan berakibat buruk pada tubuh anda.

Oleh karena itu, bagi anda yang cenderung mengalami kram perut saat menstruasi setiap bulannya. Mencari alternatif lain seperti mengganti obat instan dengan obat herbal seperti daun binahong bisa menjadi salah satu obat herbal tepat yang bisa anda coba.

Cara membuatnya sendiri yaitu anda bisa merebus daun binahong sebanyak 3 lembar dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tersisa 1 gelas. Dan selanjutnya, anda bisa meminum rebusan tersebut satu hari sebanyak dua kali.

Fungsi Daun Binahong Sebagai Antiseptik Alami

Manfaat daun binahong lainnya yaitu asam arkobat dan minyak atsiri. Karena hanya dengan mengoleskan tumbuhan daun binahong pada tubuh yang luka. Kedua senyawa ini bisa membuat luka anda terobati. Hal tersebut disebabkan karena daun binahong bisa berperan sebagai antiseptik alami.

Mengatasi Penyakit Ambien

Tidak hanya memiliki manfaat di atas, daun binahong juga bisa menjadi salah satu pengobatan herbal tepat bagi penderita wasir atau ambeien. Cara memanfaatkan daun binahong ini pun tidak jauh berbeda dengan cara yang telah dibahas sebelumnya. Yaitu dengan cara merebus daun binahong hingga masak, selanjutnya meminum rebusan tersebut.

Mengobati Asam Urat

Anda juga bisa mengambil manfaat daun binahongsebagai obat herbal penyakit asam urat. Salah satu penyakit yang diakibatkan karena ginjal tidak mampu mengelola zat purin yang dihasilkan tubuh secara berlebihan ini, memang sering menjadikan anda kurang nyaman.

Karena biasanya asam urat akan mengakibatkan tulang dan sendi anda terasa nyeri, bengkak, bahkan sampai meradang. Beberapa akibat itulah yang akhirnya membuat sebagian dari anda merasa takut. Namun tidak usah khawati, karena anda bisa memanfaatkan daun binahong ini sebagai obat asam urat alami.

Kandungan zat kimia seperti alkaloid, oleanotik, minyak atsiri, polifenil, dan saponin yang terdapat dalam daun binahong inilah yang akhirnya sukses membantu mengusir penyakit asam urat didalam tubuh anda.

Manfaat Daun Binahong untuk Jantung

Penyebab munculnya masalah para organ jantung yakni karena kolesterol dalam tubuh yang tidak terkendali. Itulah mengapa seseorang yang telah didiagnosa menginap penyakit jantung disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minum yang mengandung kadar kolesterol tinggi.

Penggunaan daun binahong ini lebih kepada tindakan pencegahan sebelum jantung benar-benar terganggu. Mengkonsumsi ramuan daun binahong secara rutin dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Bagi anda yang tidak mengidap penyakit jantung, mengkonsumsi daun binahong adalah sebuah antisipasi atau pencegahan. Sedangkan bagi anda yang mengalami gangguan pada organ jantung, mengkonsumsi daun binahong dapat dijadikan sebagai obat herbal yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol.

Khasiat Daun Binahong untuk Jerawat

Barangkali ini merupakan salah satu masalah yang juga sering terjadi. Tidak hanya untuk wanita tetapi juga untuk para pria juga. Anda juga mungkin telah banyak mencoba skincare atau ramuan alami untuk mengatasi masalah jerawat ini. Namun, tentu saja jerawat yang merupakan salah satu masalah wajah yang cukup membandel ini, tidak begitu saja teratasi.

Namun tidak lagi, karena anda bisa mengatasi masalah jerawat tersebut dengan cara memanfaatkan daun binahong ini. Manfaat daun binahong ini bisa anda rasakan dengan cara menumbuknya hingga halus, kemudian mengoleskannya pada wajah yang berjerawat.

Agar lebih terlihat hasilnya, anda bisa melakukan terapi daun binahong ini secara rutin untuk kecantikan maksimal anda. Karena nyatanya, selain bermanfaat untuk kesehatan, daun binahong juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Tips dan Cara Mengkomsusi Daun Binahong untuk Obat

Meski secara umum, cara mengolah daun binahong untuk obat mempunyai kesamaan, namun berikut ini tips yang bisa anda coba supaya lebih rileks dalam mengkonsumsinya :

  • Ambil dan cucilah beberapa helai daun dengan bersih
  • Kemudian seduh daun binahong seperti saat menyeduh teh
  • Apabila menginginkan rasa manis, anda bisa menambahkan madu sebagai pengganti gula
  • Untuk menetralisir rasa daun binahong, anda bisa meminum satu sendok madu setelah selesai mengkonsumsi seduhan daun binahong
  • Untuk merasakan manfaat daun binahong, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari
  • Minum secara berjeda, jangan meminum 2–3 gelas dalam waktu yang sama

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk merasakan manfaat daun binahong sebagai pengobatah alternatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya efek buruk dari daun binahong.

Misalnya usahakan untuk tidak mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Tidak hanya itu, daun binahong juga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga wanita menyusui.

Efek Samping Daun Binahong Sebagai Obat Herbal

Hal itu disebabkan karena, pada masalah tertentu, daun binahong ini bisa menimbulkan efek samping seperti kepala terasa pusing, rasa gelisah, emosi tidak stabil, mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, sakit kepala, kesemutan, kesulitan buang air kecil, perut terasa mual, muntah, detak jantung berdebar, dan efek buruk yang lainnya.

Oleh karena itulah, untuk mencegah kemungkinan buruk itu, anda bisa datang ke dokter untuk melakukan konsultasi sebelum menggunakan daun binahong sebagai obat herbal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: