Manfaat Daun Sirsak

Sirsak atau dalam bahasa lain disebut nongko londo (Jawa) annona muricata (Latin) termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan gizi cukup melimpah.

Tumbuhan asal Karibia, Amerika Tengah, & Amerika Selatan ini memiliki serat yang cukup tinggi. Menurut literatur yang saya baca perbandingannya yaitu setiap 100 gram daging buah mengandung 3.3 gram serat.

Artinya buah ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh kita. Tak hanya itu, buah sirsak juga mengandung banyak nutrisi serta manfaat bagi kesehatan. Berikut penjelasannya:

Buah sirsak terdiri dari 67,5% daging, 20% kulit, 8,5% biji, dan 4% inti buah. Sedangkan kandungan yang paling banyak dalam buah sirsak yaitu karbohidrat dan salah satu karbohidrat yang terdapat pada buah sirsak yaitu (glukosa & frukosta) dengan kadar 81,9 – 93,6% dari kandungan total.

Vitamin yang paling dominan yaitu vitamin C  20 mg / 100 gram daging buah, sedangkan kebutuhan vitamin seseorang per harinya hanya sekitar 60 mg, oleh karena itu dengan mengonsumsi 300 gram maka vitamin C dalam tubuh kita sudah terpenuhi.

Setelah kita mengetahui kandungan daging selanjutnya kita akan mulai membahas mengenai khasiat daun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit kelas kakap.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Sangat Efektif Melawan Kanker

Siapa yang tidak tahu kanker penyakit yang terkenal mematikan itu. Daun sirsak kini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker lebih cepat dibandingkan kemoterapi yang harus mengorbankan banyak biaya juga efek samping berlebihan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif 10.000x lebih kuat dibandingkan kemoterapi. Maka dari itu disimpulkan bahwa daun sirsak mampu mengobati berbagai jenis penyakit kanker.

Cara membuat: Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, diamkan hingga air menjadi 1 gelas, saring dan dinginkan lalu minum setiap pagi selama 3 sd 4 mingguan.

2. Mengobati Kolesterol

Penyebab utama kolesterol tinggi yaitu makanan yang kurang sehat, ketika kolesterol dalam tubuh sudah melampaui batas maka akan sangat mengancam kesehatan tubuh Anda.

Salah satu cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu dengan mengonsumsi daun sirsak. Untuk mendapatkan khasiat daun sirsak berikut cara paling sederhana:

  • Ambil daun sirsak 10 lembar yang agak tua
  • Lalu rebus dengan 3 gelas air
  • Tunggu hingga air rebusan tersisa 1 gelas
  • Kamu bisa langsung mengonsumsi

3. Membantu Mengobati Asam Urat

Mengonsumsi daun sirsak dapat membantu Anda dalam mengobati asam urat, sebab daun sirsak memiliki kandungan zat asam linoleat, asam gentisic, acetogenin, annocatalin, annomuricin, dan calourin. Semua zat tersebut dipercaya sangat ampuh untuk mengobati asam urat.

Cara pembuatannya masih sama seperti cara di atas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal minumlah 2x sehari pagi dan sore.

4. Mengatasi Rematik

Rheumatoid arthritis (rematik) adalah kondisi ketika kekebalan tubuh yang menyerang jaringan-jaringan sendi secara keliru.

Rematik umumnya terjadi pada orang tua, seseorang yang terkena rematik biasanya akan menimbulkan gejala seperti sendi bengkak, sering terasa kaku, merah dan terasa panas. Tapi jangan khawatir karena rematik dapat disembuhkan dengan daun sirsak.

Caranya yaitu tumbuh halus daun sirsak lalu oleskan pada bagian tubuh yang nyeri, diamkan beberapa menit hingga daun agak mengering. Lakukan secara teratur 2x sehari.

5. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium atau tumor jinak hanya terjadi pada wanita, meski terdapat kata jinak namun penyakit ini sangat berbahaya apabila dibiarkan karena bisa berkembang menjadi kanker.

Untuk mengatasi penyakit tersebut Anda cukup mengonsumsi rebusan daun sirsak dengan takaran 10 lembar daun sirsak segar yang direbus dengan 3 gelas air, diamkan hingga menjadi 1 atau 1/2 gelas. Diminum pagi hari dalam kondisi hangat atau dingin terserah Anda.

6. Obat Diabetes

Diabetes juga tergolong dalam penyakit berbahaya jika tidak segera ditangani ia akan menggerogoti organ tubuh di sekitarnya.

Tercatat bahwa daun sirsak mengandung banyak antioksidan yang terdiri dari senyawa polifenol, bioflavonoid, dan saponin. Menurut penelitian bahwa senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak mampu menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia sehingga menjadi normal kembali.

7. Meningkatkan Kesuburan

Daun sirsak juga ampuh dalam meningkatkan kesuburan, hal ini terbukti pada jumlah sperma pria yang bertambah dan memperkuat rahim wanita.

Sebenarnya masih banyak manfaat daun sirsak lainnya akan tetapi kami hanya menuliskan 7 manfaat yang kerap terjadi di masyarakat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment