Manfaat Jahe

142 Shares

Manfaat jahe untuk penyembuhan. Jahe salah satu dari beberapa jenis tanaman rempah-rempah. Jaheยน sudah digunakan sebagai ramuan obat sejak masyarakat kuno dan jahe sudah sangat populer di dunia sebagai obat tradisional segala penyakit.

Kita akan membahas manfaat jahe dalam kehidupan manusia, terutama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat jahe yang paling populer adalah untuk menghangatkan tubuh kita. Jahe sering dibuat minuman untuk menghangatkan tubuh atau yang sering disebut dengan istilah wedang jahe.

Minuman ini biasanya dikonsumsi masyarakat pegunungan yang memang memiliki suhu dingin. Selain itu jahe juga memiliki toksin serta antivirus yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Mengatasi Perut Kembung dan Masuk Angin

Efek jahe yang menghangatkan tubuh ini membuat jahe sangat efektif untuk mengatasi masalah perut kembung dan masuk angin.

Minum wedang jahe akan memberikan kehangatan pada tubuh kita sehingga perut kembung atau mules akan langsung teratasi, oleh sebab itu banyak orang tua menyarankan minum wedang jahe bagi orang yang mengalami perut kembung atau masuk angin.

2. Mengobati Demam, Batuk dan Pilek

Masalah demam batuk dan pilek juga bisa diatasi dengan minum wedang jahe. Gingerol pada jahe mampu melancarkan peredaran darah. Kandungan gengerol ini yang dapat memerangi masalah demam, batuk dan pilek.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat jahe berikutnya yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan. Jahe akan membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang masih menempel. Jahe juga membantu memaksimalkan tubuh dalam penyerapan makanan serta mencegah sakit perut karena sifatnya anti peradangan.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, mungkin jahe bisa menjadi solusi untuk Anda. Jahe dapat membantu dalam proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh.

Efek hangat yang ditimbulkannya akan membantu dalam pembakaran lemak, selain itu jahe juga memperlancar sistem pencernaan sehingga berat badan akan cepat berkurang.

5. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Bagi Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan, Anda tak perlu khawatir, jahe akan menjadi sahabat baik dalam perjalanan Anda. Jahe sangat cocok untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan.

Minumlah wedang jahe sebelum melakukan perjalanan, jahe akan mencegah mual sehingga Anda akan baik-baik saja selama dalam perjalanan.

6. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Sudah bukan rahasia lagi jika jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menjengkelkan sekali. Meskipun hanya benjolan kecil, jerawat dapat merusak penampilan. Nah jahe sangat baik sekali untuk mencegah dan mengobati jerawat. Caranya yaitu Anda cuci kulit wajah Anda menggunakan air jahe secara teratur.

7. Menghaluskan Kulit

Jahe juga ampuh untuk menghaluskan kulit. Sudah banyak orang yang menggunakan jahe untuk menghaluskan kulit mereka. Jahe mengandung nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Anda bisa mencampurkan jahe pada masker atau lulur Anda untuk menghaluskan kulit.

8. Menghilangkan Selulit

Selulit sangat mengganggu kecantikan kulit seseorang. Banyak orang yang menjadi tidak percaya diri karena banyak mengalami selulit ditubuhnya. Anda bisa menghilangkan selulit dengan jahe, Caranya yaitu Anda minum ramuan jahe atau wedang jahe setiap hari dan secara perlahan selulit akan hilang.

9. Sun Block

Campuran jahe dan air perasan lemon juga akan menjadi penangkal efek buruk dari sinar matahari. Untuk membuat ramuan ini Anda siapkan air perasan jeruk lemon dan air perasan jahe dengan ukuran sama, siapkan juga minyak zaitun dan gula dengan ukuran sama pula.

Campurkan keempat bahan hingga menjadi krim. Setelah itu oleskan pada kulit Anda, gunakan cara ini seminggu sekali.

10. Mengatasi Kulit Berminyak

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Caranya yaitu campurkan jahe parut, garam laut, pala bubuk, dan bubuk kayu manis, campurkan dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada kulit yang berminyak, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

11. Menghilangkan Kerutan dan Anti Penuaan

Manfaat jahe juga dapat menghilangkan kerutan serta mencegah penuaan pada kulit. Caranya Anda campurkan jahe pada masker wajah Anda dan gunakan secara teratur.

12. Menghilangkan Ketombe

Jahe juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Jahe memiliki sifat seperti jeruk nipis yang baik untuk mengatasi ketombe serta rambut rontok.

Efek Samping Jahe

Jahe memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, namun jahe juga terkadang memberikan efek samping ringan kepada penggunanya.

Jahe baiknya tidak dikonsumsi ibu menyusui, dan bagi Anda penderita diabetes, Anda harus menyesuaikan jahe dengan obat yang Anda konsumsi, dan ketika mengalami pendarahan, jahe juga akan memperparah pendarahan.

Mengonsumsi jahe dalam dosis tinggi juga dapat membahayakan kesehatan jantung. Jadi konsumsilah jahe dalam porsi yang wajar. Demikianlah informasi tentang khasiat jahe untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi mengenai manfaat jahe ini dapat bermanfaat.

142 Shares

Leave a Comment