Buah Carica

Buah Carica, Si Mungil Dari Dieng

Bunga buah carica
Mulai berbunga – sumber: hiveminer.com

Anda pernah mendengar nama buah carica? Mungkin belum pernah tapi bagi masyarakat Wonosobo dan Pegunungan Dieng buah ini sudah sangat familiar. Bahkan jadi salah satu ciri khas yang sering dijadikan buah tangan para wisatawan. Penasaran dengan buah yang mirip papaya ini? Yuk simak informasinya berikut ini.

Buah yang juga dikenal dengan nama papaya gunung ini memang sangat laris manis di Jawa Tengah. Bukan saja karena rasanya yang manis tapi karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Sayangnya, tak di semua daerah buah ini bisa tumbuh subur, padahal jika dibudidayakan dengan baik dapat dijadikan salah satu menu penutup super lezat selesai makan lho!

Sejarah Dan Keunikan Buah Carica

Buah carica di pohon
sumber: hiveminer.com

Kalau sekarang buah dengan nama latin Vasconcellea Cundinamarcencis terkenal sebagai buah khas Dieng, sejarah masuknya buah ini ke Indonesia cukup menarik untuk diketahui. Karena ternyata berasal dari Amerika Selatan tepatnya di dataran tinggi pegunungan Andes. Hingga saat ini di sana masih banyak masyarakat yang membudidayakan buah berwarna kuning kemerahan ini.

Masuknya buah ini ke Indonesia bersamaan dengan penjajahan Hindia Belanda pada perang dunia kedua. Banyak orang Belanda yang menanamnya di kawasan Jawa Tengah. Beruntung lokasi tersebut memang cocok sebagai tempat berkembangnya buah carica, karena berada di ketinggian 1500 hingga 2000 meter dari permukaan laut.

Sejak itu semakin banyak yang membudidayakannya sampai sekarang.

Menyoal keunikan, buah ini mirip dengan buah pepaya yang sering Anda konsumsi sehari-hari. Hanya saja ukurannya lebih kecil, hanya sebesar buah jeruk. Daging buahnya tebal dengan bagian tengah berisi biji yang diselimuti selaput berbentuk kapas, disebut dengan sarkotesta berwarna putih dan mengandung air.

Buahnya yang matang berwarna kuning, sedangkan yang masih muda berwarna hijau daun.

Apa Saja Kandungan Dalam Buah Carica?

Pohon carica
Pohon carica- sumber: hiveminer.com

Mengkonsumsi buah carica memang membuat kenyang dan sehat. Tapi apakah Anda tahu apa saja kandungan hebat yang terdapat di dalamnya? Ternyata ada kandungan Vitamin C, Vitamin A, Zat Besi (Fe), Pospor (P) dan Kalsium (Ca), yang sangat penting untuk tubuh manusia.

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam buah mungil ini mencapai 65.17mg/100g, dan merupakan kandungan tertinggi. Kegunaan vitamin ini bagi tubuh sangat banyak, baik untuk menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, meningkatkan kinerja otak hingga mencegah berbagai infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

2. Vitamin A

Walaupun hanya mengandung 1771.1miugram/100gram vitamin A, tapi setidaknya buah ini memiliki kekuatan untuk membantu proses kehamilan dan pertumbuhan janin, menjaga kesehatan mata, menjaga sistem kekebalan tubuh manusia, hingga meningkatkan kualitas pertumbuhan tulang. Sangat luar biasa bukan?

3. Zat Besi

Zat besi bagi anak-anak sangat penting untuk pertumbuhan otak dan meningkatkan kecerdasan. Sedangkan untuk orang dewasa berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah yang lebih banyak dan sesuai kebutuhan tubuh. Dengan kandungan 1,2 ppm zat besi buah carica dapat membantu Anda dan keluarga hidup lebih sehat dan jauh dari penyakit berbahaya.

4. Pospor

0,025 persen pospor dalam buah yang juga dikenal dengan sebutan pepaya gunung Dieng ini dapat membantu kinerja organ ginjal menjadi lebih baik dalam menjaring nutrisi di dalam tubuh, memaksimalkan kerja otot dan syaraf, serta pembentukan DNA di dalam tubuh.

5. Kalsium

Kandungan kalsium di dalam buah ini yang mencapai 24 ppm sangat membantu pertumbuhan tulang dan gigi bagi anak-anak, selain itu juga mencegah penyakit osteoporosis. Jadi kalau Anda mengalami gejala pengeroposan tulang, selain susu kalsium Anda bisa menambahkan buah ini sebagai kudapan sehat setiap hari.

Ini Dia Produk Olahan Buah Carica

Olahan buah carica
sumber: carica.co.id

Di kawasan Dieng selain buah carica segar, penduduk setempat juga banyak menjual produk olahan dari buah ini. Seperti manisan, dodol, sirup, hingga es krim yang rasanya tak kalah nikmat. Jangan khawatir, Anda juga bisa membuat sendiri produk olahan tersebut untuk dikonsumsi bersama keluarga.

1. Manisan

Hampir sama dengan jenis manisan lain, manisan pepaya Dieng ini sangat enak dan menyegarkan. Wajar saja jika banyak yang menjadikannya oleh-oleh setiap kali datang ke kawasan Jawa Tengah.

Cara membuatnya juga sangat gampang, tinggal rebus 1,5 liter air bersama biji dari 2kg buah ini. Setelah mendidih, saring bijinya dan rebus kembali air tersebut dengan tambahan 1,5 kg gula dan sejumput garam. Kalau sudah mendidih Anda tinggal dinginkan, dan bisa dicampur dengan 2,5 kg buah yang sudah dikupas, dibuang bijinya dan dipotong sesuai selera.

2. Dodol

Kalau biasanya dodol terbuat dari gula dan tepung ketan saja, sekarang sudah tersedia olahan dodol dari buah pepaya Dieng ini lho! Banyak masyarakat di sekitar kawasan Dieng yang menjadikannya usaha rumahan dengan untung yang tidak sedikit.

Anda bisa membuatnya dengan mengukus 2kg buah carica yang sudah dikupas dan dibersihkan dari biji. Sementara itu rendam biji buah dalam 400 ml air, kemudian saring. Air saringan dicampur buah yang sudah dikukus lalu blender. Selanjutnya masak buah bersama 30 gr santan, sedikit garam dan minyak hingga membentuk adonan dodol. Dodolpun siap dimakan.

3. Sirup

Penasaran bagaimana rasa sirup dari buah pepaya Dieng? Anda bisa membelinya saat berkunjung ke kawasan wisata di Jawa Tengah tersebut. Tapi jika penasaran untuk mengolah sendiri buah imut itu menjadi sirup langkahnya juga tak terlalu sulit.

Mirip dengan manisan, cara membuat sirupnya juga sederhana. 2kg buah tersebut dikupas, dibersihkan, sisihkan biji dan masukkan dalam botol. Kemudian biji direndam dalam air 400 ml lalu saring. Bisa dilakukan beberapa kali hingga aroma biji hilang. Kemudian air saringan ditambahkan gula dan garam dan direbus.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan sebagian air rebusan tersebut ke dalam botol yang sudah diisi buah carica potong, lalu rebus botol yang sudah berisi campuran buah dan air tersebut hingga mendidih, kemudian masukkan sisa air rebusan hingga botol penuh. Dan sirup caricapun siap untuk dikonsumsi.

4. Es Krim

Kalau mau yang beda dari buah pepaya gunung dari Dieng ini, Anda bisa merasakan sensasi es krimnya. Di kawasan Dieng banyak resto yang menyediakan es krim segar ini, tapi Anda juga bisa membuatnya sendiri kok!

Tinggal siapkan 50 gram buah tersebut yang sudah dikupas dan dibersihkan, tambahkan dua bungkus kecil susu kental manis dan dua sendok makan gula pasir. Campuran tersebut kemudian diblender hingga halus dengan ditambahkan 150 ml air es. Setelah jadi bubur halus, tinggal dimasukkan ke dalam toples dan simpan di freezer hingga beku.

Pasti sangat menyenangkan bisa mengenal lebih dekat buah carica hingga produk olahannya bukan? Walaupun budidayanya terbatas, setidaknya jika Anda mengunjungi Jawa Tengah bisa membelinya sebagai oleh-oleh atau untuk diolah sendiri di rumah. Apalagi setelah tahu khasiatnya bagi kesehatan yang sangat luar biasa.

Tinggalkan komentar