Pisang Barangan

Indonesia adalah negara tropis di mana banyak sekali tanaman buah-buahan yang tumbuh di dalamnya. Salah satunya adalah buah pisang.

Ada banyak sekali jenis buah pisang yang dapat Anda temui di pasaran, seperti pisang barangan ini yang bertebaran di pasar dan mudah didapatkan. Aneka olahan dari pisang juga membuat buah ini semakin banyak peminatnya.

Pisang barangan ini selain enak diolah menjadi kudapan, juga ternyata memiliki segudang manfaat yang perlu untuk diketahui.

1. Kandungan Buah Pisang Barangan

Pisang barangan

Sumber: Bukalapak.com

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang kandungan di dalam pisang barangan yang sering Anda jumpai di pasar. Tentunya kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan vitamin dan zat lainnya antara lain:

• Vitamin B

Merupakan vitamin yang mempunyai peran dalam proses metabolisme sel dalam tubuh. Vitamin B ini memiliki banyak komponen yang saling terkait.

• Vitamin C

Vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena sakit atau membuat Anda lekas sembuh ketika dalam masa pemulihan

• Zat Besi

Mempunyai peran penting untuk meningkatkan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Mengonsumsi pisang barangan secara teratur sangat baik untuk kesehatan tubuh.

• Kalsium

Kalsium adalah zat yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Zat ini terdapat pada pisang sebear 5 mg untuk tiap buahnya sehingga sangat baik untuk Anda konsumsi setiap hari.

• Asam Folat

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa asam folat adalah zat yang sangat penting dan dibutuhkan terutama ketika Anda sedang hamil. Kegunaan zat ini adalah untuk merangsang perkembangan otak janin.

• Karbohidrat

Selain kandungan vitamin dan zat lainnya yang baik untuk tubuh Anda, pisang ini juga mengandung karbohidrat yang mempunyai fungsi sebagai sumber energy dalam tubuh.

• Serat

Kandungan serat dalam buah ini mampu melancarkan sistem pencernaan, sehingga lebih sehat. Mampu mengatasi sembelit yang membuat Anda tidak nyaman dan sakit.

2. Manfaat Pisang Barangan

manfaat pisang barangan

Sumber: Facebook

Kandungan dari beberapa jenis vitamin serta zat lainnya dalam tubuh tentunya memberikan manfaat bagi tubuh. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika Anda mengkonsumsi buah ini. Manfaat yang paling dirasakan adalah berhubungan dengan kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaat dari buah ini:

2.1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat dalam buah ini sebesar 25,8 mg per buah. Kandungan ini cukup untuk memompa energi dalam tubuh agar Anda tidak cepat merasakan lemas dan bisa mendapatkan suplai energi baru yang akan membuat Anda tampak selalu segar.

2.2. Mampu Menyembuhkan Anemia

Gejala anemia ini bisa ditandai dengan keluhan sering pusing, wajah pucat, dan kekebalan tubuh mulai menurun. Hal ini karena kadar hemoglobin dalam sel darah merah berkurang atau dibawah batas normal. Kondisi ini harus segera Anda perbaiki agar tidak mengganggu aktivitas.

2.3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pencernaan merupakan bagian penting dalam tubuh yang harus selalu Anda jaga dan memastikan dalam kondisi yang sehat. Dengan pencernaan yang baik maka nutrisi yang masuk dalam tubuh akan terserap dengan sempurna.

2.4. Meningkatkan Daya konsentrasi

Bagi Anda yang mempunyai segudang aktivitas dan pekerjaan, konsentrasi merupakan hal yang harus di jaga agar pekerjaan tetap lancar. Konsumsilah buah pisang agar daya konsentrasi tetap terjaga.

2.5. Diet Alami

Mempunyai tubuh yang ideal tentu menjadi impian bagi semua orang. Banyak cara yang dilakukan agar mempunyai tubuh yang ideal. Dengan mengkonsumsi buah pisang, Anda bisa melakukan diet sehat tanpa bantuan obat-obatan mahal . Cukup konsumsi empat buah pisang setiap harinya dan segelas susu pada pagi hari.

2.6. Menyehatkan Kulit

Konsumsi buah pisang ini mampu membuat kulit Anda menjadi sehat dan halus. Dengan konsumsi yang teratur kulit akan terlihat lebih segar dan kinclong. Hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pisang sehingga mampu menjaga kesehatan kulit.

2.7. Menyehatkan Otak

Selain kandungan vitamin, pisang juga mempunyai kandungan asam folat yang bagus untuk perkembangan otak. Bukan hanya untuk janin namun juga bagus untuk otak orang dewasa. Jika Anda merasakan lelah dan kinerja otak menurun, cobalah untuk mengkonsumsi pisang agar energi dan kinerja otak aktif kembali.

2.8. Menyehatkan Penderita Liver

Ada cara tersendiri bagi Anda yang mengalami masalah dengan liver. cobalah blender dua buah pisang hingga halus kemudian campurkan satu sendok madu. Konsumsi campuran ini sebelum makan. Lakukan secara rutin maka keluhan tentang liver akan berkurang.

2.9. Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa pisang mengandung asam folat yang bagus untuk perkembangan otak, terutama otak janin selama masa kehamilan. Anda cukup mengkonsumsi dua buah pisang ini setiap hari agar otak janin dapat berkembang dengan baik.

2.10. Mempengaruhi Kondisi Mood

Dalam buah pisang terdapat senyawa neurontransmiter yang mempunyai fungsi untuk mempengaruhi mood Anda. Jadi ketika Anda merasa jenuh, kesal, bad mood, dan perasaan tidak nyaman lainnya cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang agar suasana hati kembali baik.

3. Cara Budidaya Pisang Barangan

Sebelum Anda berencana untuk menanam pohon pisang, perlu diperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan perencanaan lahan dan juga bibit pohon agar dapat menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas. Pemilihan lahan yang tepat juga berpengaruh pada hasil buah yang dihasilkan. Ada kriteria lahan yang digunakan, antara lain:

1. Lokasi yang digunakan adalah daerah yang datar dan memiliki curah hujan yang merata sepanjang musim. Anda perlu membuatkan parit untuk mencegah timbulnya genangan air yang bisa menyebabkan munculnya jamur pada pohon pisang.

2. Bersihkan gulma secara merata agar tidak ada persaingan unsure hara dengan tanaman utamanya. Lahan yang bersih juga akan memudahkan Anda ketika proses penanaman.

3. Jangan menggunakan Herbisida karena bisa mengakibatkan kerusakan pada struktur komponen tanah dan kandungan unsur hara juga jasad renik sebagai pengurai.

4. Lubang yang digunakan berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm dengan memisahkan topsoil atau bagian tanah atas dengan subsoil atau bagian tanah dalam. Jarak antar lubang adalah 2 m x 3 m agar tidak terlalu dekat dan lebih optimal untuk mendapatkan sinar matahari.

5. Sebelum penaman dilakukan, lubang yang telah dibuat diberi campuran pupuk kandang dan topsoil yang telah dipisahkan, kemudian biarkan tanah tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup agar jamur yang mungkin akan tumbuh bisa hilang dan mati.

Pisang Barangan adalah salah satu varietas pisang yang mempunyai banyak manfaat. Selain berbagai vitamin dan nutrisi lainnya yang terkandung didalamnya, pohon ini juga bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda yang ingin melakukan budidaya di rumah. Olahan pisang bisa beraneka macam, mulai dari pisang goreng, keripik pisang, dodol, dan aneka makanan lainnya.

Tags:,

Leave a Reply