Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu dari berbagai jenis tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat yang sering dikenal dengan istilah Aleo vera atau yang memiliki nama latin Aloe barbadensis Milleer, manfaat lidah buaya sudah cukup di kenal sejak ribuan tahun silam sebagai tanaman yang dapat menyuburkan Rambut, sebagai obat luka dan juga perawatan bagi kulit.

Tumbuhan ini juga bisa kita jumpai di Kawasan Kering daratan Afrika, Namun bagi kita yang berada di Indonesia  sudah tidak harus jauh-jauh ke Afrika, karena saat ini di Indonesia sudah bisa kita jumpai dengan mudah tanaman Lidah buaya ini.

Jadi yang terpenting saat ini adalah bagaimana cara kita untuk memberdayakan tanaman ini agar tetap lestari dan bisa memanfaatkannya sebagai ramuan atau obat yang bisa memberikan manfaat bagi kehidupan kita saat ini dan generasi selanjutnya di masa mendatang.

Tumbuhan Lidah buaya yang sering kita jumpai ini ternyata memilki banyak jenis yang beragam yaitu Mencapai 200 Jenis lidah buaya, namun dari sekian banyak jenis tanaman lidah buaya yang paling baik untuk di gunakan sebagai obat adalah jenis dari Aloevera Barbadensis miller.

Lidah buaya jenis ini memiliki cukup banyak zat yang di perlukan oleh tubuh yaitu Sekitar 72 Zat yang di perlukan tubuh diantaranya seperti karbohidrat, lemak, asam amino, air, mineral, enzim, vitamin, hormon, dan zat-zat golongan obat.

Antara lain antibiotik, antiseptik, antikanker, antivirus, antibakteri, antijamur, antiperadangan, antipembengkakan, antiinfeksi, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya ini, namun tidak bisa kami paparkan secara menyeluruh. Oleh karena itu kami akan membahasnya secara mendasar saja semoga dapat memberi manfaat bagi para pembacanya.

1. Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Bagi kita yang menginginkan rambut kita sehat dan berkilau maka caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil satu helai atau satu tangkai daun lidah buaya kemudian belah menjadi dua bagian dan oleskan keseluruh permukaan kulit kepala dan rambut.

Biarkan untuk beberapa saat lalu setelah nampak kering cucilah dengan air hingga benar-benar bersih. lakukan langkah ini secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Khasiat Lidah Buaya Sebagai Anti Oksidan

Lidah buaya bisa kita manfaatkan sebagai anti Oksidan sehingga bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membantu mencegah berbagai macam penyakit degeneratif.

3. Untuk Penyembuhan Luka

lidah buaya dapat membantu mengembalikan jaringan-jaringan pada kulit yang luka. Langkahnya yaitu dengan cara mengambil daging bagian dalam atau gel dari daun lidah buaya lalu kita oleskan kebagian yang dimaksud hingga merata.

Cara ini juga bisa kita digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga.

4. Sebagai Antiinflamasi

Manfaat Lidah buaya dapat membantu mengatasi berbagai macam luka bakar, gigitan serangga bahkan masalah pencernaan. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara meminum air lidah buaya yang telah kita olah sebagai pengobatan secara internal.

Jus atau minunam dari sari lidah buaya dipercaya dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Minuman ini dapat kita buat dari gel yang dihasilkan dari lidah buaya.

5. Sebagai Obat Kecantikan

Untuk masalah kecantikan lidah buaya sudah tidak diragukan lagi keampuhannya karena terbukti telah banyak dari berbagai macam produk kosmetik yang mengandung sari-sari dari tanaman ini, seperti krim, lotion, atau sabun.

Kandungan zat-zat lidah buaya yang ada di dalam produk kosmetik tersebut dapat membantu meningkatkan kadar oksigen yang berguna bagi kulit, dan membantu menguatkan jaringan-jaringan pada kulit sehingga kulit tidak cepat mengendur, sehingga mampu mencegahpenuaan dini.

Ada banyak sekali manfaat Lidah Buaya yang bisa kita peroleh jika kita mau terus menggali manfaat yang terkandung dari tanaman ini, bahkan pada jaman dahulu Masyarakat Mesir kuno sempat menamai tanaman ini sebagai tanaman atau tumbuhan keabadian karena tanaman ini memiliki begitu banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Dan semoga artikel yang kami berikan ini mampu memberikan manfaat serta menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi kita semua, Terimakasih.

Leave a Comment