Jambu Monyet

Jambu monyet atau disebut juga jambu mete adalah salah satu jenis jambu yang unik dan lain dari jambu lainnya. Jenis jambu monyet mempunyai biji yang berada di luar buah yang disebut dengan mete.

Bagi beberapa orang mungkin belum pernah melihat bentuk asli dari jambu mete. Buah jambu ini berwarna orange hingga kemerahan dan sering digunakan sebagai campuran rujak.

Menanam Jambu Mete di Rumah

Buah jambu mete

sumber: herbariovaa.org

Dibalik tampilan buah yang terlihat biasa saja ternyata buah ini mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi sehingga mampu mencukupi nutrisi bagi tubuh Anda.

Sayangnya jambu monyet kini mulai jarang ditemukan di pasar, langkanya buah ini karena tidak banyak yang membudidayakan sehingga keberadaaannya pun mulai jauh berkurang.

Selain sebagai tanaman kaya akan manfaat pohon jambu ini juga bisa digunakan sebagai pohon perindang. Peluang emas yang bisa di dapatkan dari mete juga cukup menggiurkan untuk mendongkrak ekonomi agar lebih boom.

Jika Anda berencana untuk mencoba menanam pohon ini dirumah, caranya tidaklah terlalu sulit. Beberapa langkah mudah dapat dilakukan berikut ini:

1. Pengolahan Lahan Tanam

Pohon jambu ini dapat tumbuh secara optimal baik di dataran rendah atau dataran tinggi. Anda dapat memanfaatkan lahan kosong di pekarangan.

Langkah awal sebelum menanam adalah membajak supaya tanah menjadi gembur. Setelah itu buat lubang tanam ukuran 50×50 cm dengan kedalaman 50 cm. Beri jarak sekitar 3,5 meter untuk tiap lubang tanam.

2. Pemberian Pupuk

Sebelum melakukan penanaman bibit hendaknya diberikan pupuk dasar terlebih dahulu, untuk dasaran lebih baik gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang maupun pupuk kompos atau bisa juga menggunakan pupuk organik yang telah di fermentasikan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Setelah pupuk siap digunakan maka isilah lubang tanam sekitar sepertiga atau setengahnya kemudian tutup dengan tanah. Biarkan setidaknya hingga 1 bulan agar pupuk dapat terurai dengan sempurna dan siap untuk diserap oleh akar tanaman nantinya. Sambil menunggu pupuk ini larut Anda dapat menyiapkan bibit tanaman jambu.

3. Pembibitan

Untuk dapat menghasilkan bibit yang unggul, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memilih buah jambu yang besar dan matang. Tunggulah jambu hingga menjadi agak busuk untuk diambil metenya.

Tanam biji jambu tersebut dalam polybag dan rawatlah selama 1 bulan dengan menyirami dan memberikan pupuk kocor NPK dengan dosis 2 gram per liter air jika dirasa butuh.

4. Penanaman Bibit

Setelah kurang lebih satu bulan, maka bibit jambu ini akan mulai tumbuh. Jika dirasa sudah cukup kuat dapat Anda pindahkan pada lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Untuk waktu penanaman akan lebih baik jika dilakukan pada sore hari agar bibit tidak layu oleh terik sinar matahari yang panas. Segera siram dengan air setelah proses penanaman selesai.

5. Pemupukan Susulan

Pemupukan lanjutan ini mempunyai tujuan untuk memacu pertumbuhan tanaman jambu monyet. Anda dapat menggunakan pupuk NPK dengan dosis 2-5 gram per liter air agar unsur hara utama yang dibutuhkan oleh tanaman dapat tercukupi. Untuk unsur mikro, bisa memberikan penyemprotan pupuk cair melalui daun.

Laju pertumbuhan pohon jambu dapat Anda percepat dengan menggunakan ZPT Auksin dengan cara disemprotkan pada tanaman. Auksin ini akan merangsang pertumbuhan tunas baru.

Namun ada catatan, dimana penggunaan pupuk harus memperhatikan dosis yang dianjurkan. Anda dapat menjadwalkan penyemprotan paling tidak 7-14 hari sekali.

6. Penyiraman Tanaman

Kelebihan dari tanaman jambu monyet adalah dapat toleran terhadap kekeringan, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menyirami dan mengairinya. Lakukan pengairan ketika tanah terlihat sangat kering.

Apabila tanaman sudah mulai besar dan menjadi terlihat kokoh, dapat dilakukan pengairan ketika sudah memasuki masa berbunga dan pembuahan saja.

7. Optimalkan Produksi Buah Jambu Mete

Agar pohon yang telah di tanam dapat menghasilkan buah yang banyak dan besar maka pada saat tanaman masuk masa berbunga, Anda dapat memberikan pupuk MKP serta berikan semprotan ZPT Giberelin. Pemupukan lanjutan dengan pupuk organik juga dapat diberikan pada sekitar akar tanaman.

Tahap selanjutnya ketika pohon sudah masuk dalam proses pembuahan adalah berikan pupuk kalium yang bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan pupuk KNO atau ZK dan KCL. Dengan pupuk ini maka buah yang dihasilkan dapat optimal dan berbuah lebah. Kualitas buah juga bagus sehingga hasil panen melimpah.

8. Panen Buah Jambu

Buah jambu dianggap siap untuk dipanen ketika sudah matang dengan ciri khasnya yaitu warna buah menjadi merah dan daging jambu telah empuk. Namun jangan terlalu matang karena akan mempengaruhi tingkat kemanisan buah yang justru akan berkurang.

Manfaat Buah Jambu Mete

Manfaat jamu monyet

sumber: etsy.com

Diantara keunikan yang dimiliki oleh jambu monyet, tersimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Ada beberapa penyakit yang bisa diobati dengan mengkonsumsi buah ini.

Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, biji jambu ini juga banyak digunakan sebagai makanan olahan oleh masyarakat, daging buahnya rasanya sepet, asem, dan segar. Apa sajakah manfaat dari buah ini.

1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam buah jambu monyet terkenal dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membebaskan Anda dari berbagai penyakit berbahaya.

2. Menyembuhkan Anemia

Jambu monyet ternyata juga mengandung banyak zat besi dan mineral penting yang berperan aktif untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh. Biasanya takaran yang dianjurkan untuk mengonsumsi jambu ini sekitar 100 gram per hari sehingga kebutuhan akan zat besi dalam tubuh bisa tercukupi.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain mengandung zat besi, jambu monyet juga mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengontrol kadar lemak dalam darah Anda sehingga kolesterol jahatpun dapat diturunkan kadarnya. Buah ini cocok juga untuk Anda yang sedang menjalani masa diet.

4. Mencegah Diabetes

Jambu ini mempunyai kadar gula yang sangat sedikit sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit gula sekalipun. Sedikitnya kandungan gula ini mampu menghindarkan kerusakan insulin dalam tubuh yang dapat menyebabkan diabetes.

5. Menyembuhkan Kanker

Antioksidan dalam buah jambu monyet selain sebagai penangkal radikal bebas juga berguna untuk menyembuhkan sel kanker dalam tubuh. Selain itu adanya kandungan cardonal dan asam anakardat dalam buah ini mampu mematikan sel kanker dalam tubuh secara perlahan hingga hilang.

6. Meningkatkan Sistem Imunitas

Vitamin dan beberapa nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah ini mampu untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit yang menyerang.

Jambu mete yang tidak banyak dikenal olah masyarakat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya metenya saja yang nikmat untuk dikonsumsi sebagai camilan atau campuran olahan makanan lainnya namun buah jambu ini juga mempunyai rasa yang segar sebagai campuran rujak atau asinan.

Yang paling penting manfaatnya tidak kalah dengan buah lainnya, selamat menikmati 😀

Tags:, ,

Leave a Reply