Pakis Haji

Tanaman pakis haji selain mempunyai fungsi sebagai peneduh juga berfungsi untuk menghasilkan oksigen bagi manusia. Beberapa tanaman memiliki bentuk yang menarik dan memiliki nilai seni sehingga sering berfungsi sebagai tanaman hias.

Salah satu tanaman yang sering digunakan menjadi tanaman hias adalah tanaman pakis haji. Keunikan pakis haji yaitu pada bijinya yang dapat menjulang keatas dengan warna yang unik.

Klasifikasi dan Morfologi

Pakis haji kerap kali dikenal dengan nama sikas merupakan tanaman yang masuk dalam jenis tanaman dengan biji yang terbuka. Pakis haji memiliki bentuk menyerupai pohon palem namun sebenarnya sangat jauh kerabatnya.

Kemiripan antara pakis haji dan pohon palem dapat terlihat dari susunan pada bagian daun yang berpasang-pasangan. Tanaman pakis haji memiliki dua rumah (Dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina.

Serbuk sari yang dihasilkan dari tumbuhan jantan tumbuh dari ujung besar dari ujung batang. Sedangkan alat tumbuh untuk tanaman betina tumbuh dari sela-sela ketiak daun. Walaupun tanaman ini disebut pakis namun tanaman ini tidak termasuk ke dalam tumbuhan berspora seperti pakis.

Kingdom : Plantae
Divisi : Cycadophyta
Kelas : Cycadopsida
Ordo : Cycadales
Family : Cycadaceae Persoon
Genus : Cycas L.

Beberapa morfologi yang menjadi ciri fisik pakis haji adalah sebagai berikut:

1. Mirip Palem

Tanaman ini dikenal memiliki bentuk seperti tanaman palem. Namun dari keluarga maupun species berbeda dengan tanaman palem.

2. Usia Tahunan

Tanaman pakis haji dapat tumbuh atau hidup selama berpuluh-puluh tahun.

3. Berbentuk Seperti Pohon

Pakis haji memiliki bentuk seperti pohon namun dengan bentuk lebih pendek dan rendah tidak terlalu tinggi.

4. Ketinggian

Tanaman dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 4 meter. Ukuran yang tidak terlalu tinggi untuk jenis pohon.

5. Akar

Tanaman pakis haji memiliki akar dengan jenis akar tunggang atau radix primaria.

6. Batang

Batang tanaman pakis haji diameter 30cm dengan bentuk tegak lurus. Pola percabangan pada cabang yaitu monopodial.

7. Daun

Bentuk daun pakis haji menyirip seperti keris atau dikenal dengan nama paripinnatus. Pucuk daun yang masih muda menggulung sehingga penampakannya seperti daun paku. Anak daunnya bercabang hingga ke pucuk.

8. Bunga

Bunga berbentuk seperti keris yang memiliki banyak lekuk yang terdiri dari megasprofil. Bunga ini masuk ke dalam kategori megasprofil.

9. Biji

Biji pakis haji bentuknya menyerupai palem yaitu bulat-bulat. Bentuk mikrosprofil menyirip dengan calon biji dua hingga lima buah pada permukaan carpelum.

Jenis-Jenis Pakis Haji

Pakis haji memiliki jenis dan species yang sangat banyak seperti Cycas aculeta, Cycas angulata, Cycas annaikalensis, Cycas apoa, Cycas arenicola, dan sebagainya. Salah satu jenis dari pakis haji yang paling langka adalah Cycas javana.

Cycas javana masuk ke status keterancaman tertinggi, satu spesies pakis haji lain masuk ke status vulnerable, sedangkan lima lainnya menyandang status Near threatened.

Budidaya dan Perawatan

Setting Lokasi

Paksi haji selama pertumbuhannya memerlukan cahaya matahari dari hasil pembayangan lingkungan agar tidak terlalu terpapar cahaya matahari langsung. Untuk itu hendaknya tanaman pakis apabila diletakkan di sebelah jendela arahkan ke utara karena arah timur ataupun barat akan menyebabkan tanaman terpapar cahaya matahari langsung. Lebih baik lagi apabila tanaman diletakkan agak jauh dari jendela agar menghindari dari paparan cahaya langsung.

Pembibitan

Untuk mendapatkan bibit yang baik saat kita membeli bibit harus kita pastikan bahwa kita memilih bibit yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu kita dapat mendapatkan bibit hasil sendiri dengan cara stek, pengambilan anakan, ataupun penanaman biji.

Media Tanam

Tanaman pakis haji dapat ditanam di dalam ruangan untuk itu berikut beberapa cara untuk penanaman pakis haji seperti penyiapan wadah dan media tanam sebagai berikut:

a. Menyiapkan wadah berupa polybag ataupun pot dengan ukuran sedang maupun besar.
b. Menyiapkan media tanam yang berupa pasir, kompos, dan tanah humus dengan dosis masing-masing (1:1:1).
c. Memasukan media tanam ke dalam wadah yang telah dipersiapkan.
d. Isilah hingga mencapai ¾ dari wadah tersebut.
e. Pastikan wadah yang digunakan memiliki drainase dengan baik.

Penanaman Bibit

Setelah melakukan penyiapan media tanam dengan baik tahapan selanjutnya yaitu penanaman bibit.

Berikut merupakan beberapa tahapan:

a. Tahap awal pastikan tempat menanam harus bersih, steril, dan memiliki drainase yang baik.
b. Media tanam yang sudah terisi sebanyak 3/4 buatlah lubang sedalam sekitar 5cm.
c. Masukan bibit ke dalam lubang tanam lalu jangan lupa untuk menutup menggunakan media tanam kembali.
d. Letakan di tempat yang kering bebas genangan air dan teduh.
e. Tunggu hingga sekitar 2-3 minggu dimana tunas mulai tumbuh.

Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan pakis haji merupakan tanaman dengan tingkat pemeliharaan yang mudah sehingga tidak terlalu merepotkan. Kita hanya perlu mengontrol jumlah air yang diberikan saat musim penghujan agar tidak melebihi dosis. Sedangkan saat musim kemarau kita harus memastikan agar tanaman tidak mengalami kekeringan atau kekurangan air. Jika tanaman sudah mulai tinggi kita perlu melakukan pemangkasan agar tanaman lebih rapi.

Pemupukan

Proses pemupukan dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam periode waktu satu tahun. Pemupukan digunakan untuk tetap menjaga suplai nutrisi tanaman tetap terpenuhi dan cukup. Selain itu pembersihan tanaman dari hama dan penyakit perlu selalu kita lakukan agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Manfaat Bagi Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias pakis haji juga berfungsi untuk menjaga tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat pakis haji bagi kesehatan:

1. Mengobati Sakit Perut

Tanaman pakis haji diketahui memiliki kandungan obat pencahar yang digunakan untuk mengatasi permasalahan bakteri atau virus dalam tubuh yang dapat dibuang melalui sistem pembuangan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan utama dalam pakis haji adalah vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu konsumsi pakis haji sangat dianjurkan untuk kesehatan mata.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Pakis haji mengandung vitamin lainnya yaitu vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan vitamin yang berperan untuk mencerahkan kulit kita. Sehingga kita mengkonsumsi pakis haji kulit kita akan lebih cerah dan terawat.
Selain beberapa manfaat diatas pakis haji juga bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan lainnya seperti:

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
5. Meningkatkan Kecerdasan Otak
6. Menyembuhkan Luka Akibat Gigitan
7. Mengobati Batuk dan Pilek
8. Mencegah Radikal Bebas
9. Mencegah Kanker
10. Melancarkan Sistem Pencernaan
11. Mengobati Penyakit kulit
12. Menjaga Kesehatan Gigi
13. Menjaga Kesehatan Tulang
14. Memutihkan Kulit
15. Mengobati Hepatitis
16. Mengobati Amandel
17. Mengobati Tekanan Darah Tinggi
18. Mengobati Penyakit Seperti Diabetes
19. Mengobati Reumatik
20. Menjaga Kestabilan Pendarahan atau Saat Menstruasi

Memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan menjadi aspek utama untuk kita membudidayakan tanaman ini.

Pakis haji bisa kita tanam untuk menjadi tanaman hjau atau tanaman hias di pekarangan atau sekitar tempat tinggal karena budidaya pakis haji mudah dan tanaman tidak gampang mati atau dapat hidup selama berpuluh-puluh tahun.

Sangat menguntungkan bukan? Selain mempercantik rumah sekaligus mendapat khasiat dari tanaman kita juga membantu menjaga kondisi lingkungan dengan membudidayakan tanaman hijau.

Tinggalkan komentar