Pepaya California

Buah murah meriah dan kaya akan manfaat dua kata ini sangat cukup menggambarkan pepaya dalam benak kita. Pepaya merupakan buah lokal yang sangat digemari masyarakat.

Pepaya mudah ditemukan di daerah manapun, selain itu buah ini memiliki rasa manis serta mudah dicerna. Buah pepaya sering digunakan sebagai makanan bagi orang-orang yang sedang mengikuti program diet, karena ia memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori.

Definisi

Banyak yang beranggapan pepaya california adalah buah asal California, namun nyatanya buah ini merupakan buah asli Indonesia.

Tahukan kamu bahwa pepaya california merupakan hasil dari pemuliaan yang dilakukan oleh Pusat Holtikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (PKHT) buah ini memiliki nama asli Callinia.

Namun para pedagang yang menjajakan buah ini merubah namanya untuk kepentingan penjualan agar terlihat lebih menarik dan memiliki nilai jual sehingga menyebutnya sebagai pepaya california.

Soal rasa, pepaya california memang tidak diragukan lagi, oleh karena itu jenis pepaya satu ini cukup banyak penggemarnya.

Budidaya Pepaya California

pohon pepaya

Tingginya minat masyarakat pada pepaya california menjadikannya sebagai tanaman andalan untuk dibudidayakan. Pepaya california masuk ke dalam tanaman yang sangat mudah tumbuh hingga kemungkinan matinya bisa dikatakan sangat sedikit.

Selain itu pepaya california merupakan tanaman yang cepat tumbuh yaitu pada usia 89 bulan tanaman sudah dapat dipanen. Pepaya california dapat dipanen selama 4 kali dalam waktu satu bulan.

Tiap hektar lahan diperkirakan bisa menghasilkan hingga 2-3 ton. Sehingga dalam 1 tahun bisa mencapai 12 ton/1 hektar, sedangkan masa produktif pepaya ini mampu mencapai 4 tahun cukup menggiurkan bukan!

Syarat Tumbuh Tanaman

Sebelum memulai budidaya pepaya california harus ada beberapa hal yang diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat bagi kita. Pepaya california hendaknya dibudidayakan pada daerah dataran rendah sekitar 700m diatas permukaan laut.

Kondisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan pepaya california adalah subur dan agak berpasir. Suhu yang cocok untuk pertumbuhan pepaya california adalah 25-30°C.

Lalu untuk tingkat curah hujan berkisar 1000-2000 mm per tahun. Kelembaban udara yang dikehendaki sekitar 40% dengan pH 6-7.

Berikut merupakan beberapa langkah-langkah penting cara budidaya pepaya california.

Pembibitan dan Penyemaian

  1. Kita harus mempersiapkan biji pepaya california dari buah yang matang dan dalam kondisi bagus.
  2. Biji-biji ini nanti akan digunakan sebagai bibit. Untuk itu rendam biji ke dalam air selama satu malam. Biji yang akan digunakan hanyalah biji yang tenggelam sedangkan yang mengambang tidak dipergunakan.
  3. Biji terpilih diperam menggunakan kain basah ataupun koran selama kurang lebih 1 minggu. Untuk menjaga kualitas kita harus mempertahankan kelembaban koran.
  4. Setelah pemeraman biji-biji bakal benih tersebut siap untuk disemai.
  5. Persiapkan media tanam seperti polybag setelah itu kita harus memasukkan tanah yang telah dicampur dengan kompos dengan perbandingan sebesar 2:1.
  6. Jangan lupa setelah meletakkan benih tutup kembali dengan media tanah.
  7. Agar dapat tumbuh dengan baik letakkan dalam ruang yang terkena sinar matahari.
  8. Bibit siap ditanam saat berumur 1-1,5 bulan setelah disemai.

Persiapan Lahan Tanam

Persiapan lahan untuk menanam dimulai dengan pencangkulan atau penggemburan tanah untuk menetralkan unsur hara dalam tanah. Penyiangan tanah dari hama-hama dan gulma yang menempel perlu kita lakukan untuk menjaga nutrisi tanah.

Perlu kita buat bedengan agar tidak ada genangan air di sekitar tanaman nantinya. Kemudian kita bisa membuat lubang tanam sedalam 50 cm dengan jarak antar lubang sebesar 2,5 x 2,5 m. Lubang tersebut ditutup dengan campuran pupuk kandang dan kompos hingga ¾ dari lubang tersebut. Lubang tersebut harus dialiri air agar tetap lembab.

Penanaman

Bibit pepaya yang sudah kita semai tadi bisa kita pindahkan ke lubang tanaman. Waktu penanaman yang baik yaitu pada sore hari agar kelembaban tanah tetap terjaga.

Pemeliharaan dan Perawatan

pepaya california
needpix.com

Beberapa cara pemeliharaan dan perawatan yang baik untuk pepaya california adalah sebagai berikut:

a. Penyiraman

Penyiraman bisa dilakukan rutin sehari sekali untuk penyiraman perlu diperhatikan jangan sampai menggenang di sekitar tanaman karena dapat mengakibatkan kebusukan pada tanaman, Jadi penyiraman dilakukan sewajarnya saja.

b. Pemupukan

Pemupukan berfungsi untuk menjaga tanaman agar tetap mendapat nutrisi dari tanah. Pemupukan dilakukan pada minggu pertama menggunakan pupuk kandang 40kg.

Pada usia 2 minggu pemupukan dilakukan dengan pupuk NPK 200 gram untuk tiap pohonnya. Setelah itu pemupukan rutin dilakukan selama 3 bulan sekali dengan dosis 500 gram pupuk NPK dan 40kg pupuk kandang tiap tanaman.

c. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada dahan atau batang-batang yang mengganggu tumbuh tanaman selain itu bagian tanaman yang sudah mati wajib dipangkas agar tidak mengganggu.

Pemanenan

Pemanenan dilakukan saat umur pepaya california mencapai umur 7-9 bulan. Dengan penampakan buah berwarna kekuningan dan jangka waktu pemanenan dapat dilakukan 4 kali dalam satu bulan.

Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Memperkuat Sistem kekebalan Tubuh

Kandungan dalam pepaya california yaitu vitamin A,C, dan E membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari paparan infeksi.

Mencegah Penyakit jantung

Vitamin C dalam pepaya california serta likopen berfungsi untuk mengurangi resiko jantung. Selain itu HDL dalam pepaya menyuplai stok koleterol baik dalam tubuh.

Mencegah Pembekuan Darah

Salah satu hal yang membahayakan adalah ketika terjadi pembekuan darah untuk itu pepaya california memiliki kandungan zat fibrin yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya sejak dulu untuk membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh seperti membantu tubuh dari sembelit.

Mengurangi Peradangan

Enzim papin dan chymopapain memiliki fungsi anti inflasi yang dapat membantu mencegah dari penyakit peradangan seperti gout, edema, rheumatoid, dan lain sebagainya.

Untuk Kesehatan Tulang

Enzim papain membantu dalam memecah protein dengan baik yang membantu mencerna protein dengan baik untuk tulang.

Untuk Kecantikan

Kandungan vitamin E dalam pepaya california membantu kulit agar mencegah keriput dini. Selain itu vitamin A dapat membantu kulit agar tidak terdapat noda dan tetap halus. Vitamin C dan E memproduksi kolagen agar menjaga kulit tetap kencang.

Leave a Comment