Manfaat Kulit Manggis

Buah manggis merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Negara Indonesia, tanaman ini biasa tumbuh di daerah tropis yang memiliki suhu hangat. Manfaat Kulit manggis memiliki warna yang khas sehingga mudah untuk dikenali. Buah manggis saat Nampak tidak menarik jika dilihat dari kulit luarnya namun memiliki rasa yang sangat manis, isi atau dagingnya berwarna putih bersih dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Kulit manggis yang tampak luarnya tidak begitu menarik namun memiliki rahasia, khasiat, dan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Belakangan ini banyak dilakukan penelitian pada kulit manggis yang kemudian dikembangkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut akan kita bahas khasiat dan Manfaat kulit untuk kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis

  • Memperkuat system kekebalan tubuh (imun)
  • Dapat memulihkan peradangan
  • Memperbaiki hubungan antar sel
  • Mencegah Kerusakan DNA
  • Sebagai alat bantu sistem getah bening
  • Memelihara fungsi optimal gondok
  • Dapat mengurangi resistensi insulin
  • Menurunkan berat badan
  • Menyembuhkan kerusakan urat syaraf
  • Mampu Menyeimbangkan sistem perhitungan endokrin
  • Sebagai Alat bantu dari sinergi tubuh
  • Dapat Meringankan wasir
  • Dapat Membantu menurunkan kadar gula dalam darah (hipoglikemia)
  • Menyembuhkan penyakit kulit kemerah-merahan / bersisik (psoriasis).
  • Dapat Membantu menyembuhkan luka
  • Sindrom carpal tunnel (penyakit semacam ini biasanya terjadi pada tangan dan jari akibat tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan hal ini sering terjadi karena seringnya menggunakan keyboard dan mouse).
  • Berguna untuk Menghilangkan penyakit kulit kering dan bersisik kronis (neurodermatitis). Kandungan anti peradangan dari kulit manggis mampu mengurangi sisik dan gatal-gatal pada penyakit kulit.

Ragam Manfaat Kulit Manggis

1. Sebagai Obat Herbal

Kulit manggis bisa kita jadikan obat herbal misalnya untuk penyakit kangker, kolestrol dsb. Berikut ini merupakan cara untuk mengolahnya:
  1. Ambil kulit buah manggis (kulitnya, bukan bagian) kemudian kita iris tipis-tipis kulit manggisnya sampai menjadi beberapa bagian lalu dijemur sampai kering
  2. Jika sudah kering, bisa direbus dengan 2 gelas air, setelah itu angkat jika sudah dididih dan kira-kira udara tersisa menjadi 1 gelas
  3. Kemudian diamkan sampai air rebusan tadi menjadi dingin, lalu minumlah dengan teratur sekali dalam sehari hingga kondisi tubuh Anda membaik
  4. Jika kondisi Anda sudah normal kembali, cukup meminum kulit manggis sekali lagi dalam waktu sepuluh hari untuk perbaikan dan perawatan.
Apakah kulit manggis yang belum kering bisa langsung direbus? Sebenarnya kita bisa-bisa saja merebus kulit manggis secara langsung tanpa mengeringkannya, namun dengan mengeringkannya dulu akan membuat kita lebih mudah dalam mengolahnya juga dapat mengurangi risiko dan efeksamping yang dapat menyebabkan getah dari kulit manggis tersebut. Getah yang dihasilkan dari kulit manggis dapat menyebabkan risiko dan dampak negatif pada tubuh kita seperti diare dan tertutupnya pori-pori usus. Jadi meminta yang aman-aman saja.

2. Membuat Teh Dari Kulit Manggis

kulit manggis yang saat ini cukup terkenal juga bisa kita olah menjadi berbagai macam minuman misalnya teh kesehatan dan minuman lain sejenisnya. Caranyapun cukup mudah yaitu:
  • Cuci kulit manggis hingga benar-benar bersih kemudian potonglah menjadi bagian kecil-kecil.
  • Lalu Jemur kulit manggis ini di bawah sinar matahari hingga beberapa hari hingga benar-benar kering.
  • Setelah itu kulit manggis yang sudah kering tadi bisa kita simpan dalam beberapa hari, dan kita bisa menyedotnya dengan air panas untuk dijadikan minuman dan mencampurkan madu atau gula sebagai penawar rasa sepet dari kulit manggis tersebut.

3. Membuat ekstrak kulit manggis

Selain Anda dapat membeli ekstrak kulit manggis di pasar atau di mal, Anda juga bisa membeli sendiri di rumah, tetapi sebelum itu Anda harus memperhatikan langkah-langkah selanjutnya agar bisa mendapatkan hasil yang baik.
  1. Pertama Cuci hingga benar-benar bersih kulit manggis
  2. Kemudian kita potong tipis kulit manggis hingga menjadi beberapa bagian
  3. Lalu Jemurlah hingga benar-benar kering dan bertekstur keras
  4. Setelah benar-benar kering sempurna dan tidak perlu jamur langkah selanjutnya adalah menumbuk atau memblender kulit manggis yang kering hingga menjadi serbuk.
  5. Kemudian kita simpanlah di dalam toples yang kering dan kedap udara
  6. Serbuk hasil dari tumbukan kulit manggis ini bisa kita jadikan minuman dengan cara menyeduhnya menggunakan udara panas dan menambahkan gula sebagai pemanis

4. Sebagai obat kecantikan

Khasiat dari mengkonsumsi sari kulit manggis yang telah kita miliki haluskan dapat memberi manfaat bagi kulit, kecantikan akan meningkatkan peremajaan sehingga wajah menjadi nampak lebih muda. Selain itu kita juga bisa menjadikannya sebagai topeng. Berikut ini cara mengolah kulit manggis sebagai masker
  1. Pertama siapkan kulit manggis lalu cuci hingga bersih menggunakan air mengalir
  2. Cincang kulit manggis kecil-kecil
  3. Tumbuk hingga halus, juga bisa menggunakan blender
  4. Pilih sedikit air agar benar-benar halus
  5. Biarkan ampasnya mengendap dan buang airnya
  6. Gunakan ampas ini sebagai masker wajah
  7. Oleskan hingga merata pada seluruh bagian wajah
  8. Jangan terburu-buru untuk membersihkannya, biarkan sampai beberapa waktu lamanya
  9. Nutrisi yang ada pada kulit manggis akan terserap oleh seluruh permukaan kulit wajah
  10. Setelah dirasa cukup bilaslah dan bersihkan wajah menggunakan air hangat.
Jika kita bisa menggunakan masker secara rutin, maka kamu akan mendapatkan khasiatnya yang sangat luar biasa. Terimakasih dan semoga dapat memberikan Manfaat bagi Anda semuanya.
Bagikan:

Leave a Comment