Manfaat Bawang Putih

Bawang putih atau Allium Sativum dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat. Manfaat bawang putih sudah terbukti sejak ribuan tahun yang lalu. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Nottingham, bawang putih dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Bawang putih dapat menghasilkan berbagai senyawa sulfur ketika dicincang, difermentasi, atau dijadikan minyak. Senyawa belerang ini dapat memengaruhi oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang diproduksi secara alami dalam tubuh manusia. Proses ini berdampak pada komunikasi sel untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Menurut riset yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Kopenhagen, bawang putih dapat menghancurkan komponen penting pada bakteri. Itulah sebabnya bawang putih dapat dijadikan obat untuk mengatasi infeksi.

Berdasarkan penelitian tersebut, mereka menyimpulkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menghambat bakteri dengan senyawa ajoene di dalamnya.

Bawang putih mempunyai senyawa aromatik yang kuat sebagai antiseptik dan anti inflamasi. Selain itu juga mengandung kalium, vitamin C, B1, dan B6, asam glutamat, asam aspartat, dan kalsium.

Bawang putih juga diperkaya dengan antioksidan, anti mikroba, anti bakteri, dan anti jamur. Apabila bawang putih dikonsumsi secara rutin, khasiatnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terbukti dari penggunaan bawang putih untuk mengatasi sakit kepala, infeksi telinga, sinus, hingga infeksi saluran kemih.

Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Infeksi Telinga

Infeksi telinga dapat terjadi karena akumulasi cairan di telinga bagian tengah. Selain itu, infeksidapat disebabkan oleh virus, demam, alergi, flu, dan kemasukan debu atau benda asing lain. Dengan bawang putih, Anda dapat mengobati infeksi melalui cara berikut.

Campuran Bawang Putihdan Minyak Zaitun

Untuk mengatasi infeksi pada telinga, Anda dapat menggunakan kombinasi bawang putih dengan minyak zaitun. Caranya, panaskan 2 sendok makan minyak zaitun dengan api kecil, lalu tambahkan 1 siung bawang putih cincang. Panaskan selama sekitar 20 menit agar kandungan bawang putih meresap pada minyak.

Selanjutnya saring bawang putih dan segera simpan dalam kulkas, karena jika dibiarkan terlalu lama pada suhu kamar dapat berbahaya. Setelah dingin, teteskan campuran minyak tersebut ke dalam telinga.

Selain cara di atas, Anda dapat merendam bawang putih cincang dengan minyak zaitun selama dua hingga tiga jam. Anda dapat menggunakan rendaman bawang putih ini tanpa memanaskannya.

Minyak Bawang Putih

Untuk mengatasi infeksi telinga, Anda juga dapat mengaplikasikan beberapa tetes minyak bawang putih dengan pipet atau cotton ball. Teteskanminyak bawang pada cotton ball, diamkan selama kurang lebih setengah jam.Sebelum sakit akibat infeksi mereda, biasanya telinga akan merasakan sensasi panas.

Bawang Putih dan Garam

Pengobatan infeksi telinga juga dapat dilakukan dengan campuran bawang putih dan garam. Caranya,rebus 3-5 siung bawang putih dengan airhingga mendidih selama kurang lebih 7 menit. Kemudian, angkat dan lumat bawang putih dengan garam,lalu bungkus dengan kain kasa. Letakkan pada bagian luar area infeksi secara berlawanan selama beberapa menit.

Bawang Putih Tanpa Campuran

Anda dapat menggunakan bawang putih saja jika tidak memiliki bahan campuran. Cincang kasar bawang putih dan bungkus dengan kain kasa tipis. Kemudian masukkan ke dalam liang telinga. Pastikan ujung kain tetap berada di luar, sehingga Anda dapat menariknya dengan mudah setelah selesai. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Tidak masalah jika membiarkannya selama semalam, karena cara ini juga sesuai untuk meredakan sakit kepala. Agar lebih maksimal, Anda dapat meletakkan handuk hangat di luar telinga.

Meski mudah, cara ini kurang aman dilakukan pada anak-anak. Mereka mungkin akan merasa tidak nyaman dan mendorong kain kasa masuk ke dalam lubang telinga.

Untuk mengobati infeksi telinga, gunakanlah bawang putih yang masih segar. Kandungan khasiatnya lebih besar daripada bawang putih kering. Jika terdapat cedera pada gendang telinga, sebaiknya jangan meneteskan cairan apa pun ke dalamnya.

Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

 

Infeksi Saluran Kemih atau ISK disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam saluran kemih dan mempengaruhi kandung kemih. Masalah kesehatan ini seringnya dialami oleh wanita. Gejala ISK berupa rasa pedih di sekitar kandung kemih dan tekanan pada kandung kemih.

Untuk mencegah infeksi, Anda perlu mengonsumsi air dalam jumlah yang mencukupi dan menjaga kebersihan. Dilansir dari Boldsky, ada beberapa cara untuk mengobati ISK menggunakan bawang putih yaitu:

Mengunyah Bawang Putih

Allicin dalam bawang putih mempunyai sifat anti mikroba dan anti inflamasi.Bahan ini tidak hanya mengatasi ISK, tetapi juga menyingkirkan bakteri E. coli yang menyebabkan penyakit ini.

Ketika mengunyah irisan bawang putih mentah, bahan aktifnya akan mengalir hingga ke uretra dan kandung kemih untuk melawan bakteri penyebab ISK. Sebelum tidur, Anda perlu menyiapkan 3 hingga 4 irisan bawang putih mentah untuk dikunyah. Dalam 4 hari, kondisi kandung kemih Anda sudah mengalami kemajuan.

Mengonsumsi Pasta Bawang Putih

Campuran pasta bawang putih dan mentega atau cuka pada salad dapat melawan bakteri yang menginfeksi saluran kemih. Bawang putih dapat memperkuat kekebalan tubuh dengan merangsang zat sitokin untuk melawan bakteri yang masuk lewat saluran kencing.

Untuk mengatasi infeksi pada area kewanitaan, oleskan satu siung bawang putih pada area luar dan dalam organ sebelum tidur.

Selain mengatasi infeksi, manfaat bawang putih juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga mengurangi risiko sakit jantung dan memperbaiki sirkulasi darah.Tak hanya untuk jantung, bawang putih juga baik untuk saluran pencernaan.

Tinggalkan komentar