Manfaat Daun Bidara

Bidara¹ merupakan tanaman yang sering ada di Indonesia dan banyak dijumpai oleh masyarakat biasanya di gunakan dalam bidang pengobatan secara alami. Ciri-ciri tumbuhan ini mempunyai tinggi 5 sampai 16 meter. Baik itu ranting dan cabangnya berjumlah lumayan banyak dengan jenis daun hijau dan memiliki duri.

Buah dari tanaman ini juga tergolong dari semak belukar yang banyak mengandung manfaat, khususnya dalam menunjang kesehatan tubuh. Untuk itu kami akan membahas seputar manfaat yang masyarakat Indonesia gunakan dalam bidang kesehatan dan lainnya, untuk itu simak artikel berikut ini.

Inilah berbagai manfaat daun bidara terlengkapmemiliki banyak khasiat bagi tubuh

Mempercepat Penyembuhan Luka

Penggunaan ramuan daun bidara sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka akibat terjatuh, tergores, hingga terbakar.Daun herbal ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka sehingga menjadi lebih cepat kering karena mengandung senyawa anti inflamasi atau peradangan.

Untuk mengatasinya, gunakan daun bidara kering yang telah dicuci bersih. Setelah itu, tumbuh sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air hangat sehingga memiliki tekstur seperti pasta. Gunakan ini dengan dioleskan pada luka di kulit dan diamkan selama beberapa waktu.

Merawat Kulit Kering

Kulit yang kering sering kali membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri. Selain itu, masalah ini juga dapat menimbulkan kusam dan kesan tidak terawat pada kulit. Untuk mengatasi masalah tersebut, masker daun bidara menjadi solusi terbaik dan sangat direkomendasikan oleh para ahli.

Untuk membuatnya pun tergolong mudah. Pertama, tumbuk daun bidara segar yang telah dicuci bersih.Setelah itu hampurkan hasil tumbukan dengan perasan jeruk lemon atau madu untuk hasil yang lebih optimal. Aplikasikan penuh kulit dan diamkan selama beberapa waktu, kemudian bilas dengan air bersih. Lihatlahperbedaannya setelah tiga hingga empat kali penggunaan.

Mengatasi Masalah Kecantikan

Manfaat daun Bidara selain mampu merawat kulit kering, masker daun bidara biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, seperti munculnya jerawat hingga efek-efek penuaan dini seperti lingkar hitam pada mata dan keriput.

Anda dapat mengaplikasikannya langsung pada wajah. Setelah didiamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas wajah menggunakan air bersih.Gunakan masker ini dua kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh

Daun ini dikenal kaya akan manfaat dalam menunjang kesehatan tubuh.Hal tersebut disebabkan kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Manfaat daun Bidaratidak hanya dalam mengatasi kecantikan dan kesehatan kulit saja, berbagai permasalahan kesehatan dan penyakit pun dapat diatasi oleh pengonsumsian daun herbal ini, seperti yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun Bidaradaun bidara ternyata mampu meningkatkan jumlah porsi makan.Karena daun herbal ini kaya akan serat pangan sehingga memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.Dapat juga Anda konsumsi dengan cara merebus daun, saat ini sudah tersedia ekstrak daun bidara dalam bentuk kapsul.

Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun bidara memiliki efek yang baik.  Distribusi oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi lebih baik sehingga konsumen tidak mudah lelah. Selain konsumen pun juga terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti gangguan jantung hingga stroke.

Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat daun Bidaradaun bidara dipercaya memiliki khasiat dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan demikian, konsumen pun dapat terhindar dari penyakit diabetes yang mematikan dengan mengonsumsi ekstrak daun bidara secara rutin.

Mencegah Kanker dan Tumor

Kandungan antioksidan dalam daun bidara sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, khususnya dalam menangkal berbagai radikal bebas. Senyawa ini memiliki yang sangat buruk bagi tubuh karena dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

Haid atau proses menstruasi yang tidak lancar menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Padahal, proses haid sendiri merupakan kunci kesehatan tubuh wanita, khususnya ketika ingin memiliki momongan.Maka dari itulah, pengonsumsian daun Bidara secara rutin akan memperbaiki siklus menstruasi yang tidak lancar.

Mengatasi Gejala Depresi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ethnopharmacology edisi tahun 2001, ekstrak daun bidara dapat memberikan efek relaksasi ketika dikonsumsi.Itulah hal yang dapat mengatasi gejala depresi yang terkandung di dalam daun tersebut.

Biasanya, daun bidara dihidangkan sebagai teh sehingga kenikmatannya dapat langsung dirasakan.Jangan mengonsumsi secara berlebihan. Untuk mendapatkan hasil yang seimbang maka harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat.

Itulah berbagai macam manfaat daun Bidara terbesar yang dapat Anda gunakan di kehidupan sehari-hari, selain mudah di dapatkan, cara mengolah menjadi ramuan juga sangat mudah, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: